Cover Mobil: Manfaat dan Jenisnya yang Perlu Kamu Tahu

Sering diabaikan, sarung mobil punya banyak manfaat dalam perawatan mobil. Simak manfaat sarung mobil beserta jenisnya di sini.

Cover Mobil: Manfaat dan Jenisnya yang Perlu Kamu Tahu
Image Source: Pexels

Bisa memiliki mobil idaman memang salah satu hal menyenangkan. Terlebih jika membelinya dari hasil jerih payah sendiri, tentu akan semakin besar rasa tanggung jawab untuk merawatnya layaknya anak sendiri.

Seiring waktu, paparan angin, hujan, dan sinar matahari ternyata dapat merusak eksterior mobil dan membuat cat tampak pudar juga kusam. Selain itu, dashboard dan jok mobil pun juga tak luput terkena dampaknya, terlebih jika mobil sering di parkir di tempat terbuka.

Manfaat Menggunakan Cover Mobil

Kamu tentu tidak mau mobil kesayangan kamu jadi terlihat tidak menawan, bukan? Sama seperti wajah, mobil juga pastinya perlu dirawat agar kondisi mobil kamu tetap kinclong. Salah satu caranya adalah melindungi mobil dengan cover mobil atau sarung mobil.

1. Menjaga Mobil dari Kotoran dan Lecet

Menjaga Mobil dari Kotoran dan Lecet
Sumber: Freepik

Hal yang membuat waswas selain jemuran yang belum diangkat saat langit sudah mendung adalah memarkirkan mobil di luar rumah. Kotoran burung, daun atau ranting, debu, kerikil, hingga goresan merupakan musuh yang dapat membuat mobil terlihat tidak elok.

Nah, dengan menggunakan sarung, mobil tentu akan terhindar dari kotoran serta goresan jenis apa pun. Kamu tidak perlu lagi merasa cemas saat mobil sedang terparkir di luar rumah, bahkan di bawah pohon yang terdapat sarang burung di atasnya sekali pun.

Jual Sarung Cover Body Penutup Mobil Honda Brio Kombinasi 2
Penutup Mobil Sarung Cover Body Penutup Mobil Honda Brio Kombinasi 2 Warna - 2W661 harga Rp 265.000 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

2. Menjaga Kondisi Eksterior Mobil

Menjaga Kondisi Eksterior Mobil
Image Source: Unsplash

Mobil yang terparkir di luar rumah tentu akan terkena paparan sinar matahari atau cuaca (air hujan, angin, salju) secara terus-menerus. Faktor alam tersebut ternyata dapat membuat cat mobil, dashboard, hingga jok terlihat pudar dan kusam.

Oleh sebab itu, penting sekali untuk menggunakan pelindung satu ini agar kondisi eksterior mobil kamu tetap terjaga. Jangan sampai biaya besar yang sudah kamu keluarkan untuk mempercantik mobil sia-sia begitu saja hanya karena kamu enggan menggunakan sarung mobil.

3. Melindungi dari Pencurian

Melindungi dari Pencurian
Sumber: Freepik

Last but not least, sarung mobil dapat memberikan lapisan tambahan agar kendaraan tetap aman dari pencuri. Penggunaan pelindung ini akan membuat kondisi baik dalam maupun luar mobil menjadi tertutup sehingga dapat meminimalisir dari aksi tangan-tangan jahil.

Jenis-jenis Cover Mobil

Nah, sudah paham kan betapa pentingnya penggunaan cover mobil? Meskipun terlihat sederhana, ternyata sarung mobil terdiri dari beberapa jenis dengan karakteristiknya yang berbeda-beda, loh! Apa saja ya?

1. Material Anti Air (Waterproof)

Material Anti Air (Waterproof)
Image Source: Unsplah

Sarung mobil anti air melindungi kendaraan dengan cara mencegah air masuk dan menembus ke permukaan kendaraan. Cover ini biasanya terbuat dari material yang memiliki lapisan atau pelapisan anti-air seperti polyester, nylon, vinil, dan poliuretan.

Ketika terkena hujan atau kelembapan, air yang jatuh akan langsung mengalir di atas sarung tanpa meresap ke dalam bahan. Inilah yang menyebabkan produk ini bisa memberi perlindungan cukup baik terhadap hujan, embun beku, kelembaban, hingga salju.

2. Material Tahan Air (Water Resistant)

Material Tahan Air (Water Resistant)
Image Source: Unsplash

Di sisi lain, cover mobil tahan air memberikan perlindungan yang lebih tinggi terhadap air dan kelembaban. Umumnya produk ini terbuat dari bahan yang lebih tebal dan memiliki lapisan yang lebih kuat untuk mencegah air masuk ke dalam kendaraan.

Terbuat dari material polyester, PVC, polyurethane, laminasi, dan TPU, sarung mobil jenis ini memberikan perlindungan yang lebih tinggi dan mampu menahan air dengan baik dalam kondisi cuaca yang ekstrem jika dibandingkan dengan sarung mobil material anti air.

Jual Sarung Cover Body Penutup Mobil Honda Mobilio Kombinasi 2
Penutup Mobil Sarung Cover Body Penutup Mobil Honda Mobilio Kombinasi 2 Warna - 2W82 harga Rp 275.000 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Sederhana tapi efektif, ternyata penting sekali untuk menggunakan cover mobil guna menjaga kondisi mobil agar tetap terlihat cantik. Nah, mulai sekarang biasakanlah untuk menggunakan sarung mobil dan pilihlah bahan sesuai kebutuhan.

Namun, perlu diingat juga bahwa bahan-bahan yang digunakan dapat bervariasi tergantung pada merek dan model yang dipilih. Periksa spesifikasi dan material yang digunakan sebelum membeli, ya!