5 Manfaat Pound Fit untuk Tubuh, Ampuh Bakar Kalori!

Pound fit bisa jadi pilihan olahraga yang tepat untuk dilakukan bersama teman. Yuk, kenali beberapa manfaat pound fit untuk kesehatan.

5 Manfaat Pound Fit untuk Tubuh, Ampuh Bakar Kalori!
Image Source: Lipulse

Olahraga adalah salah satu cara yang dilakukan untuk menjaga kesehatan. Meski begitu, masih banyak orang yang enggan untuk berolahraga karena merasa aktivitas ini terlalu serius dan membosankan. Nah, jika kamu ingin mencoba olahraga yang menyenangkan, sekarang saatnya kamu mencoba pound fit.

Pound fit jadi olahraga yang populer pada awal tahun 2023. Pasalnya olahraga ini tidak hanya fokus pada gerakan tertentu, tapi juga diiringi musik trendi yang membuatnya semakin seru.

Penasaran dengan apa itu pound fit dan manfaatnya untuk kesehatan? Simak artikel ini sampai habis, ya Jakmallers!

Apa Itu Pound Fit?

Pound fitness atau pound fit adalah jenis olahraga yang memadukan kardio, pilates, yoga, dan gerakan mebauh drum. Untuk melakukan olahraga ini, kamu membutuhkan perlengkapan tambahan bernama Ripstick.

Sama seperti namanya, Ripstik merupakan dengan bentuk seperti stik drum yang dirancang khusus untuk olahraga. Alat ini memiliki berat 450 gram sehingga tidak membatasi gerakan penggunanya. Nantinya alat ini akan digunakan untuk menciptakan irama yang mengiringi musik selama berolahraga.

Olahraga baru ini dipopulerkan oleh Kirsten Potenza dan Cristina Peerenboom pada tahun 2011. Menurutku kedua orang ini tidak ada patokan gerakan yang pasti dalam melakukan pound fit. Kamu hanya diharuskan untuk menggerakkan tubuh secara sistematis dan bertenaga.

Manfaat Pound Fit untuk Kesehatan

Menggabungkan aneka gerakan dari beberapa jenis olahraga tentu pound fit punya banyak manfaat baik untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mengikuti olahraga ini.

1. Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan
Image Source: Pexels

Manfaat pound fit yang pertama adalah menurunkan berat badan. Meski terdengar sederhana, setiap gerakan pada olahraga ini membutuhkan tenaga yang besar. Bayangkan saja, dalam 45 menit kamu bisa melakukan gerakan memukul sebanyak 15.000 kali.

Intensitas gerakan yang tinggi ini membuat tubuh dapat membakar 900 kkal kalori setelah selesai berolahraga. Jarak antar gerakan juga membuat kalori terbakar setelah selesai berolahraga.

Tentunya semua hal ini semakin lengkap dengan alunan musik yang membuat kita tetap semangat selama berolahraga.

Jual Jfashion Celana Jogger Training Pants Wanita Simpel elegan
Bawahan Jfashion Celana Jogger Training Pants Wanita Simpel elegan - Rexie harga Rp 143.600 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

2. Melatih Kekuatan Otot Inti

Melatih Kekuatan Otot Inti
Image Source: Pexels

Pada awalnya pound fit dirancang untuk melatih kekuatan otot seluruh bagian tubuh. Namun, saat ini kamu bisa menemukan beberapa rangkaian gerakan yang dirancang khusus untuk melatih kekuatan otot inti.

Otot inti terletak pada bagian perut, pinggul, punggung, dan pantat. Berperan penting dalam menjaga keseimbangan dan kekuatan tubuh, tentunya kita tak boleh lewat untuk melatih bagian otot ini.

Gerakan memutar dan membungkuk yang dilakukan dapat membuat otot ini dan jaringan ikat di sekitarnya semakin kuat. Tak hanya, itu kamu juga bisa membakar lemak di area ini sehingga terlihat semakin ramping.

3. Membantu Penyembuhan Pasien Terapi Fisik

Membantu Penyembuhan Pasien Terapi Fisik
Image Source: Pexels

Tahukah kamu, ternyata Kirsten Potenza dan Cristina Peerenboom menciptakan berbagai gerakan olahraga ini saat keduanya sedang menjalani terapi fisik, lho!

Aneka gerakan yang dilakukan dalam pound fitness dirancang sedemikian rupa agar dapat melatih kekuatan sendi. Tak heran jika membantu proses penyembuhan pasien terapi fisik jadi manfaat pound fit yang banyak dicari.

Melakukan olahraga ini secara rutin dapat meningkatkan mobilitas sendi tanpa khawatir terjadi cedera. Tentunya gerakan yang dipilih harus disesuaikan dengan kondisi pasien, ya.

Jual Discovery Botol Minum Sepeda Olahraga Plastik with Dust
Perlengkapan Dapur & Alat Masak Discovery Botol Minum Sepeda Olahraga Plastik with Dust Cover 650ml - 3026 harga Rp 11.400 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

4. Menguatkan Otot Tubuh

Menguatkan Otot Tubuh
Image Source: Pexels

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, gerakan pada olahraga ini dibuat untuk melatih semua bagian otot pada tubuh. Gerak tangan memukul drum dikombinasikan dengan gerakan squat jump, mountain climber, lunges, burpee membuat otot bagian atas, tengah, dan bawah tubuh semakin kuat.

Menggunakan alunan musik sebagai panduan, kamu juga harus menyesuaikan gerakan dengan tempo musik yang membuat olahraga ini lebih seru dan menantang.

5. Meningkatkan Suasana Hati

Meningkatkan Suasana Hati
Image Source: Pexels

Pernahkah kamu merasa sakit atau nyeri setelah olahraga? Jika pernah, mungkin kamu tahu kalau kita tidak merasakan kedua hal ini selama berolahraga. Hal ini disebabkan karena tubuh memproduksi hormon bermana endorfin.

Hormon endorfin berfungsi untuk mengurangi rasa sakit saat melakukan aktivitas berat seperti olahraga. Tak hanya itu, hormon ini juga dapat berperan dalam produksi energi positif dalam tubuh sehingga membuat mood kita terjaga saat olahraga.

Manfaat pound fit yang terakhir yang berkaitan dengan hormon endorfin adalah dapat meningkatkan suasana hati. Semakin intens olahraga yang dilakukan semakin banyak pula hormon ini diproduksi oleh tubuh. Hal inilah yang membuat olahraga ini cocok untuk kamu yang sedang badmood.

Tips Melakukan Pound Fit untuk Pemula

Jika kamu tertarik untuk mencoba olahraga ini, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari cedera. Berikut beberapa tips melakukan pound fit untuk pemula ala Jakmall.com

  • Kenakan pakaian yang nyaman dan menyerap keringat
  • Lakukan pemanasan sebelum mulai olahraga. Hal ini tidak hanya dilakukan untuk mencegah cedera, tapi juga agar tubuh dapat bergerak dengan maksimal.
  • Hindari memaksakan diri mengikuti gerakan yang dicontohkan. Pastikan kamu bergerak sesuai kemampuan.
  • Ikuti kelas yang dibimbing oleh instruktur profesional untuk memastikan gerakan yang dilakukan aman dan bebas cedera.
Jual TaffSPORT Matras Pilates Yoga Mat Anti Slip TPE 183 x 61 CM
Yoga & Fitness TaffSPORT Matras Pilates Yoga Mat Anti Slip TPE 183 x 61 CM - PROlite 60 harga Rp 100.100 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Manfaat pound fit untuk kesehatan memang tidak bisa dipungkiri. Tak heran banyak orang yang ingin menjajal olahraga satu ini. Setelah mengetahui aneka manfaatnya jadi makin ini mencoba olahraga satu ini, bukan?

Sekarang olahraga semakin nyaman dengan aneka perlengkapan olahraga dari Jakmall.com. Di sini kamu bisa menemukan aneka pilihan baju olahraga, matras yoga, dan banyak lainnya dengan kualitas dan harga terbaik. Tunggu apa lagi? Yuk, kunjungi Jakmall.com sekarang!


Sumber

Pound Fit. The Workout. https://poundfit.com/about/

Health Fitness Revolution. Top 10 Health Benefits of the Pound Workout. https://www.healthfitnessrevolution.com/top-ten-health-benefits-pound-workout/

Masala. Benefits Of Incorporating Pound Workout In Your Exercise Routine. https://www.masala.com/news/benefits-of-incorporating-pound-workout-in-your-exercise-routine-309858-html