Perbedaan Manicure dan Pedicure, Kuku Auto Cantik!

Jadi salah satu perawatan yang paling banyak dicari, berikut perbedaan manicure dan pedicure yang wajib kamu tahu. Dijamin bikin kuku auto cantik!

Perbedaan Manicure dan Pedicure, Kuku Auto Cantik!
Image Source: Freepik/Freepik

Selain kulit, kuku juga jadi salah satu bagian tubuh yang wajib dirawat. Kuku yang cantik tidak hanya membuat seseorang terlihat lebih cantik, tapi juga dapat meningkatkan rasa percaya diri sehingga kamu bisa semangat menjalani hari.

Disediakan oleh hampir semua salon kecantikan, mungkin kamu sering mendengar istilah manicure dan pedicure. Nah, kedua perawatan ini bisa jadi pilihan yang tepat jika kamu mulai ini merawat kecantikan dan kesehatan kuku.

Penasaran dengan apa dan bagaimana perbedaan manicure dan pedicure? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Manicure?

Apa Itu Manicure
Image Source: Freepik/Freepik

Pada dasarnya manicure adalah perawatan kecantikan untuk kuku pada bagian tangan. Tujuan dari manicure adalah untuk merilekskan dan mempercantik bagian tangan. Perawatan ini termasuk memotong, membentuk, dan menghias kuku tangan dengan kutek.

Jual Biutte.co Gunting Kuku Jempol Kaki Anti Cantengan Nail
Hand & Nail Art Biutte.co Gunting Kuku Jempol Kaki Anti Cantengan Nail Clipper - MZ-020 harga Rp 13.500 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Saat melakukan manicure, para beautician akan membersihkan kuku dari kutek dan kotoran yang menempel lalu dipotong sesuai panjang dan bentuk yang diinginkan. Tangan yang bersih direndam dengan air hangat selama beberapa agar lebih rileks. Selanjutnya beautician akan mengaplikasikan scrub untuk merontokkan kulit mati dan dibilas kembali dengan air.

Semua proses ini kemudian dilanjutkan dengan nail art dan kuku diberi pelembap dan minyak khusus agar lebih kuat dan tidak mudah patah.

Apa Itu Pedicure?

Apa Itu Pedicure
Image Source: Freepik/Jcomp

Hampir sama dengan manicure, pedicure adalah perawatan untuk menjaga kecantikan kuku. Bedanya kuku yang dirawat saat melakukan pedicure adalah kuku kaki. Urutan perawatan yang dilakukan pun hampir sama.

Pertama, kaki akan dibersihkan dari debu dan kotoran kemudian direndam dalam air hangat. Setelah beberapa menit, kaki akan dikeringkan dan disikat untuk menghilangkan kulit mati. Saat sudah bersih, beautician memotong kuku kaki sesuai panjang dan bentuk yang diinginkan.

Jual Biutte.co Pengering Kutek Kuku UV LED Nail Dryer 36W -
Hand & Nail Art Biutte.co Pengering Kutek Kuku UV LED Nail Dryer 36W - Mini-1 harga Rp 31.900 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Nah, jika ingin kuku kaki terlihat lebih cantik, kamu juga bisa menggunakan nail art dengan berbagai warna dan bentuk sesuai selera.

Perbedaan Manicure dan Pedicure

Perbedaan Manicure dan Pedicure
Image Source: Freepik/Javi_Indy

Setelah berkenalan dengan dua perawatan kuku yang banyak ditawarkan oleh salon kecantikan, mungkin kamu sudah bisa mengenali perbedaan manicure dan pedicure. Nah, agar tak salah pilih, kenali beberapa perbedaan manicure dan pedicure lainnya, yuk!

1. Bagian Tubuh yang Dirawat

Berdasarkan penjelasan sebelumnya, tentunya kamu bisa menemukan perbedaan utama dari dua perawatan kuku ini. Yups, benar sekali! Perbedaan utama dari manicure dan pedicure adalah bagian tubuh yang dirawat.

Meski sama-sama fokus merawat kuku, manicure dilakukan untuk merawat kuku bagian tangan. Sedangkan pedicure dilakukan untuk merawat kuku dan jari kaki. Kedua perawatan ini sama pentingnya untuk menjaga kecantikan kuku.

2. Fokus Perawatan

Perbedaan manicure dan pedicure selanjutnya adalah pada fokus perawatannya. Saat melakukan manicure, kamu akan menerima perawatan yang fokus pada mempercantik kuku. Para beautician akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk memotong, membentuk, dan mengaplikasikan kutek dan aksesoris lain agar kuku semakin cantik.

Berbeda dari pedicure yang fokus untuk membersihkan kuku dan merilekskan bagian kaki. Pembersihan ini dilakukan karena bagian kaki memiliki penumpukan kulit mati paling banyak serta paling rentan merasa pegal akibat terlalu banyak berjalan.

Jual Biutte.co Kuas Kutek Kuku Brush Nail Art Dotting Tools 15
Hand & Nail Art Biutte.co Kuas Kutek Kuku Brush Nail Art Dotting Tools 15 PCS - N1800 harga Rp 7.300 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

3. Kerumitan Perawatan

Perbedaan manicure dan pedicure terakhir ada pada tingkat kerumitan perawatannya. Meski memiliki urutan lebih banyak, manicure bisa dibilang lebih mudah dari pedicure. Pasalnya beautician tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk membersihkan, memijat, dan mempercantik bagian tangan.

Lain halnya dengan pedicure, dimana mereka harus bisa membersihkan seluruh bagian kaki pada tempat yang terbatas. Jumlah lulur, garam air, dan produk perawatan yang dibutuhkan juga lebih banyak jika dibandingkan untuk membersihkan bagian tangan.

Tips Manicure dan Pedicure

Tips Manicure dan Pedicure
Image Source: Freepik/kroshka__nastya

Setelah mengetahui perbedaan manicure dan pedicure jadi semakin penasaran mencoba perawatan kuku ini, bukan? Nah, jika kamu baru pertama kali mencoba dua perawatan kuku ini, berikut beberapa tips yang bisa kamu perhatikan agar bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

  1. Pastikan alat yang digunakan bersih. Alat perawatan, seperti alat potong kuku, kuas, dan pemotong kuku yang bersih dapat mencegah terjadinya infeksi.
  2. Kenali produk yang digunakan. Beberapa produk perawatan kuku memiliki kandungan yang mungkin menyebabkan alergi sehingga kamu wajib mengenali kandungan produk yang digunakan.
  3. Hindari memotong kutikula terlalu dalam. Memotong kutikula terlalu dalam atau secara sembarangan dapat menyebabkan perdarahan dan infeksi. Maka pastikan kamu memotong bagian ini secukupnya agar terlihat bersih dan rapi.

Mengetahui apa dan perbedaan manicure dan pedicure bisa jadi langkah awal untuk memiliki kuku yang sehat dan cantik. Nah, jika tak punya cukup waktu untuk pergi ke salon, kamu bisa melakukan manicure dan pedicure secara mandiri dengan UV lamp, kuas lukis kuku, dan kuku palsu dari JakartaNotebook.