5 Makanan Pengganti Skincare, Cara Alami Kulit Sehat

Makanan pengganti skincare kaya kandungan nutrisi yang dapat mengatasi berbagai masalah kulit, seperti kulit kering, jerawat, hingga keriput.

5 Makanan Pengganti Skincare, Cara Alami Kulit Sehat
Image Source: Pexels

Siapa bilang perawatan kulit hanya bisa dilakukan dengan menggunakan produk skincare yang mahal? Sebenarnya, makanan yang kita konsumsi sehari-hari juga dapat berperan sebagai pengganti skincare.

Banyak jenis makanan dengan kandungan nutrisi penting yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit dari dalam, seperti vitamin, mineral, antioksidan, dan asam lemak esensial. Dengan mengonsumsi makanan yang tepat, kita dapat mengatasi berbagai masalah kulit, mulai dari kulit kering, jerawat, hingga keriput.

Tidak hanya itu, makanan juga dapat membantu menjaga elastisitas dan kelembapan kulit, sehingga kulit terlihat lebih sehat dan bercahaya. Jadi, jangan remehkan kekuatan makanan dalam merawat kulit.

Rekomendasi Makanan Pengganti Skincare

Mulai dari buah, sayur, hingga olahan susu, berikut beberapa makanan pengganti skincare yang bisa kamu konsumsi untuk menjaga kesehatan kulit.

1. Alpukat

Alpukat
Image Source: Pexels

Alpukat memang terkenal kaya akan lemak sehat, vitamin E, dan omega-3 yang baik untuk kesehatan kulit. Kandungan-kandungan tersebut dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.

Selain dikonsumsi, alpukat juga bisa dijadikan masker alami untuk meremajakan kulit wajah. Caranya, haluskan daging alpukat, tambahkan sedikit madu dan putih telur, kemudian oleskan ke wajah dan biarkan selama 10-15 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

2. Tomat

Image Source: Pexels

Tomat mengandung likopen, sebuah zat yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan radikal bebas.

Selain itu, kandungan vitamin C pada tomat juga baik untuk kesehatan kulit karena dapat membantu meregenerasi sel-sel kulit. Jadi, makanlah tomat segar atau tambahkan ke dalam salad untuk memperoleh manfaat kesehatan kulit yang optimal.

3. Teh Hijau

Image Source: Pexels

Teh hijau dikenal kaya akan antioksidan, khususnya polifenol yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan polusi.

Kandungan katekin dalam teh hijau juga dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit dan mencegah kerutan. Tak heran jika teh hijau banyak dikonsumsi sebagai makanan pengganti skincare terutama oleh warga Asia Timur.

Kamu bisa mengonsumsi makanan ini dengan menyeduhkan menggunakan air panas untuk merasakan manfaatnya.

4. Yoghurt

Image Source: Pexels

Yoghurt mengandung asam laktat yang dapat membantu mengelupas sel-sel kulit mati dan memperbaikinya. Selain itu, kandungan probiotik di dalamnya juga membantu menjaga kesehatan kulit dari dalam.

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal, yoghurt bisa ditambahkan ke dalam menu sarapan atau makan siang.

5. Dark Chocolate

Image Source: Pexels

Dark chocolate atau coklat hitam mengandung flavonoid yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sering berada di luar ruangan. Kandungan magnesium dalam makanan ini juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mengurangi peradangan.

Nikmatilah secangkir hot chocolate atau beberapa potong dark chocolate setiap hari untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

Mengonsumsi makanan sehat kini semakin mudah karena kamu bisa mendapatkan perlengkapan dapur dan alat masak di Jakmall.com. Di sini kamu bisa menemukan berbagai perlatan dengan kualitas terbaik, seperti:

Jual JETTING Filter Saringan Teh Reusable Tea Infuser Strainer -
Perlengkapan Dapur & Alat Masak JETTING Filter Saringan Teh Reusable Tea Infuser Strainer - K520 harga Rp 5.500 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com
Jual XITUO Pisau Dapur Chef Damascus Pattern
Perlengkapan Dapur & Alat Masak XITUO Pisau Dapur Chef Damascus Pattern harga Rp 37.400 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com
Jual One Two Cups Kantong Teh Celup Kosong Teabag 5.5x7cm 100
Perlengkapan Dapur & Alat Masak One Two Cups Kantong Teh Celup Kosong Teabag 5.5x7cm 100 PCS - T110 harga Rp 7.500 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com
Jual Nori Seaweed Sushi Roll Maker - L-8166
Perlengkapan Dapur & Alat Masak Nori Seaweed Sushi Roll Maker - L-8166 harga Rp 6.600 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com
Jual One Two Cups Coffee Maker Pot V60 Drip Kettle Teko Kopi
Perlengkapan Dapur & Alat Masak One Two Cups Coffee Maker Pot V60 Drip Kettle Teko Kopi Barista - SE101 harga Rp 26.600 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

***

Itulah beberapa makanan pengganti skincare yang bisa kamu konsumsi untuk menjaga kesehatan kulit. Tentu saja, kita tetap harus menjaga pola makan yang sehat dan seimbang untuk mendapatkan manfaat maksimal dari makanan ini.

Jangan lupa untuk selalu minum air putih yang cukup. Selain menjaga kelembapan, air putih juga membantu meningkatkan sirkulasi darah ke kulit agar kulit mendapatkan nutrisi yang cukup untuk mempercepat proses regenerasi sel. Dengan menjaga konsumsi air putih yang cukup setiap hari, kulit akan terlihat lebih cerah, segar, dan sehat.