Netball, Olahraga Khusus Wanita yang Mirip dengan Basket

Netball adalah olahraga bola yang terdiri dari dua tim yang berisi tujuh pemain di setiap timnya. Olahraga ini umumnya dimainkan oleh wanita.

Netball, Olahraga Khusus Wanita yang Mirip dengan Basket
Sumber: Inside the Games

Olahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia tanpa memandang jenis kelamin, baik itu untuk wanita maupun pria. Namun, tahukah kamu kalau terdapat olahraga yang dimainkan mayoritas oleh wanita?

Salah satu olahraga yang diperuntukkan khusus untuk wanita adalah netball. Meskipun dikenal sebagai olahraga untuk perempuan, tenang saja, pria tetap dapat memainkan olahraga ini.

Lantas apa itu netball? Yuk, simak uraian berikut untuk mengenal lebih jauh tentang netball, mulai dari cara main hingga perbedaannya dengan bola basket. Jangan di-skip, ya!

Apa Itu Netball?

olahraga netball
Sumber: facts.net

Netball merupakan olahraga bola besar yang terdiri dari dua tim dan dimainkan di lapangan dengan beranggotakan tujuh pemain di setiap timnya. Olahraga satu ini umumnya dimainkan oleh wanita.

Netball sendiri sudah mulai berkembang di Inggris pada tahun 1890-an. Olahraga ini tercetus dari banyaknya wanita yang ingin bermain bola basket dengan aturan yang lebih sederhana.

Tujuan dari permainan ini adalah untuk mencetak gol dengan menembakkan bola ke dalam ring lawan. Tim yang memiliki gol terbanyak di akhir permainan adalah pemenangnya.

Ada tujuh posisi pemain dalam olahraga netball, yang meliputi penyerang, pemain tengah, pemain pertahanan, dan penjaga. Setiap posisi memiliki tugas dan tanggung jawabnya sendiri di lapangan.

Jual TaffHOME Handuk Microfiber Quickdry 35 x 75 cm - U0755
Kecantikan & Perawatan Lainnya TaffHOME Handuk Microfiber Quickdry 35 x 75 cm - U0755 harga Rp 8.300 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Perbedaan Netball dengan Bola Basket

Perbedaan Netball dengan Bola Basket
Sumber: abc.net

Walaupun konsep permainannya sama dengan bola basket yaitu mencetak gol dengan melempar bola ke dalam tujuan lawan, tetapi keduanya tetap memiliki beberapa perbedaan, antara lain:

1. Jumlah pemain

  • Netball: Setiap tim netball terdiri dari tujuh pemain, dengan posisi yang ditentukan, yaitu penyerang, pemain tengah, pemain pertahanan, dan penjaga.
  • Bola Basket: Setiap tim bola basket terdiri dari lima pemain, dengan posisi yang lebih fleksibel, termasuk penjaga, pemain sayap, pemain tengah, dan pemain bertahan.

2. Ukuran Bola

  • Netball: Bola netball lebih kecil dan tidak memiliki alur. Ini membuatnya lebih sulit untuk dikontrol dan dilemparkan.
  • Bola Basket: Bola basket lebih besar dan memiliki alur yang memudahkan pemain dalam dribbling dan melempar.

3. Gerakan Pemain

  • Netball: Pemain netball harus berhenti sepenuhnya untuk melempar atau menerima bola dan mereka tidak boleh bergerak saat bola sedang dalam tangan mereka. Selain itu, ada batasan tertentu di lapangan yang hanya boleh ditempatkan oleh pemain tertentu.
  • Bola Basket: Pemain dalam bola basket dapat bergerak dengan bola dalam tangan mereka (dribbling) dan tidak ada batasan wilayah khusus untuk pemain tertentu di lapangan.
Jual TaffSPORT Pelindung Lutut Terapi Magnetik Knee Pad - A-7720
Sleeves Tangan & Kaki TaffSPORT Pelindung Lutut Terapi Magnetik Knee Pad - A-7720 harga Rp 15.900 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

4. Durasi Permainan

  • Netball: Permainan netball biasanya terdiri dari empat kuartal dengan durasi waktu yang telah ditentukan untuk setiap kuartal. Setelah kuartal pertama, tim akan bertukar posisi lapangan.
  • Bola Basket: Sementara permainan bola basket biasanya terdiri dari empat kuartal (dalam NBA) atau dua babak (dalam FIBA) dengan waktu yang lebih fleksibel, sebab waktu berhenti jika ada pelanggaran atau perubahan posisi bola.

5. Penghitungan Poin

  • Netball: Tujuan utama dalam netball adalah mencetak gol dengan melempar bola ke dalam ring (keranjang) yang tinggi di ujung lapangan lawan.
  • Bola Basket: Tujuan dalam bola basket adalah mencetak gol dengan melempar bola ke dalam ring yang lebih rendah dengan nilai berbeda (2 atau 3 poin) tergantung dari jarak lemparan.

6. Kontak Fisik

  • Netball: Netball memiliki aturan yang ketat mengenai kontak fisik antara pemain. Kontak fisik hampir sepenuhnya dilarang dan pemain harus menjaga jarak yang aman dari lawan mereka.
  • Bola Basket: Bola basket memungkinkan lebih banyak kontak fisik antara pemain, terutama dalam pertahanan.

7. Seragam

  • Netball: Para pemain netball menggunakan dress terusan seperti dalam permainan bola tennis atau menggunakan tanktop dan rok.
  • Bola Basket: Sementara pemain bola basket diharuskan memakai celana.

8. Ring

  • Netball: Ring pada olahraga netball tidak memiliki papan pantulan.
  • Bola Basket: Sementara ring pada permainan bola basket memiliki papan pantulan.
5 Manfaat Renang untuk Kesehatan, Efektif Bakar Kalori!
Jadi salah satu olahraga paling populer di dunia, berikut beberapa manfaat renang yang baik untuk kesehatan.

Aturan Bermain Netball

Aturan Bermain Netball
Sumber: idrottsforum

Peraturan dalam bermain netball antara lain:

1. Jangan bergerak saat memegang bola

Saat memegang bola, pemain tidak boleh melakukan dribble atau menggiring bola. Pemain hanya boleh berputar dengan kaki yang digunakan saat mendarat atau pivot. Pemain harus selalu meletakkan satu kaki di tempat yang sama.

2. Pastikan ketujuh pemain dari masing-masing tim berada di lapangan setiap saat

Ketujuh pemain dari masing-masing tim harus berada di lapangan setiap saat. Satu-satunya pengecualian untuk hal ini adalah jika wasit mengeluarkan pemain dari satu tim saat melakukan pelanggaran.

3. Berdirilah satu meter dari pemain yang membawa bola jika kamu seorang defender

Jika posisi kamu adalah seorang defender, kamu harus menjaga jarak minimal satu meter dari pemain yang membawa bola. Kamu harus memberi mereka ruang untuk mengamati keadaan dan melempar bola.

Hal ini berarti kamu tidak boleh merebut bola dari tangan pemain lain dan harus menjaga jarak jika ada pemain yang sedang memegang bola. Namun, kamu boleh melompat satu kali untuk mempertahankan umpan dan mencegat bola di udara.

4. Pemain hanya boleh memegang bola selama 3 detik

Pemain tidak diperbolehkan memegang bola lebih dari tiga detik dalam satu waktu. Menjatuhkan bola dan mengambilnya lagi tidak akan mengatur ulang waktu kepemilikan bola tersebut.

Sama halnya jika pemain mencoba mengoper kepada seseorang tetapi gagal dan pemain merebut bola lagi, waktu kepemilikan bola masih tetap berjalan. Jika pemain memegang bola lebih dari tiga detik, pemain harus menyerahkannya kepada tim lain.

Jual Sepatu Pria. DIADORA GIACOMA BLACK BLUE. ORIGINAL.
Sepatu Olahraga Sepatu Pria. DIADORA GIACOMA BLACK BLUE. ORIGINAL. DIAX8F0806BB harga Rp 169.900 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

5. Pemain harus tetap berada dalam posisi yang telah ditentukan

Dalam olahraga netball, pemain harus tetap pada posisi yang telah ditentukan dan tidak dapat berlarian seperti dalam sepak bola. Pemain harus tetap berada di zona yang ditentukan sesuai dengan posisinya.

6. Jaga bola tetap dalam batasnya

Jika bola keluar batas, tim yang terakhir menyentuh bola harus menyerahkan bolanya kepada tim lawan, lalu tim lain mengambil bola dan menuju ke garis keluar. Selanjutnya mereka memiliki waktu tiga detik untuk memainkan bola kembali setelah mereka mencapai garis ini.

Sebelum bermain netball, pastikan untuk memahami aturan dan posisi masing-masing pemain dan berlatih keterampilan dasar seperti melempar, menangkap, dan bergerak di lapangan.

Selamat bermain!