5 Pilihan Motif Batik untuk Pernikahan dan Filosofinya

Menggunakan motif batik untuk pernikahan dengan filosofi tertentu juga dapat menjadi harapan dan doa untuk kedua pasangan pegantin.

5 Pilihan Motif Batik untuk Pernikahan dan Filosofinya
Image Source: bridestory

Pernikahan adalah momen yang istimewa dan tak terlupakan dalam hidup setiap pasangan. Untuk orang Indonesia, khususnya adat Jawa, saat pernikahan biasanya menggunakan pakaian tradisional dengan paduan batik.

Batik, sebagai warisan budaya yang kaya, tidak hanya memancarkan keindahan visual, tetapi juga memiliki makna filosofis yang dalam.

Pilihan motif batik untuk pernikahan sangatlah banyak serta memiliki filosofi yang berbeda tiap motifnya. Untuk kamu yang sedang mencari inspirasi tentang pilihan motif batik untuk pernikahan, artikel ini merupakan sebuah paduan memilih batik lengkap dengan filosofinya.

Motif Batik untuk Pernikahan dan Filosofinya

Tak hanya terlihat indah, setiap garis dan lengkung yang ada di kain batik menyimpan segudang makna. Berikut beberapa inspirasi motif batik untuk pernikahan berserta filosofinya yang bisa digunakan pada hari spesialmu.

1. Motif Sidomukti Ornamen Meru

Motif Sidomukti Ornamen Meru
Image Source: Orami

Motif batik untuk pernikahan pertama adalah motif sidomukti dengan ornamen meru. Meru dalam kebudayaan Jawa - Hindu adalah lambang dari Gunung Mahameru, tempat para dewa dan dewi tinggal.

Meru yang memiliki bentuk segitiga atau kerucut melambangkan keseimbangan dalam hidup. Dalam pernikahan, keseimbangan sangat penting, baik dalam komunikasi, keputusan bersama, maupun dalam membagi waktu antara keluarga, karier, dan kehidupan pribadi. Ornamen Meru dalam motif batik Sidomukti mengingatkan pasangan untuk selalu mencari keseimbangan dalam pernikahan mereka.

Meru juga melambangkan keberanian dan ketangguhan dalam menghadapi tantangan kehidupan. Dalam pernikahan, pasangan akan menghadapi berbagai rintangan dan cobaan, dan ornamen Meru memberikan inspirasi untuk tetap kuat, berani, dan tegar dalam menghadapinya.

2. Motif Batik Sidomulyo

Motif Batik Sidomulyo
Image Source: Semarangpos

Nama motif batik ini berasal dari kata sida dan mulya. Kata 'sida' merupakan bahasa Jawa yang memiliki arti jadi atau menjadi. Sedangkan 'mulya' merupakan kata dalam bahasa Jawa yang artinya mulia atau makmur.

Batik ini memiliki motif persegi atau belah ketupat dengan ornamen-ornamen di dalamnya yang berisi motif garuda, kupu-kupu, dan pohon.

Pasangan pengantin diharapkan agar terus menerus memperoleh kemuliaan walau saat sedang dalam kesusahan. Konon katanya, pengguna batik sidomulyo akan menjalani kehidupan yang bahagia dan terhormat, lho!

Jual Guava Dress Batik Modern Wanita Gaun Terusan Jumbo
Dress Guava Dress Batik Modern Wanita Gaun Terusan Jumbo harga Rp 140.000 dikirim dari Tangerang, Banten. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

3. Motif Batik Kawung

Motif Batik Kawung
Image Source: konveksi

Motif batik untuk pernikahan selanjutnya adalah batik kawung. Motif batik kawung jadi salah satu motif batik klasik Indonesia yang memiliki filosofi mendalam. Motif ini memiliki pola geometris yang terdiri dari lingkaran atau bulatan yang saling berhubungan.

Lingkaran yang tak berujung menggambarkan kontinuitas dan keberlanjutan. Dalam konteks pernikahan, motif ini mengingatkan pasangan akan komitmen mereka untuk menjaga hubungan yang langgeng dan abadi.

Pola-pola yang simetris dalam motif batik kawung mencerminkan keseimbangan. Selain itu, simetri juga menggambarkan keharmonisan dan keselarasan dalam kehidupan pernikahan.

4. Motif Batik Grompol

Motif Batik Grompol
Image Source: wolipop

Grompol merupakan salah satu pilihan motif batik yang sangat cocok digunakan untuk pernikahan. Tak hanya itu, batik dengan desain seperti bunga dan belah ketupat ini juga punya filosofi yang indah.

Filosofi batik untuk pernikahan ini adalah sebagai harapan baik pada kedua mempelai. Dengan mengenakan batik ini, kamu dan pasangan diharapkan akan dilipahi keberkahan dan kebahagiaan di masa depan.

Kehidupan rumah tangga juga kan penuh ketenangan, kerukunan, dan kedamaian. Sangat baik, bukan?

5. Motif Batik Sidoluhur

Motif Batik Sidoluhur
Image Source: semarangpos

Motif batik untuk pernikahan terakhir adalah sidoluhur. Sesuai dengan namanya, motif ini memiliki makna dengan harapan untuk mencapai kedudukan yang tinggi dan memiliki sifat yang luhur dan terpuji.

Pasangan pengantin diharapkan untuk lebih bijaksana dalam menjalani kehidupan berumah tangga dan menjadi contoh yang baik untuk anak-anaknya kelak.

Jual Juan Kemeja Pria Kemeja Batik Pria Atasan Couple Hem
Pakaian Pria Juan Kemeja Pria Kemeja Batik Pria Atasan Couple Hem harga Rp 125.000 dikirim dari Tangerang, Banten. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Momen pernikahan merupakan momen sakral yang hanya dilakukan sekali seumur hidup. Terdapat banyak doa-doa dan harapan-harapan yang diberikan pada kedua mempelai untuk mencapai pernikahan yang sejahtera.

Kamu juga bisa menyempurnakan momen ini dengan detail dan dekorasi yang dibuat khusus untuk pernikahan agar semakin khidmat dan berkah.