10 Biang Kerok Penyebab Lampu Motor Sering Putus!

Lampu motor yang putus tentu sangat menjengkelkan. Jakmall membahas secara lengkap mengenai penyebab lampu motor sering putus, khusus untuk kamu!

10 Biang Kerok Penyebab Lampu Motor Sering Putus!
Image Source: Freepik/freepik

Bagi kamu yang sering berkendara, lampu motor sering putus bisa menjadi masalah yang menjengkelkan terutama jika hal tersebut terjadi di tengah perjalanan.

Hal ini tentunya karena lampu merupakan salah satu komponen esensial sebagai peneranagan dan keamanan, bisa-bisa kamu mendapatkan surat tilang dari polisi yang sedang bertugas.

Untuk itu, memastikannya dapat menyala dengan normal selama berkendara sangatlah penting dan mungkin kamu penasaran sebenarnya apa sih penyebab lampu motor sering putus.

Tetapi sebelum itu, kamu perlu memahami bagaimana sistem lampu pada motor bekerja dan apa saja faktor yang dapat menyebabkan kerusakan.

Penyebab Lampu Motor Sering Rusak

Penyebab Lampu Motor Sering Rusak
Image Source: Freepik/freepik

Mengetahui penyebab kenapa lampu motor kamu sering mati bisa menjadi langkah utama untuk mulai melakukan perawatan sederhana atau menghindari faktor-faktor pemicu tersebut.

Jakmall akan membahasnya secara lengkap mengenai penyebab lampu motor sering putus, khusus untuk kamu!

1. Kabel Rusak atau Terkelupas

Salah satu penyebab utama lampu motor sering putus adalah adanya kabel yang rusak atau terkelupas. Kabel-kabel ini menghubungkan lampu dengan sumber daya listrik motor.

Adanya kabel-kabel yang terbuka atau terkelupas dapat terjadi karena berbagai alasan. Usia kabel atau timbulnya gesekan dengan komponen lain mengakibatkan arus listrik tidak dapat mengalir dengan baik dan lampu bisa mati atau berkedip secara tidak stabil.

2. Kualitas Kabel yang Buruk

Kualitas kabel pada sepeda motor juga penting kamu perhatikan. Penggunaan kabel dengan kualitas yang buruk biasanya tidak tahan lama dan dapat menjadi penyebab lampu sering putus, loh.

Jual TaffSPORT Cover Sarung Pelindung Sepeda dan Motor Matic -
Aksesoris Lainnya TaffSPORT Cover Sarung Pelindung Sepeda dan Motor Matic - UV-2000 harga Rp 20.100 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Kabel yang bagus harus terbuat dari bahan yang tahan terhadap paparan cuaca dan gesekan yang terjadi selama berkendara, sehingga kabel yang tidak berkualitas mungkin akan lebih rentan terhadap kerusakan. Untuk itu, disarankan menggunakan kabel isolasi berlapis

3. Sambungan yang Longgar

Sambungan yang longgar antara kabel dan soket juga dapat menyebabkan masalah pada lampu motor. Jika kabel tersebut tidak terpasang dengan baik, arus listrik juga tidak dapat mengalir dengan lancar ke lampu, sehingga menyebabkan lampu mati atau berkedip secara tidak stabil.

4. Tegangan Regulator yang Rusak

Tegangan regulator adalah komponen yang mengontrol tegangan listrik yang masuk ke sistem lampu motor. Nah, jika regulator tegangan rusak, tegangan listrik menjadi tidak stabil dan ini dapat merusak lampu sehingga membuatnya sering mati.

5. Sumber Listrik yang Tidak Stabil

Sumber listrik yang tidak stabil, seperti generator atau alternator yang bermasalah pada motor juga dapat menjadi penyebab lampu motor sering putus. Ketika aliran daya listrik tidak mencukupi atau tidak stabil, lampu mungkin tidak dapat berfungsi dengan baik.

6. Adanya Karat

Karat yang ada pada terminal kabel atau soket lampu juga bisa menjadi masalah kenapa lampu motor kamu sering putus. Hal ini karena karat dapat menghambat aliran arus listrik. Disarankan untuk melakukan pemeriksaan dan membersihkan area terminal secara berkala dapat mencegah masalah ini timbul kembali.

Jual DEYIOU Gembok Sepeda Motor Cakram Moped Disc Brake - P1318
Aksesoris Lainnya DEYIOU Gembok Sepeda Motor Cakram Moped Disc Brake - P1318 harga Rp 18.300 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

7. Getaran yang Kuat

Getaran yang kuat atau berlebihan dalam jangka waktu lama, dari jalan yang kamu lalui saat mengendarai motor dapat merusak koneksi kabel dan komponen elektronik yang ada di dalamnya.

Untuk itu, kamu harus memastikan lampu terpasang dengan kuat dan aman, serta yang tidak kalah penting untuk menghindari jalanan yang menjadi pemicu getaran hebat, atau jika memang hal itu tidak mungkin, pastikan untuk melakukan pemeriksaan secara berkala.

8. Cuaca Ekstrem

Cuaca ekstrem, seperti hujan deras atau panas berlebih seperti yang sering terjadi di Indonesia juga dapat memengaruhi kinerja lampu motor.

Meskipun memang, sebagian besar lampu motor dirancang agar tahan terhadap segala cuaca, tetapi cuaca ekstrem dapat mempercepat proses korosi dan dapat merusak kabel yang menyebabkan lampu mengalami kegagalan fungsi.

Jual Rhodey Pole Jas Hujan Motor - T1
Outerwear Rhodey Pole Jas Hujan Motor - T1 harga Rp 74.900 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

9. Lampu yang Rusak

Sebenarnya selain masalah di atas, justru masalah sebenarnya adalah lampu motor yang kamu gunakan itu sendiri.

Lampu yang rusak atau sudah mencapai akhir masa pakai akan menjadi sering mati dan memang sudah harus diganti. Jadi, melakukan pemeriksaan dan penggantian lampu motor secara berkala adalah langkah penting dalam perawatan sepeda motor yang wajib kamu lakukan.

10. Pemasangan yang Salah

Setelah memastikan semua kemungkinan di atas, hal penting yang harus dilakukan adalah memastikan lampu motor terpasang dengan benar.

Pemasangan lampu yang salah atau tidak sesuai dengan spesifikasi motor dapat menyebabkan kegagalan fungsi. Sehingga proses pemasangan juga harus mengikuti standar pabrik atau saran dari mekanik profesional yang terpercaya.

Hal terbaik yang dapat untuk memastikan keamanan selama berkendara adalah melakukan perawatan secara rutin pada setiap komponen motor, termasuk bagian lampu. Perawatan secara cermat bisa mengurangi kemungkinan lampu motor sering putus dan membuat pengalaman berkendara jadi lebih menyenangkan.

Jakmall punya rekomendasi aksesori motor seperti jam mini digital, tas helm, dan kacamata motor dengan kualitas terbaik dan harga promo paling murah yang bisa kamu dapatkan!