6 Manfaat Air Kelapa Muda, Efektif Atasi Kulit Kering!

Beberapa manfaat air kelapa muda untuk tubuh ini bisa membuat kamu semakin rajin mengosumsi minuman segar & kaya nutrisi ini.

6 Manfaat Air Kelapa Muda, Efektif Atasi Kulit Kering!
Image source: Unsplash

Siapa yang tidak tahu kelapa muda? Selain memiliki daging yang lembut dan nikmat, kelapa muda juga memiliki kandungan air dengan segudang manfaat, mulai dari kesehatan hingga kecantikan.

Air kelapa muda tidak hanya menyegarkan tubuh saat cuaca panas, tetapi juga menambah elektrolit dan mineral pada tubuh. Kaya akan fenol dan flavonoid yang bersifat antioksidan alias mencegah kerusakan sel tubuh, apa saja manfaat lain dari air yang buahnya sering kita jumpai di pinggir pantai?

Manfaat Air Kelapa Muda untuk Tubuh

Bisa dijumpai di pinggir jalan hingga berbagai tempat wisata, berikut beberapa khasiat dan manfaat air kelapa muda yang baik untuk tubuh.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga Kesehatan Jantung
Image source: Unsplash

Air kelapa muda memiliki manfaat berupa menjaga kesehatan jantung. Pasalnya air kelapa tidak mengandung lemak dan kolesterol, sehingga dapat meningkatkan jumlah kolesterol baik pada tubuh dan menurunkan risiko penyakit jantung.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan
Image source: Freepik

Untuk kamu yang sedang menjalani diet, air dari buah kelapa bisa menjadi salah satu pilihan asupan yang bisa dikonsumsi. Yup, air kelapa dikenal dengan manfaat menurunkan berat badan dengan catatan mengonsumsinya secara tepat.

Pastikan kamu mengonsumsi air kelapa yang komposisinya 100 persen asli tanpa campuran bahan atau pemanis tambahan, ya. Kamu juga bisa jadikan air kelapa sebagai campuran smoothie pengganti susu.

Jual Yurang Mangkuk Keramik Bowl Japanese Style 6 PCS - TY-751
Alat Makan Dan Minum Yurang Mangkuk Keramik Bowl Japanese Style 6 PCS - TY-751 harga Rp 111.700 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

3. Atasi Kulit Kering dan Anti Penuaan

Atasi Kulit Kering dan Awet Muda
Image source: Freepik

Air kelapa ternyata dapat membuat kulit lebih halus, terlihat lebih muda, bahkan menjaga kelembapan kulit, lho!

Varietas air kelapa muda mengandung vitamin C alami yang bisa merangsang sintesis kolagen, berfungsi untuk mengatur pertumbuhan, perkembangan, dan penuaan sel.

Nah, jika kamu sedang mengalami masalah kulit kering hingga mengelupas karena dehidrasi atau ingin tampil awet muda, minum air kelapa muda bisa jadi salah satu solusi yang tepat.

4. Mengatur Tekanan darah dan Kolesterol

Tekanan Darah dan Kolesterol
Image source: Freepik

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, air kelapa bagus untuk kesehatan jantung karena meningkatkan kolesterol baik (HDL), ini juga berpengaruh pada tekanan darah pada tubuh.

Kandungan kalium yang tinggi dan natrium yang rendah mampu mengurangi kadar gula dalam darah. Mereka yang memiliki riwayat darah tinggi, mengonsumsi air kelapa secara rutin dapat membantu menurunkan tekanan darah.

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Menjaga Pencernaan
Image source: Freepik

Dipercaya membantu menjaga kesehatan pencernaan dan diklaim sebagai obat alami untuk semua penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Air kelapa biasanya digunakan untuk mengobati diare, sembelit atau konstipasi, cacingan, infeksi kandung kemih, gangguan ginjal, dan lainnya.

Air kelapa membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang akibat masalah pencernaan.

Jual One Two Cups Gelas Minuman Kaleng Can Shape Glass 400ml -
Alat Makan Dan Minum One Two Cups Gelas Minuman Kaleng Can Shape Glass 400ml - CXX186 harga Rp 15.200 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

6. Mencegah dan Mengobati Sakit Kepala

Mengatasi dan Mengobati Sakit Kepala
Image source: Pexels

Apabila kamu merasa sakit kepala, cobalah mengonsumsi air kelapa. Sakit kepala biasanya dipicu oleh salah satu gejala yaitu kekurangan cairan atau dehidrasi.

Minum air kelapa bisa menyuplai cairan elektrolit ke tubuh dan dapat mengatasi dehidrasi. Selain itu, kandungan magnesium pada kelapa mampu meredakan migrain.

Efek Samping Air Kelapa Muda

Walau memiliki segudang manfaat, mengonsumsi air kelapa secara berlebih untuk orang dengan kondisi atau penyakit tertentu ternyata dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

Minum terlalu banyak air kelapa akan menyebabkan hiperkalemia, yaitu kondisi di mana kadar kalium dalam darah terlalu tinggi dan berdampak bisa pingsan atau detak jantung yang tidak normal.

Secara umum air kelapa muda tidak menimbulkan efek samping yang membahayakan tubuh, dengan catatan dikonsumsi secara tepat atau tidak berlebih, ya.

***

Setelah membac artikel ini, kini kamu sudah tahu apa saja khasiat dan manfaat air kelapa muda, bukan? Agar sensasi menyegarkannya lebih terasa, kamu bisa mengonsumsi air kelapa muda pada siang hari dengan alat makan dan minum kualitas terbaik dari Jakmall.com