Logo HUT RI ke-78: Kenali Makna dan Filosofinya

Logo HUT RI ke 78 telah dirilis. Penasaran bentuk dan makna di balik logo tersebut? Yuk, simak penjelasan berikut untuk informasi lebih lanjut.

Logo HUT RI ke-78: Kenali Makna dan Filosofinya
Image Source: Detik

Bulan Agustus merupakan salah satu bulan yang paling penting untuk masyarakat Indonesia. Di bulan tersebut seluruh masyarakat Indonesia akan merayakan peringatan Hari Kemerdekaan yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus.

Setiap tahunnya pemerintah akan merilis tema untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. Untuk tahun 2023, pemerintah sudah merilis logo HUT RI ke-78 beserta dengan filosofinya melalui laman resmi Kementrian Sekretariat Negara (Kemensetneg).

Penasaran dengan bentuk logo HUT RI ke-78 dan apa arti atau filosofi di baliknya? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Makna dan Filosofi Logo HUT RI ke-78

Makna Logo HUT RI ke 78
Image Source: Kementerian Sekretariat Negara RI

Dilansir dari laman resmi Kementrian Sekretariat Negara (Kemensetneg), logo HUT RI ke-78 ini mencerminkan rasa tegas, stabil, lugas, kesatuan.

Logo ini juga bermakna meneruskan laju pertumbuhan secara kolektif, mendorong seluruh elemen bangsa untuk memiliki sifat tanggungjawab bersama, serta bergerak secara harmoni menuju Indonesia Maju.

Logo HUT RI ke-78 memiliki konsep visual di setiap elemennya. Setiap bentuk dan goresan memiliki arti tersendiri yang selaras dengan tema besar yang diusung yaitu 'Terus Melaju Untuk Indonesia Maju'.

Berikut makna dan filosofi yang terkandung pada konsep visual logo HUT RI ke-78.

1. Garis Horizontal

Garis Horizontal
Image Source: Image Source: Kementerian Sekretariat Negara RI

Selayaknya olahraga estafet yang bersifat kolektif, transformasi menuju Indonesia Maju juga harus melibatkan setiap elemen masyarakat.

Perubahan yang dilakukan secara bersama dan berkelanjutan tentunya dapat memberikan dampak yang lebih signifikan jika dibandingkan hanya dilakukan golongan masyarakat tertentu saja.

Bersinergi dalam satu irama, satu asa, satu bangsa.

Jual Shining Pensil Warna 24 Warna (Long)
Alat Tulis Kantor Shining Pensil Warna 24 Warna (Long) harga Rp 20.900 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

2. Angka 7

Angka 7
Image Source: Image Source: Kementerian Sekretariat Negara RI

Angka tujuh pada logo HUT RI ke-78 juga dapat dilihat sebagai arah panah ke atas. Bukan tanpa tujuan, panah ini bermakna bangsa dan negara yang terus bergerak maju.

Keinginan untuk terus berkembang ini pada akhirnya akan membawa negara ini menuju Indonesia Maju.

3. Lima Garis Melengkung

Lima Garis Melengkung
Image Source: Image Source: Kementerian Sekretariat Negara RI

Lima garis melengkung yang menyusun gambar angka delapan bermakna lima sila dalam Pancasila. Pancasila telah ditetapkan sebagai dasar negara sejak Indonesia merdeka pada tahun 1945.

Penggunaan lambang lima garis ini berfungsi untuk terus mengingatkan bangsa Indonesia pada dasar-dasar bernegara yang selama ini dianut agar tidak kehilangan jati diri dalam proses melaju ke Indonesia Maju.

Jual Christmas Light 100 LED Lampu Natal Hias Tumblr Sambungan
Lampu Hias LED Christmas Light 100 LED Lampu Natal Hias Tumblr Sambungan Rainbow RGB harga Rp 19.000 dikirim dari Tangerang, Banten. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

4. Perpaduan Garis Padat dan Garis Melengkung

Perpaduan Garis Padat dan Garis Melengkung
Image Source: Image Source: Kementerian Sekretariat Negara RI

Garis padat pada logo HUT RI ke-78 melambangkan tujuan bersama, sedangkan lima garis di depannya bermakna latar belakang Negara Kesatuan Republik Indonesia yang beragam.

Perpaduan kedua elemen ini memiliki filosofi tanggung jawab seluruh masyarakat Indonesia untuk mencapai tujuan yang sama, yakni Indonesia Maju.

Ekspresi rasa tanggung jawab bersama selayaknya olahraga estafet yang bersifat kolektif, melibatkan setiap elemen bangsa melaju bersama menuju Indonesia Maju (Bhineka Tunggal Ika)

5. Angka 8 dari Garis yang Tidak Terputus

Image Source: Image Source: Kementerian Sekretariat Negara RI

Angka 8 yang tersusun dari garis yang tidak terputus memiliki makna keberlanjutan progres pembangunan yang terus berlanjut dan tidak pernah berhenti.

Pembangunan ini melibatkan setiap elemen masyarakat sehingga dapat menghasilkan bangsa dan negara yang adil, makmur, dan bergotong royong menuju Indonesia Maju.

Jual Paket 10 pc Stiker Pipi Bendera Merah Putih Logo Indonesia
Dekorasi Paket 10 pc Stiker Pipi Bendera Merah Putih Logo Indonesia Lomba 17 Ag harga Rp 5.000 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

6. Bentuk Bulat pada Angka 8

Image Source: Image Source: Kementerian Sekretariat Negara RI

Makna logo HUT RI ke-78 terakhir ada pada bentuk bulat di angka 8. Bentuk ini melambangkan proses globalisasi dimana batas antar negara semakin tipis sehingga memberikan kesempatan bagi Indonesia untuk semakin berkembang.

Pembangunan berorientasi pada kemajuan kesejahteraan rakyat, menghasilkan SDM unggul yang siap berkompetisi di panggung dunia.

Pedoman Penggunaan Logo HUT RI ke-78

Terdapat beberapa pedoman yang mengatur tentang penggunaan logo HUT RI ke-78. Dibuat dengan makna dan filosofi yang baik untuk Indonesia, pastikan kamu menggunakan logo ini sesuai pedoman yang diberikan.

Beberapa pedoman penggunaan logo HUT RI ke-78 yang wajib dipatuhi adalah:

  1. Dilarang meletakkan logo pada area foto yang ramai.
  2. Dilarang meletakkan logo pada area foto yang tidak kontras.
  3. Dilarang mengubah orientasi logo selain horizontal.
  4. Dilarang mengubah proporsi logo.
  5. Dilarang menambahkan efek bayangan pada logo.
  6. Dilarang menampilkanlogo dalam bentuk garis.
  7. Dilarang mengubah proporsi logo.
  8. Dilarang mengubah komposisi warna logo.
  9. Dilarang mengubahwarna logo di luar palet warna.
  10. Dilarang mengubah komposisi logo.
  11. Dilarang menambahkan efek apapun pada logo.
  12. Dilarang merubah jenis huruf pada logo.
  13. Dilarang memasukkan foto atau pola ke dalam logo.
  14. Dilarang menempatkan logo terlalu dekat dengan logo lainnya.
  15. Dilarang merubah warna logo menjadi gradasi.

Penggunaan logo HUT RI ke 78 harus digunakan dengan tepat dan konsisten dari orientasi, warna, hingga komposisi. Jangan memodifikasi logo agar makna yang ada mampu tersampaikan dengan baik.