Kapan Anda Harus Mengubah RAM Laptop 4GB ke Kapasitas Lebih Besar?

Kapan Anda Harus Mengubah RAM Laptop 4GB ke Kapasitas Lebih Besar?

Apa sih yang mendasari seseorang ingin mengubah RAM laptop 4GB ke kapasitas yang lebih besar? Pertanyaan sejenis ini mungkin pernah terlintas di benak Anda, terutama bagi Anda yang memiliki laptop dengan RAM bawaan 4GB dan merasa tidak menemui kendala apapun saat memakainya. RAM laptop 4GB mungkin memang sudah cukup bagi Anda, tapi tidak bagi sebagian orang.

Ada sejumlah alasan tersendiri mengapa beberapa orang ingin meng-upgrade RAM ke kapasitas yang lebih besar. Untuk mengetahui apakah RAM laptop 4GB milik Anda perlu ditambah kapasitasnya, simak dulu penjelasan lengkapnya di artikel ini.

1. Apa Fungsi RAM Sebenarnya?

RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory. Kata memory tersebut sering membuat sebagian orang salah mengerti. Beberapa orang berpikir bahwa RAM sama dengan penyimpanan internal laptop seperti hardisk. Padahal, fungsi RAM dengan internal hardisk sangat jauh berbeda. Hardisk digunakan untuk menyimpan data-data, seperti dokumen, foto, video, musik, game, aplikasi, dsb. Sementara RAM berfungsi untuk meningkatkan kecepatan komputer, dan membantu prosesor mengolah data. Sebagai contoh, ketika Anda mengetik di Microsoft Word tapi Anda belum menyimpannya di laptop, maka RAM akan menyimpan sementara pekerjaan Anda. Namun, RAM hanya menyimpan sementara saja, dan ketika laptop mati atau hang, maka file tetap bisa hilang.

2. Perbedaan RAM dengan Penyimpanan Internal/Eksternal

Apakah RAM bisa disamakan dengan penyimpanan internal (hard disk) atau penyimpanan eksternal (flashdisk)? Tentu saja berbeda. Hardisk atau flashdisk dipakai untuk menyimpan data dalam jangka panjang. Dengan kata lain, data tersebut tidak akan hilang jika tidak dihapus atau terhapus otomatis, misalnya saat storage terkena virus. Sementara itu, RAM berfungsi hanya untuk menyimpan data sementara. Ketika Anda membuka aplikasi tertentu, RAM lah yang meng-handle pekerjaan tersebut. RAM akan menampung data-data di aplikasi yang Anda buka. Jadi, semakin banyak aplikasi yang dibuka atau aktivitas yang Anda lakukan di dalam laptop, kapasitas RAM yang dipakai juga semakin besar.

3. Apakah RAM Bisa Mempercepat Kerja Laptop?

Manfaat RAM adalah meningkatkan kinerja laptop dan notebook untuk melakukan fungsi multitasking secara lebih baik. Misalnya, ketika membuka Chrome, Outlook, Word, dan Spotify secara bersamaan dalam sebuah laptop, RAM lah yang membuat Anda bisa membuka aplikasi-aplikasi tersebut secara bergantian tanpa lag atau lemot. Semakin besar kapasitas RAM yang dipakai, tentu saja hal tersebut akan memengaruhi kecepatan laptop. Namun, sekali lagi perlu diingat, bahwa RAM bukan satu-satunya komponen yang bertugas untuk menambah kecepatan multitasking di sebuah laptop atau PC.

4. Jadi, Apakah RAM Laptop 4GB Sebenarnya Sudah Cukup?

RAM laptop 4GB merupakan kapasitas yang tersemat pada sebagian besar notebook yang dijual di pasaran. Kapasitas ini sudah dianggap cukup oleh produsen laptop untuk membantu penggunanya melakukan berbagai aktivitas multitasking. Ketika Anda hanya membuka 3-4 aplikasi yang masing-masing berukuran 200MB secara bersamaan, maka RAM laptop 4GB sudah sangat cukup. Bahkan, Anda masih bisa membuka 1-2 aplikasi lagi asalkan ukurannya masing-masing juga sekitar 200MB.

5. Kapan Anda Perlu Mengupgrade RAM 4GB?

Pernah mengalami situasi di mana laptop mendadak lag ketika membuka satu atau beberapa aplikasi? Jika iya, maka itu mungkin pertanda bahwa Anda perlu melakukan upgrading RAM laptop 4GB menjadi kapasitas yang lebih besar, misalnya 8GB atau 16GB. RAM 4GB hanya dirancang untuk penggunaan multitasking umum seperti browsing, membuka Word, dan membuka aplikasi ringan lainnya. Jika Anda memakai laptop untuk bermain game-game berat,seperti DOTA atau GTA V, maka Anda memang membutuhkan kapasitas RAM laptop yang lebih besar. Itu sebabnya, kebanyakan laptop gaming memang dibekali RAM dengan kapasitas yang lebih besar dibanding laptop konvensional untuk pemakaian umum. Kapasitas RAM yang lebih besar juga dibutuhkan bagi laptop yang dijalankan untuk melakukan pekerjaan berat, seperti editing video.


Nah, dengan penjelasan sederhana ini, Anda jadi tahu kapan dan bagaimana upgrading kapasita RAM laptop benar-benar dibutuhkan. Jika memang perlu mengganti RAM dengan kapasitas yang lebih besar, lakukan saja untuk mempermudah aktivitas Anda saat menggunakan laptop. Apalagi, menemukan RAM laptop kini juga semakin mudah dilakukan, karena ada online marketplace seperti Jakmall.com yang menyediakannya secara lengkap dalam satu tempat. Jadi, sebelum terburu-buru melakukan upgrading RAM, pertimbangkan lagi apakah Anda memang membutuhkannya, ya!

Baca juga: 6 Cara Ampuh untuk Mengetahui Flashdisk & Memory Card yang Original