9 Model Jendela Minimalis, Dijamin Anti Pengap!

Model jendela jadi salah satu hal yang harus diperhatikan jika ingin rumah bebas dari pengap dan udara panas. Simak beberapa rekomendasinya di sini!

9 Model Jendela Minimalis, Dijamin Anti Pengap!
Image Source: Pexels

Saat membangun rumah impian sistem ventilasi atau pertukaran udara seperti jendela jadi salah satu hal penting yang wajib dipikirkan. Sirkulasi udara yang baik membuat bagian dalam rumah terasa sejuk dan bebas dari pengap.

Tak hanya itu, model jendela yang tepat juga membuat rumah terlihat lebih cantik karena bisa berfungsi ganda sebagai dekorasi.

Pentingnya fungsi komponen satu ini membuat kamu tak boleh sembarangan saat memilih. Nah, jika belum menemukan model yang tepat kamu bisa membaca beberapa rekomendasi model jendela minimalis dari JakartaNotebook berikut!

Model Jendela Minimalis untuk Berbagai Ruangan

Model jendela minimalis masih jadi pilihan favorit banyak orang saat membangun rumah impian. Meski sederhana, model ini tak pernah gagal membuat ruangan terlihat bersih dan rapi tanpa terkesan berat atau kuno.

1. Jendela Geser

Jendela Geser
Image Source: GreenView

Jendela geser atau sliding adalah pilihan terbaik untuk kamu yang punya space terbatas. Pasalnya, model ini hadir tanpa daun jendela sehingga kamu tak perlu memikirkan ruang tambahan untuk membuka jendela.

Dibuka dengan cara digeser, kamu bisa membuka kedua sisi jendela untuk mendapatkan sirkulasi udara yang lebih baik. Soal perawatan, jendela geser juga membutuhkan biaya yang cenderung lebih murah jika dibanding model lainnya.

2. Jendela Single Hung

Jendela Single Hung
Image Source: Accordion Shields

Model jendela minimalis ini banyak kamu temui pada apartemen dalam film-film jadul Amerika.

Walau sudah dimodifikasi sesuai perkembangan zaman, kamu tetap bisa merasakan sentuhan klasik pada jendela ini.

Biasanya jendela single hung terdiri dari dua bagian yang dapat dibuka bagian bawahnya. Untuk membuka jendela ini, kamu bisa menggeser atau mendorong ke depan sehingga udara segar bisa masuk ke dalam rumah.

3. Jendela Double Hung

Jendela Double Hung
Image Source: Magnolia

Hampir sama dengan model sebelumnya, jendela double hung terbagi menjadi bagian atas dan bawah. Bedanya, kamu bisa membuka kedua bagian jendela sehingga sirkulasi udara di dalam ruangan lebih lancar.

Dua bagian jendela yang bisa dibuka bersamaan juga memudahkan kamu saat membersihkan bagian sudut atau ujung jendela. Sayangnya model ini dibanderol dengan harga yang cukupa mahal sehingga kurang digemari.

Jual Pelindung Jendela Anti Nyamuk Model Jaring Unik Praktis
Alat Pembasmi Serangga Pelindung Jendela Anti Nyamuk Model Jaring Unik Praktis harga Rp 29.800 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

4. Jendela Ayun

Jendela Ayun
Image Source: Pexels

Apakah kamu membutuhkan jendela berukuran besar yang minim perawatan? Jika iya, jendela ayun atau jendela casement bisa jadi pilihan yang tepat untukmu.

Banyak dipilih sebagai model jendela rumah bagian depan, jendela ini dapat terbuka dengan lebar untuk sehingga udara dari luar bisa menjangkau bagian tengah hingga belakang rumah.

5. Jendela Bay

Jendela Bay
Image Source: Pexels

Jika kamu ingin punya ruang tambahan sebagai tempat bersantai kamu bisa memilih jendela bay. Model jendela minimalis satu ini menjorok ke depan dari batas dinding dengan tiga sisi sehingga bagian tengahnya membentuk ruang kosong yang estetik.

Model ini banyak disukai karena memungkinkan penghuni ruangan untuk melihat pemandangan dan mendapat lebih banyak cahaya matahari agar ruangan tidak terasa lembap.

Kamu bisa menemui jendela ini pada rumah bergaya klasik, tapi sekarang banyak kontraktor yang memodifikasi model ini sehingga terlihat lebih modern dan bisa digunakan pada kamar tidur, ruang tamu, hingga ruang keluarga.

6. Jendela Kaca Mati

Jendela Kaca Mati
Image Source: Wideline

Jika umumnya jendela dibuat dengan mencari bagian tembok yang bisa digunakan sebagai saluran udara, model jendela minimalis satu ini justru dibuat untuk menutup bagian kosong dalam rumah.

Kaca dan kosen jendela kaca mati dibuat sesuai dengan ukuran dinding rumah yang sengaja tidak ditutup tembok. Umumnya model ini berukuran besar dan menutup setengah hingga seluruh bagian tembok.

7. Jendela Nako

Jendela Nako
Image Source: Oridow

Anak 90-an pasti sudah tak asing dengan jendela nako atau jalousie. Model jendela ini menggunakan potongan kaca persegi panjang yang disusun menggunakan alumunium atau besi.

Banyaknya celah saat jendela dibuka membuat sirkulasi udara di sebuah ruangan lebih maksimal. Disusun sedemikian rupa jendela nako juga bisa melindungi rumah dari debu dan tetesan air saat hujan.

8. Jendela Pivot

Jendela Pivot
Image Source: Azure

Menggunakan engsel pivot pada bagian tengah, jendela ini bisa dibuka hingga 360 derajat seperti pintu. Modelnya yang unik membuat jendela pivot banyak digunakan sebagai partisi antara ruangan rumah dengan taman atau kolam renang.

Sayangnya kamu tidak dianjurkan memasang gorden karena bisa rusak atau sobek saat jendela dibuka sehingga privasi penghuni rumah kurang terjaga.

9. Jendela Fold

Jendela Fold
Image Source: Windor

Hampir sama dengan model sebelumnya, jendela fold banyak digunakan sebagai partisi antar ruangan. Bagian bawah dan atas jendela ini dilengkapi reel yang memberikan ilusi seperti dilipat saat kamu membuka jendela.

Ukuranya yang besar membuat jendela fold kurang cocok digunakan pada ruangan yang sempit. Tak heran banyak yang menggunakan model jendela ini di vila atau rumah di dataran tinggi.

Tips Memilih Model Jendela Minimalis yang Tepat

Fungsinya yang penting membuat kamu tak bisa sembarangan saat memilih model jendela minimalis. Pastikan kamu memilih jendela dengan model yang selaras dengan desain rumah agar tidak terlihat aneh.

Menggunakan kaca sebagai penutup, pilih jenis kaca yang sesuai kebutuhan. Jika kamu ingin mengurangi intensitas cahaya matahari frosted glass yang buram cocok digunakan. Sedangkan kaca cermin bisa digunakan untuk meningkatkan privasi karena bisa menghalangi orang dari luar melihat aktivitas di dalam rumah.

Selain itu kamu juga harus memperhatikan arah bukaan jendela. Jendela dengan bukaan atas lebih efisien untuk mengeluarkan udara panas. Lain halnya dengan bukaan jendela bawah yang relatif lebih aman dan praktis.

Jual Alat Pembersih Kaca Jendela Bahan Karet Glass Window Wiper
Pembersih Rumah Alat Pembersih Kaca Jendela Bahan Karet Glass Window Wiper harga Rp 3.800 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Itu dia beberapa model jendela yang bisa kamu gunakan sebagai inspirasi untuk membuat rumah idaman. Agar makin cantik kamu bisa menghias jendela dengan aneka model gorden jendela yang bisa kamu dapatkan di Jakmall.com.