7 Hal yang Harus Kamu Miliki sebelum Mengecat Kuku agar Tampak Cantik dan Sehat

Memiliki kuku yang cantik dan menarik tidak melulu tentang kutek. Beragam alat ini akan membantumu mendapatkan kuku yang menawan tanpa merusak kesehatan kuku.

7 Hal yang Harus Kamu Miliki sebelum Mengecat Kuku agar Tampak Cantik dan Sehat
Image Source: Freepik

Setiap orang tentu ingin tampil cantik dan menarik. Tidak hanya pakaian, kuku juga termasuk bagian yang tak boleh ketinggalan. Salah satu cara yang mudah dan cepat untuk membuat kuku terlihat cantik adalah dengan mengecat kuku. Namun, sebelum kamu mulai mengecat kuku, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Pemilihan alat dan produk yang tepat dapat membantu menjaga kesehatan kuku, sekaligus memperindah penampilan. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas beberapa hal yang harus kamu miliki sebelum mengecat kuku. Tujuannya agar kamu dapat menciptakan kuku yang cantik, sehat, dan menarik tanpa merusak kesehatan kukumu.

1. Kikir Kuku

Kikir kuku sangat penting dalam perawatan kuku sehari-hari. Kikir kuku berguna untuk membentuk dan memangkas kuku yang terlalu panjang. Langkah ini dilakukan agar nantinya kuku kamu terlihat rapi dan mudah diwarnai. Pastikan kamu memilih kikir kuku yang nyaman dan sesuai dengan jenis kukumu.

2. Alat Potong Kuku

Penggunaan alat potong kuku tentu untuk memotong kuku. Pastikan kamu menggunakan alat potong kuku sesuatu kebutuhan. Beberapa bagian kuku membutuhkan alat yang tajam, sementara bagian yang lain membutuhkan alat yang tidak terlalu tajam.

3. Kutek

Kutek atau cat kuku adalah produk yang digunakan untuk memberi warna pada kuku. Selain warna, pastikan kamu memilih kutek berkualitas agar nantinya tidak ada resiko kerusakan pada kukumu. Bahan dasar kutek juga beragam tergantung jenis nail art yang akan kamu lakukan.

4. Kuas atau Alat Aplikator

Kuas atau alat aplikator adalah alat yang digunakan untuk mengaplikasikan kutek pada kuku. Kamu harus memastikan untuk memilih jenis kuas yang tepat, sehingga memudahkan proses pengaplikasian kutek dan menghasilkan tampilan yang rapi.

5. Pelindung Kuku

Pelindung kuku atau base coat adalah produk yang dioleskan pada kuku sebelum diwarnai dengan kutek. Fungsi dari pelindung kuku adalah untuk melindungi kuku dari bahan kimia yang terdapat dalam kutek. Base coat juga membantu kutek agar menempel lebih lama pada kuku.

6. Top Coat

Top coat adalah produk yang dioleskan di atas kuku setelah kutek diaplikasikan. Fungsinya untuk melindungi kutek dari goresan dan menghindari kutek terkelupas. Pastikan kamu memilih top coat yang berkualitas agar hasil akhir dari pemakaian kutek menjadi lebih tahan lama.

7. Krim Perawatan Kuku

Krim perawatan adalah produk yang membantu menjaga kelembaban kuku dan kulit sekitar kuku. Pastikan kamu memilih krim perawatan kuku dengan kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh kuku, seperti vitamin E dan minyak alami.

Itulah beberapa hal yang harus kamu miliki sebelum mengecat kuku. Dengan mempersiapkan alat dan produk yang tepat, kamu dapat menciptakan kuku yang cantik dan sehat tanpa merusak kesehatan kuku. Selamat mencoba!