Jangan Salah Pilih! Ini Cara Memilih Sepatu yang Pas Untukmu

Tidak hanya ukuran kaki, ternyata ada banyak aspek yang perlu dipertimbangkan untuk mendapatkan sepatu yang nyaman.

Jangan Salah Pilih! Ini Cara Memilih Sepatu yang Pas Untukmu
Image Source: Unsplash

Sepatu bukan hanya sekedar elemen fashion, sepatu juga berfungsi untuk melindungi kaki agar kamu dapat berjalan dengan nyaman. Salah memilih sepatu dapat menyebabkan sakit di bagian telapak kaki, bahkan lutut. Simak tips memilih sepatu yang tepat di bawah ini agar biaya yang kamu keluarkan tidak sia-sia.

Perhatikan Bagian Alas Sepatu

Image Source: Freepik

Bagian alas sepatu berfungsi layaknya pondasi rumah. Terdapat beragam jenis alas sepatu dengan tingkat firmness atau kepadatan, seperti lembek, menengah, dan keras. Untuk memeriksa kepadatan alas sepatu, kamu bisa melipat sepatu ke arah dalam dan luar.

Sol sepatu yang lembek biasanya cocok digunakan untuk kamu yang mudah merasa pegal dan sakit saat berjalan. Bantalan empuk sol sepatu dapat membantu meredam efek hentakan saat sedang berjalan atau lari. Sementara sol sepatu keras memiliki daya tahan yang lebih kuat serta lebih mudah digunakan di berbagai macam medan.

Lekukan Pada Insole

Image Source: Freepik

Insole atau sol dalam sepatu merupakan komponen sepatu yang bersentuhan langsung dengan telapak kakimu. Bentuk insole yang rata biasanya dapat menimbulkan rasa pegal ketika digunakan dalam waktu lama.

Bentuk insole yang melengkung dapat memberikan support yang baik sehingga kamu lebih seimbang saat berjalan, serta dapat menghilangkan rasa pegal dan sakit saat digunakan untuk waktu lama. Jika kamu terlanjur memilih sepatu dengan insole yang rata, kamu bisa menggunakan insole tambahan yang tersedia di pasaran.

Sesuaikan dengan Bentuk Kaki

Image Source: Freepik

Desain sepatu yang nyentrik dan nyeleneh terkadang sangat menggoda untuk dibeli. Terlebih lagi jika sepatu tersebut berasal dari brand-brand ternama. Salah satu cara untuk memilih sepatu yang nyaman adalah dengan mengukur kaki. Di beberapa toko sepatu, terdapat alat ukur kaki yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui panjang dan lebar kakimu.

Brand sepatu juga memiliki desain yang khas sehingga kamu bisa mencocokkan desain brand dengan ukuran kakimu. Sebagai contoh, sepatu lari Nike cenderung memiliki lebar telapak yang sempit. Sementara sepatu lari Hoka memiliki telapak yang lebar sehingga cocok untuk kaki yang besar.

Saat memilih sepatu, sangat disarankan untuk datang langsung ke toko dan mencobanya. Berjalanlah selama beberapa saat dengan sepatu tersebut dan rasakan sensasi di jari-jari kaki dan tumit.

Hindari Heels Jika Tidak Begitu Penting

Image Source: Freepik

Heels atau hak bisa menjadi komponen tambahan yang fungsional. Biasanya, heels dapat ditemukan pada sepatu formal semacam pantofel dan stiletto. Heels dapat membuatmu sedikit lebih tinggi dan biasanya memiliki tampilan yang sangat elegan.

Namun, jika kamu tidak memiliki kebutuhan khusus untuk memakai heels, sebaiknya tetap gunakan sepatu biasa saja. Kebanyakan orang juga menggunakan heels hanya saat berada di event atau acara. Setelah acara selesai, mereka akan kembali menggunakan sepatu biasa atau sandal.

Jika digunakan untuk berjalan terlalu lama, heels dapat merusak struktur tulang telapak kaki. Rasa pegal dan sakit yang cukup mengganggu, serta potensi heels untuk tersangkut membuatnya tidak cocok digunakan sebagai sepatu harian. Namun, jika pekerjaan menuntutmu untuk menggunakan heels, pilih sepatu yang paling nyaman dan tidak menimbulkan sakit berlebih.