Kegiatan Positif saat Bulan Ramadhan, Jangan Tidur Terus!

Meskipun terkadang kita merasa lapar, haus, dan lelah karena puasa, tapi jangan lupa bahwa bulan Ramadhan juga bisa menjadi momen untuk memperbaiki diri.

Kegiatan Positif saat Bulan Ramadhan, Jangan Tidur Terus!
Image Source: Unsplash

Bulan Ramadhan sebentar lagi akan tiba, tentunya kita sudah tidak sabar untuk menyambut bulan yang penuh berkah ini. Bagi umat muslim, bulan Ramadhan merupakan bulan suci yang ditunggu-tunggu, karena dalam bulan ini umat muslim diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa.

Aktivitas harian selama bulan Ramadhan pastinya akan berbeda dengan hari-hari biasa. Kita akan bangun lebih awal untuk sahur dan menyiapkan makanan untuk berbuka puasa. Hari libur pun bisa terasa berat karena harus menahan lapar dan haus. Akhirnya, banyak orang yang memilih tidur hingga mendekati waktu berbuka.

Agar bulan Ramadhan semakin bermanfaat, kamu bisa melakukan berbagai kegiatan positif untuk mengisi waktu luang. Tidak perlu mengeluarkan tenaga, banyak kegiatan yang bisa dilakukan dari rumah tanpa banyak bergerak. Mau tahu apa saja kegiatan menarik untuk mengisi hari saat Ramadhan? Yuk, simak artikel ini sampai habis!

The girl with the book on the Rooftop
Image Source: Unsplash

Kegiatan Pagi Hari

Siapa nih yang menyambut pagi hari di bulan Ramadhan dengan tidur? Alih-alih tidur, kamu bisa menggantinya dengan berbagai kegiatan menarik. Kalau terbiasa olahraga dan ingin menggantinya dengan kegiatan lain, kamu bisa mencoba meditasi.

Meditasi tidak membutuhkan banyak gerakan yang intensif. Kamu bahkan bisa meningkatkan ketenangan, konsentrasi, dan kesadaran. Tidak perlu berlama-lama, untuk kamu yang belum terbiasa meditasi, cobalah untuk melakukannya 15 menit setiap pagi.

Kamu bisa melanjutkan hari dengan kegiatan yang mengasah otak, seperti mengikuti kursus secara online. Menghabiskan waktu di pagi hari dengan membaca buku, koran, hingga artikel online juga bukan ide buruk. Kegiatan membaca membantu mencegah penuaan dini pada otak dan terus membuatnya lebih aktif.

Kegiatan Siang Hari

Kamu dapat memanfaatkan waktu di siang hari untuk beristirahat. Tidak hanya tidur, kamu juga bisa bersantai di area taman atau area yang menenangkan. Beristirahat di siang hari merupakan cara untuk me-restart diri. Tubuh akan semakin produktif setelah beristirahat di siang hari.

Menariknya, tingkat fokus dan konsentrasi juga akan meningkat dengan beristirahat sejenak di siang hari. Ini tentunya cocok bagi kamu yang berencana untuk menghafal Al-Quran selama bulan Ramadhan.

Kalau tidak ingin berdiam diri, kamu bisa mengisi waktu di siang hari dengan menonton hiburan kesukaan, seperti film, drama, atau menyimak kajian-kajian Islami. Kegiatan-kegiatan ini tentunya cocok dilakukan di siang hari karena tidak membutuhkan banyak tenaga.

Kegiatan Sore Hari

Suasana di sore hari saat bulan Ramadhan sangat menyenangkan. Banyak orang yang bersemangat menunggu waktu berbuka puasa. Biasanya, orang-orang menunggu waktu berbuka sembari berkeliling mencari takjil.

Untuk kamu yang tidak ingin bepergian jauh, kamu bisa menunggu waktu maghrib dengan menyiapkan makanan berbuka di rumah. Berjalan-jalan di sekitar rumah dan menyapa tetangga juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Selain itu, sore hari tergolong waktu yang tepat untuk berolahraga. Kamu bisa menghabiskan waktu satu jam sebelum berbuka puasa dengan melakukan workout di rumah. Cairan tubuh yang berkurang saat workout akan segera tergantikan saat kamu berbuka puasa.

Baca: Gerakan Calisthenics, Sehat Tanpa Habiskan Banyak Tempat

Tidak melulu bersantai di kasur, itulah beberapa aktivitas bermanfaat yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang selama bulan Ramadhan. Meskipun terkadang kita merasa lapar, haus, dan lelah karena puasa, tapi jangan lupa bahwa bulan Ramadhan juga bisa menjadi momen untuk memperbaiki diri. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan berharga ini ya!