Niat Puasa Ramadhan dan Waktu yang Tepat Membacanya

Sebelum berpuasa, penting untuk melafalkan niat agar puasa dianggap sah. Simak niat puasa Ramadhan dan waktu yang tepat membacanya berikut ini.

Niat Puasa Ramadhan dan Waktu yang Tepat Membacanya
Image Source: RRI

Ramadhan is around the corner! Dalam hitungan hari, umat Islam di penjuru dunia akan kedatangan tamu istimewa yang hadir setiap setahun sekali, yaitu bulan suci Ramadhan. Di bulan ini, seluruh umat Islam yang sudah baligh dan berakal sehat diwajibkan untuk menjalankan puasa.

Puasa merupakan ibadah yang dilakukan dengan cara menahan diri dari rasa lapar, haus, hawa nafsu, serta hal lain yang membatalkan puasa, dari terbit matahari yang ditandai dengan imsak sampai tenggelam matahari yang ditandai dengan azan magrib.

Pelaksanaan puasa Ramadhan ini dilakukan selama satu bulan penuh dalam bulan Ramadhan, yaitu selama 29 hingga 30 hari. Nah, sebelum memulai puasa, kita harus berniat secara sungguh-sungguh untuk beribadah hanya karena Allah SWT.

Dengan niat tulus, Allah SWT akan memberikan pahala yang melimpah atas puasa kita. Niat berpuasa yang ikhlas juga akan menambah nilai amalan kita selama bulan Ramadhan dan melipatgandakan pahala yang kita terima sebagai wujud keberkahan dari Allah SWT.

Niat Puasa Ramadhan

Niat Puasa Ramadhan
Image Source: People

Berikut ini niat puasa yang harus dilakukan sebelum menjalankan ibadah puasa:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu souma ghadin 'an ada'i fardhi syahri Ramadhani hadzihis sanati lillahi ta'ala.

Artinya: "Aku berniat puasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini karena Allah ta'ala."

Waktu Membaca Niat Puasa Ramadhan

Waktu Membaca Niat Puasa Ramadhan
Image Source: National Today

Niat puasa Ramadhan sebaiknya dibaca pada malam hari atau bisa dibaca saat waktu sahur sebelum memasuki waktu azan subuh. Niat ini dapat dibaca di dalam hati atau dengan suara pelan dan tidak perlu diucapkan dengan keras atau di depan orang lain.

Dikutip dari NU Online, bila melakukan niat puasa Ramadhan di luar waktu tersebut, maka puasa dapat dianggap tidak sah. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW mengenai waktu membaca niat puasa Ramadhan berikut ini.

Barangsiapa yang tidak berniat puasa pada malam hari sebelum fajar, maka tidak ada puasa baginya," (HR. Ahmad, Abu Dawud dan Ibnu Majjah).

Sesuai dengan rukun berpuasa yang pertama, niat merupakan hal pertama yang harus dilakukan sebelum berpuasa. Oleh karena itu, jangan sampai lupa untuk niat berpuasa, ya, agar puasa yang telah dijalankan sehari penuh tidak sia-sia begitu saja.

Nah, sebelum bulan Ramadhan tiba, tidak ada salahnya untuk mempersiapkan aneka peralatan untuk sahur dan berbuka puasa dari sekarang seperti teko teh kaca, pitcher, teko listrik, air fryer, mangkok, hingga blender.