10 Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan, Kaya Nutrisi!

Selaras dengan banyaknya nutrisi, manfaat buah kurma juga sangatlah banyak, mulai dari stabilkan gula darah hingga tingkatkan kesuburan.

10 Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan, Kaya Nutrisi!
Image Source: Freepik/malik21nalik

Siapa yang belum tahu kurma, buah yang identik dengan bulan Ramadan ini menghadirkan kelembutan, kekayaan serat, serta kandungan nutrisi yang lengkap. Inilah yang membuatnya menjadi santapan favorite di berbagai kondisi.

Membahas 1 atau 2 manfaat buah kurma yang memiliki nama ilmiah phoenix dactylifera ini rasanya belum cukup. Itulah mengapa di dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai manfaat kesehatan yang terkandung dalam buah kurma. 

Beragam Kandungan Buah Kurma

Beragam Kandungan Buah Kurma
Image Source: Freepik/azerbaijan_stockers

Ukurannya memang kecil, tetapi manfaat buah kurma sangatlah luas berkat kandungan nutrisinya. Melansir dari artikel Siloam Hospital, dalam 100 gram kurma terkandung sekitar 280 kalori dan beberapa nutrisi lain, seperti:

  • Karbohidrat: 75 gr
  • Gula: 65 gr
  • Serat: 7–8 gr
  • Protein: 2–2,5 gr
  • Kalsium: 65 mg
  • Zat besi: 1 mg
  • Zinc: 0,5 mg
  • Kalium: 650 ml
  • Vitamin A: 150 IU

Yankes Kementerian Kesehatan juga memaparkan adanya kandungan lemak, magnesium, dan potasium di dalam buah kurma.

10 Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan

10 Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan
Image Source: Freepik/Queenmoonlite Studio

Setelah mengetahui kandungan buah kurma di atas, tak ayal manfaat buah kurma sangatlah luas bagi kesehatan. Yuk, simak apa saja manfaat buah kurma yang wajib Anda ketahui.

1. Mencukupi Kebutuhan Gizi, Kalori, dan Elektrolit

Kurma bisa membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan asupan gizi harian. Hal ini berkat kandungan berbagai vitamin, kalsium, hingga zat besi. Sebagian besar kalori kurma dari karbohidrat dan sisanya dari protein.

Anda juga bisa mengonsumsi kurma untuk menggantikan elektrolit tubuh yang hilang. Kurma mengandung potassium yang merupakan unsur elektrolit yang dibutuhkan tubuh. Kurma bermanfaat membangun otot dalam tubuh.

2. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Bagi Anda yang sering sembelit, kurma bisa menjadi snack untuk mengatasinya. Hal ini berkat kandungan serat di dalam kurma. Gerakan usus pun jadi lebih teratur dan risiko konstipasi pun dapat dicegah.

Selain itu, manfaat buah kurma lainnya adalah memelihara mukosa lambung agar lambung tetap sehat selama berpuasa. Kurma juga dikatakan bisa menunjang kesehatan usus dengan menjaga keseimbangan bakteri baik.

3. Kesehatan Kehamilan dan Lancarkan Persalinan

Berbagai kandungan penting di dalam buah kurma berperan untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan pertumbuhan janin yang dikandung. Juga, kurma sangat baik untuk menambah energi bagi ibu hamil agar tidak mudah lelah.

Mengonsumsi kurma selama kehamilan juga melancarkan proses persalinan normal karena leher rahim akan melebar. Risiko kelahiran prematur dan berat badan lahir rendah juga dapat diminimalisir dengan mengonsumsi kurma.

4. Cegah Sel Kanker dan Halau Radikal Bebas

Tahukah Anda bahwa kandungan antioksidan di dalam buah kurma dapat mencegah pertumbuhan sel kanker? Menurut pemaparan IHC Telemed, terdapat penelitian bahwa kurma mampu menghambat pertumbuhan sel kanker hati.

Manfaat buah kurma berkat kandungan antioksidannya juga makin luas. Selain sel kanker, kandungan tersebut dapat melindungi sel dan jaringan tubuh dari stres dan peradangan kronis. 

5. Stabilkan Gula Darah dan Cegah Retensi Insulin

Meski memiliki rasa yang manis, kurma merupakan buah yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Rasa manis dari kurma dan kadar gula di dalamnya tidak menyebabkan kadar gula naik. Hal ini berkat indeks glikemik yang cukup rendah.

Manfaat buat kurma lainnya adalah membantu mengontrol gula darah dan mencegah retensi insulin. Hal ini karena kurma mengandung antioksidan dan nutrisi lainnya. Jadi tidak ada salahnya menjadikan kurma sebagai pengganti gula.

Jual One Two Cups Gelas Minuman Kaleng Kaca Borosilikat Cocktail
Alat Makan Dan Minum One Two Cups Gelas Minuman Kaleng Kaca Borosilikat Cocktail 400ml - CXX186 harga Rp 13.600 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

6. Jadi Menu Tambahan dalam Diet

Meski kalorinya cukup tinggi, Anda tetap bisa memanfaatkan kurma sebagai pelengkap menu diet. Anda bisa mengombinasikannya dengan makanan sehat, seperti oatmeal, smoothies, hingga adonan kue.

Untuk menggunakan kurma sebagai pelengkap menu diet, tidak perlu terlalu banyak jumlahnya. Gunakan secukupnya karena kalorinya yang cukup tinggi.

7. Jaga Tekanan Darah dan Kesehatan Jantung

Manfaat buah kurma juga bisa dirasakan oleh penderita hipertensi. Berkat kandungan kalium yang tinggi, serat, dan antioksidan, kurma bisa membantu mengontrol tekanan darah. Kadar natriumnya juga rendah.

Kandungan serat di dalamnya juga berperan mengurangi kadar kolesterol jahat pemicu penyakit jantung. Begitu juga kandungan mineral yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Tentunya harus diimbangi dengan olahraga.

Jual Shake n Take Blender Buah Portable Mini Juicer 500ml - VT-04
Blender Shake n Take Blender Buah Portable Mini Juicer 500ml - VT-04 harga Rp 107.600 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

8. Meningkatkan Kesuburan Pria dan Wanita

Bagi Anda yang sedang menanti momongan, mengonsumsi kurma tidak ada salahnya. Kurma mengandung asam amino dan seng. Kedua nutrisi ini sangat baik untuk meningkatkan kesuburan wanita dan pria. 

9. Mencegah Anemia

Sering merasa lelah dan pucat karena anemia? Manfaat buah kurma karena kandungan zat besinya dapat meningkatkan produksi sel darah merah. Jadi, kamu bisa mengonsumsi kurma setiap hari untuk mengatasi anemia. 

10. Tunjang Kesehatan dan Kekuatan Tulang

Berkat kandungan mineral, termasuk fosfor, kalium, kalsium dan magnesium, manfaat buah kurma bagi tulang bisa Anda rasakan. Kandungan nutrisi tersebut dapat membantu menurunkan risiko terjadinya osteoporosis. Anda pun bisa bergerak aktif di masa tua nanti.

Itulah dia 10 manfaat buah kurma bagi kesehatan. Tapi perlu dicatat, mengonsumsi sesuatu secara berlebihan bukanlah hal baik. Disarankan untuk mengonsumsi 3-4 buah kurma saja dalam sehari.

Jika Anda ingin mengolah kurma menjadi sajian lain, kunjungi Jakmall.com yang punya berbagai perlengkapan dapur terlengkap. Dapatkan hand mixer, food chopper, hingga sarung tangan oven terbaik dengan harga promo.


Source:

https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/166/yuk-ketahui-manfaat-konsumsi-buah-kurma 

https://telemed.ihc.id/artikel-detail-575-Manfaat-Kurma-Untuk-Kesehatan.html 

https://www.klikdokter.com/gaya-hidup/diet-nutrisi/manfaat-buah-kurma-yang-jarang-diketahui 

https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/manfaat-kurma