8 Peralatan Gaming PC yang Harus Dimiliki Para Gamer Pemula

8 Peralatan Gaming PC yang Harus Dimiliki Para Gamer Pemula

Persiapan matang membawa kemenangan

Jika kamu bercita-cita ingin menjadi gamer PC yang populer dan sukses, pastinya kamu harus mempersiapkan semua peralatan gaming PC-mu dong. Tetapi, apa saja ya yang diperlukan saat kamu baru saja mulai? Apa hanya perlu komputer, keyboard, mouse gaming saja kah?

Seandainya kamu masih bingung, simak saja 8 Peralatan gaming PC yang harus dimiliki para gamer pemula. Dengan begitu, kamu tidak perlu cemas dengan keperluan untuk setup gaming PC-mu lagi. Selamat membaca!

1. Monitor gaming merupakan peralatan gaming PC yang harus dimiliki para pemula

Peralatan gaming PC | Source Image: techblock.com

Peralatan terpenting ketika ingin menjadi gamer PC adalah monitor yang baik. Dengan adanya monitor yang baik, tampilan atau visual dari game yang kamu mainkan akan lebih jernih. Selain itu, hal lain yang harus diperhatikan adalah resolusi. Kebanyakan monitor gaming saat ini sudah memiliki resolusi 1080p yang sebenarnya sudah cukup.

Tetapi, jika kamu ingin mendapatkan pengalaman bermain yang lebih baik, kamu bisa membeli monitor dengan resolusi 1440p atau 4K. Untungnya, di Jakmall.com ada berbagai macam monitor yang dapat mendukung performa visual game-mu! Tidak percaya? Cek saja di sini.

2. Pilihlah jenis mouse gaming sesuai dengan game yang kamu mainkan

Peralatan gaming PC | Source Image: jakmall.com

Selain monitor, mouse adalah komponen penting saat bermain game. Ada berbagai jenis mouse seperti mouse gaming FPS, mouse gaming MMO, dan mouse universal. Sesuai dengan namanya, mouse gaming FPS digunakan untuk game first-person shooting seperti CS atau Valorant. Di sisi lain, mouse gaming MMO digunakan untuk permainan seperti Dota dan World of Warcraft. Sedangkan, mouse universal dapat digunakan untuk game apa saja.

Setiap jenis mouse tersebut memiliki keunggulan yang berbeda. Mouse MMO biasanya mempunyai tombol tambahan sehingga pengguna dapat menggunakan skill dengan cepat. Mouse FPS dilengkapi dengan pemberat yang bisa disesuaikan sehingga pengguna dapat mengatur kestabilan kursornya.

3. Gunakanlah keyboard gaming yang menurut kamu nyaman digunakan

Peralatan gaming PC | Source Image: pinterest.com

Peralatan gaming PC lainnya yang harus kamu punya adalah keyboard gaming. Hal penting yang harus diperhatikan ketika membeli keyboard adalah melihat layout-nya. Kebanyakan keyboard gaming sudah dilengkapi dengan tuts angka di sebelah kanan. Hal ini tentu berguna jika kamu ingin menambahkan shortcut untuk game-mu. Tetapi, jika kamu tidak memerlukannya, keyboard dengan tuts qwerty sudah cukup.

Pilihan warna atau cahaya pada keyboard gaming juga sangat beragam. Seandainya kamu tidak suka dengan warna monoton seperti hitam, keyboard berwarna-warni juga tersedia di pasaran. Banyak juga yang menyediakan keyboard yang memiliki cahaya LED seperti merah, biru, dan hijau.

Koleksi keyboard gaming LED hadir di Jakmall.com! Buruan beli keyboard idamanmu

4. Sensasi bermain game akan terasa lebih seru dengan speaker PC gaming

Peralatan gaming PC | Source Image: pinterest.com

Bagi kamu yang ingin mendengar suara game dengan lebih lantang, speaker gaming adalah peralatan yang kamu harus punya. Banyak yang lebih suka menggunakan speaker dibanding headphone karena dapat membuat mereka lebih bersemangat.

Tetapi, speaker yang digunakan juga harus sesuai dengan permainan yang dimainkan. Jika kamu bermain game FPS atau MMORPG, kamu bisa menggunakan speaker yang lebih bagus. Kenapa? Karena kedua tipe permainan tersebut biasanya akan menggunakan suara yang lebih kompleks.

5. Tidak ingin terlalu ribut saat main game? Pakai saja headphone gaming

Peralatan gaming PC | Source Image: jakmall.com

Mendengar suara yang jernih merupakan kewajiban ketika menjadi gamer. Apalagi jika kamu sedang bermain game yang sensitif dengan suara seperti CS dan PUBG. Maka dari itu, kamu harus memperhatikan headphone gaming yang akan digunakan.

Apabila kamu ingin bermain lebih nyaman, disarankan kamu membeli headphone yang lentur sehingga tidak ketat pada kepalamu. Tapi, bingung nih mau beli headphone gaming dimana? kamu dapat membelinya di Jakmall.com dengan harga yang lebih murah lho!

6. Mouse pad merupakan peralatan gaming PC wajib supaya pergelangan tangan tidak sakit

Peralatan gaming PC | Source Image: gameroom.lt

Mouse gaming pasti tidak akan lengkap tanpa alasnya. Sekarang ini, ada berbagai macam mouse pad mulai dari yang ukuran kecil hingga besar. Sebagai gamer pemula, disarankan kamu bisa membeli mouse pad yang sesuai dengan keperluanmu dulu. Setelah itu, kamu bisa mencoba untuk mencari mouse pad yang nyaman untuk digunakan dalam jangka lama.

Mouse pad kecil biasanya memiliki ukuran 22 x 18m yang sebenarnya sudah cukup. Tetapi, terkadang para gamer memerlukan tempat gerak yang lebih luas. Jika kamu salah satunya, mouse pad berukuran 30 x 80 m merupakan pilihan yang cocok!

7. Kursi gaming yang baik tidak akan membuatmu lelah saat bermain terlalu lama

Peralatan gaming PC | Source Image: pinterest.com

Saat bermain, tempat duduk yang nyaman tentunya sangat diperlukan. Dengan menggunakan kursi gaming yang empuk, kamu tidak akan merasa lelah ketika bermain game terlalu lama. Oleh karena itu, seandainya kamu belum memiliki kursi gaming, kamu bisa berencana untuk membelinya.

Jika kamu ingin menjadi seorang streamer gaming, membeli kursi gaming adalah hal yang wajib. Kenapa? Karena kamu akan membuat stream bermain game berjam-jam tanpa berdiri. Maka dari itu, kamu harus mempunyai tempat duduk yang nyaman.

Kursi gaming empuk terbaik dan termurah ada di Jakmall.com! Buruan cek di sini

8. Persiapkan controller seperti joystick jika akan bermain game yang memerlukannya

Peralatan gaming PC | Source Image: pcgamesn.com

Controller gaming adalah peralatan gaming PC yang opsional. Jika kamu akan bermain game seperti PES atau bola basket, kamu memerlukan joystick universal yang bisa digunakan pada PC. Tetapi, seandainya kamu akan memainkan game balapan, controller seperti racing wheel harus dipunyai. Maka dari itu, ketahuilah permainan yang akan kamu mainkan terlebih dahulu.

Itulah 8 peralatan gaming PC yang harus kamu miliki sebagai seorang gamer pemula. Apakah kamu sudah memiliki semuanya? Kalau belum, buruan beli supaya kamu bisa lebih nyaman ketika bermain game yang kamu sukai!


Laptopmu panas saat main game? Yuk cek koleksi Cooling Pad termurah di Jakmall.com!

Baca artikel menarik lainnya di sini

Baca juga: 9 Cara Menjadi Youtuber Gamer Android yang Banyak Ditonton