Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik, Kamu Wajib Tahu!

Teratrik beralih ke mobil listrik? Simak dulu beberapa kelebihan dan kekurangan mobil listrik berikut.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik, Kamu Wajib Tahu!
Image Source: Freepik

Bagi kamu yang tertarik untuk menggunakan teknologi mobil dengan bahan bakar listrik, pasti mulai mencari-cari keunggulan serta kelebihan apa yang bisa didapat.

Terlebih terdapat program subsidi senilai 80 juta untuk pembelian mobil listrik dan pembelian mobil hybrid senilai Rp 40 juta.

Program subsidi ini diberikan sebagai langkah peralihan penggunaan energi dan mendorong penggunaan kendaraan yang ramah lingkungan.

Kebijakan ini di dukung pada Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2019 Tnetang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan.

Hal itu dilakukan dalam rangka peningkatan efisiensi energi, ketahanan energi, transformasi energi, dan mendorong penggunaan kendaraan yang ramah lingkungan.

Selain itu, langkah ini adalah komitmen Indonesia untuk menurunkan emisi gas rumah kaca. Negara lain pun sudah menerapkan kebijakan serupa seperti Norwegia, Jerman, Jepang, dan negara-negara besar lainnya.

Alasan Pentingnya Beralih ke Kendaraan Listrik

Alasan Pentingnya Beralih ke Kendaraan Listrik
Image Source: Pexels

Selain berhubungan dengan rencana Indonesia untuk mengurangi produksi gas rumah kaca, berikut beberapa alasan lain yang membuat kamu lebih yakin beralih ke kendaraan listrik.

1. Meningkatkan Kesehatan Masyarakat

Alasan mengapa terdapat perkebangan dalam industri kendaraan listrik, dan alasan banyak negara yang memberikan subsidi adalah efek jangka panjang yang akan dinikmati.

Selain sebagai ketahanan energi, dampak negatif yang dapat diberikan dari pembakaran mesin kendaraan konvensional adalah emisi gas yang dibuang. Tidak hanya bau yang tercium, tapi emisi gas dapat mengotori kualitas udara dan penuh dengan gas berbahaya.

Dengan langkah ini, tentunya akan diharapkan untuk mengurangi pencemaran lingkungan yang menjadi pemicu adanya stunting, serta berbagai penyakit pernapasan yang banyak di derita oleh masyarakat ibu kota.

Hal serius ini juga dapat memengaruhi kerugian yang harus ditanggung dari negara tersebut, lho!

Jual OTOHEROES SGS Pil Pembersih Kaca High Efficient Auto Clear
Perawatan Kendaraan OTOHEROES SGS Pil Pembersih Kaca High Efficient Auto Clear 6 PCS - Xi1 harga Rp 6.400 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

2. Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi

Perkembangan dari teknologi mobil listrik ini pada akhirnya akan meningkatkan percepatan pertumbuhan ekonomi.

Listrik yang akan digunakan mobil listrik tidak hanya berasal dari minyak atau batu bara, tetapi dapat dihasilkan melalui sumber daya lain seperti tenaga surya, angin, air, nuklir, atau biofuel.

Dengan variasi sumber daya yang digunakan ini, akan memungkinkan pertumbuhan dari berbagai industri elemen energi terbarukan.

Terlebih dari harga minyak dunia yang dapat berubah-ubah, harga dari energi terbarukan akan tetap konstan, dan pada akhirnya akan menciptakan siklus ekonomi yang lebih stabil, serta mengurangi ancaman krisis minyak.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik
Image Source: Pexels

Jadi simbol masa depan industri otomotif indonesia, keberadaan kendaraan jenis baru ini tak lepas dari kelebihan dan kekurangan. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan mobil listrik yang wajib kamu tahu.

1. Kelebihan

Menggunakan listrik sebagai bahan bakar mesinnya, kelebihan mobil listrik diantaranya:

  1. Ramah terhadap lingkungan dan mengurangi emisi gas
  2. Mengurangi polusi suara dengan suara mesin yang senyap dibandikan dengan kendaraan konvensional
  3. Biaya perawatan dan bahan bakar yang lebih murah untuk jarak tempuh yang cukup jauh

Diketahui bahwa mobil Tesla dengan Model 3 dapat memberikan jarak tempuh hingga 240 386 kilometer dengan sekali cas, dan mobil Hyundai mencatat jarak tempuh sebanyak 384 kilometer.

Jual TOPBO Polisher Pad Wol Poles Wax Body Mobil - 345IA
Perawatan Kendaraan TOPBO Polisher Pad Wol Poles Wax Body Mobil - 345IA harga Rp 9.700 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

2. Kekurangan

Tentunya kendaraan ini juga punya beberapa kekurangan yang dapat digunakan sebagai koreksi untuk meningkatkan kenyamanannya, yakni:

  1. Harga baterai yang masih cukup mahal
  2. Tidak efisein waktu karena surasi yang pengisian daya yang lama
  3. Stasiun pengisian listrik yang belum banyak ditemukan.

Alasan ini bisa jadi sebagai hal utama yang membuat masyarakat Indonesia ragu untuk menggunakan mobil listrik.

Belum banyaknya stasiun pengisian daya, atau baru terdapat sekitar 31 stasiun yang tersebar di seluruh Indonesia akan menjadikan tingkat efisiensi dari penggunaan mobil listrik berkurang.

Stasiun pengisian daya ini kebanyakan berada di sekitaran pusat perbelanjaan di kota besar seperti Jakarta dan Tangerang.

Jual RacingR Kaca Spion Cembung Wide Angle 2 PCS - J0027
Aksesoris Mobil RacingR Kaca Spion Cembung Wide Angle 2 PCS - J0027 harga Rp 6.400 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Jadikan kekurangan mobil listrik sebagai bahan pertimbangan kamu sebelum membelinya, dan jadikan kelebihan serta manfaat yang bisa kamu dapatkan bagi masyarakat serta lingkungan sekitar untuk jangka panjang sebagai tujuan utama kamu.

Beralih pada hal baru dalam bidang apa pun, dan dalam hal ini adalah penggunaan energi, adalah langkah yang banyak tantangan.

Namun, pertumbuhan teknologi akan terus mendorong usaha-usaha dari penggunaan variasi bahan bakar energi terbarukan untuk menciptakan siklus yang lebih sehat dan stabil untuk setiap negara.


Sumber:

Subsidi Mobil Listrik Rp 80 Juta, Ini Kata Sri Mulyani!

Ini Besaran Subsidi Mobil Listrik di Luar Negeri

Why are Electric Cars Important to Society? (Benefits of Electric Vehicles)

Gara-gara Polusi Udara, Hampir 60 Persen Warga Jakarta Sakit Pernapasan

”Stunting” Bukan Hanya Soal Gizi, melainkan Juga Pencemaran Lingkungan

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik