3 Persiapan Memancing Ikan yang Harus Kamu Perhatikan

Memancing dan ketenangan menjadi paket yang tidak dapat dipisahkan. Penting memperhatikan hal apa saja yang harus dipersiapkan sebelum memancing.

3 Persiapan Memancing Ikan yang Harus Kamu Perhatikan
Image Source: Freepik/freepik

Bagi kamu yang suka melakukan aktivitas di luar ruangan dan berada di tengah indahnya alam, memancing bisa jadi aktivitas yang cocok untuk kamu.

Kegiatan yang mengharuskan kamu untuk tetap tenang menunggu dan berada di tengah kesunyian alam yang memukau, ditemani dengan berbagai suara air serta hewan di sekitar perairan dapat memberikan perasaan damai yang bisa jadi selama ini selalu kamu dambakan.

Memancing menjadi kegiatan olahraga yang tidak hanya sangat membutuhkan stamina dan kekuatan otot yang prima. Tetapi memancing juga membutuhkan kesabaran dan kecerdikan dalam menempatkan serta menggerakkan umpan untuk mendapatkan tangkapan terbaik.

Persiapan Memancing Ikan

Persiapan Memancing Ikan
Image Source: Freepik/freepik

Kegiatan memancing, tidak hanya menyenangkan dan dapat menyegarkan pikiran. Tetapi usaha perjalanan yang kamu tempuh untuk mencapai lokasi memancing terbaik juga dapat membuat kamu menikmati suasana luar dan menghargai alam yang selama ini ada.

Selain itu, memancing juga dapat meningkatkan produktivitas, mengharuskan kamu untuk memberikan perhatian khusus pada gerakan kait, dan menunggu dengan sabar akan serangan yang mungkin datang.

Dari segudang manfaat yang bisa kamu dapatkan dari kegiatan ini, tentu penting bagi kamu mengetahu apa saja persiapan memancing ikan yang harus diperhatikan.

Jakmall merangkum persiapan penting yang harus diperhatikan sebelum memancing, khusus untuk kamu!

Jual GUANGWEI Joran Pancing Antena Portable Fishing Rod 1.3M -
Alat Pancing GUANGWEI Joran Pancing Antena Portable Fishing Rod 1.3M - DZZH-1 harga Rp 194.900 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

1. Persiapkan Alat yang Dibutuhkan

Persiapkan Alat yang Dibutuhkan
Image Source: Freepik/freepik

Ada kata bijak yang pernah bilang untuk "bersiap sebelum berperang" dan hal ini penting kamu terapkan dalam mempersiapkan diri sebelum memulai memancing.

Tentunya kamu memerlukan beberapa peralatan dasar memancing untuk pemula. Kamu bisa memilih harga alat pancing yang terjangkau dan dapat dengan mudah didapatkan dari toko perlengkapan olahraga atau bahkan melalui e-commerce seperti Jakmall yang menyediakan berbagai perlengkapan memancing.

Berikut daftar sederhana barang yang harus kamu bawa ketika memancing:

  • Joran pancing dengan tongkat dan tali yang sesuai dengan kebutuhan
  • Kait dan umpan
  • Pisau tajam
  • Ember kecil
  • Kain atau handuk
  • Kotak P3K
  • Tang

Daftar di atas akan membantu kamu untuk mulai memancing. Selanjutnya, setelah kamu mendapatkan banyak pengalaman di atas air, daftar barang yang harus dibawa pastinya akan bertambah dan kamu akan mengetahui lebih banyak berbagai jenis umpan dari target ikan yang ingin didapatkan.

Jual Portable Fish Finder 2.0 inch Display - TL-88E
Aksesoris Pancing Lainnya Portable Fish Finder 2.0 inch Display - TL-88E harga Rp 377.800 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

2. Tentukan Waktu yang Tepat untuk Memancing

Tentukan Waktu yang Tepat untuk Memancing
Image Source: Freepik/freepik

Sebenarnya menentukan waktu memancing yang tepat bergantung dari jenis ikan yang akan incar.

Namun, memancing di waktu fajar dan senja akan menjadi lebih menyenangkan. Hal ini karena selain kedua waktu ini merupakan saat ikan mencari makan, kamu juga bisa dapat menyaksikan bagaimana matahari terbit dan terbenam.

Sementara bagi kamu yang lebih memilih memancing di siang hari, kamu bisa memilih saat air pasang karena biasanya ini merupakan waktu terbaik bagi sebagian besar ikan untuk muncul.

Jual TaffSPORT Ember Lipat Mancing Ikan Folding Bucket Handle -
Aksesoris Pancing Lainnya TaffSPORT Ember Lipat Mancing Ikan Folding Bucket Handle - WF126 harga Rp 36.200 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Meskipun begitu, ada juga ikan yang muncul saat air sedang surut. Jika kamu sudah mengetahui jenis ikan yang diincar, kamu bisa mencari tahu lebih lanjut mengenai kapan ikan-ikan tersebut biasanya muncul.

Penting untuk diingat bahwa ini hanyalah perkiraan dan tidak selalu terjadi. Terkadang mungkin kamu mendapatkan tangkapan yang banyak, tatapi akan ada hari kamu bahkan tidak mendapatkan apa pun.

3. Pelajari Prinsip dalam Memancing

Pelajari Prinsip dalam Memancing
Image Source: Freepik/freepik

Sama seperti memiliki prinsip hidup yang bijak, dalam memancing pun kamu juga harus memperhatikan sikap-sikap tertentu. Dalam memancing, kamu harus menerapkan sikap untuk menghormati lingkungan, menjaga sumber daya alam, dan menghormati pemancing lainnya.

Untuk itu, sebelum menuju ke lokasi memancing, ada baiknya kamu mengetahui etika untuk menjadi pemancing dengan menerapkan sikap yang bertanggung jawab.

  • Pastikan kamu mengetahui peraturan terbaru mengenai penangkapan ikan di lokasi memancing yang kamu tuju, termasuk batasan ukuran dan berat
  • Pelajari teknik penangkapan dan pelepasan pancing yang tepat untuk membantu memastikan bahwa ikan tetap dapat hidup dengan baik
  • Jika kamu menangkap ikan untuk dimakan, jangan menangkap ikan terlalu banyak lebih dari yang kamu dan keluarga dapat konsumsi
  • Bawa kembali barang yang kamu gunakan dan jangan meninggalkan sampah darat atau air apa pun

Memancing dan ketenangan menjadi paket yang tidak dapat dipisahkan. Untuk itu penting bagi kamu mempersiapkan barang yang harus dibawa dan mengetahui waktu paling tepat untuk memancing.

Selain itu, kamu juga tetap harus bertanggung jawab dan memiliki sikap yang bijak saat sedang memancing.

Dengan menerapkan sikap tanggung jawab dan bijak dalam memancing, kamu dapat menjaga lingkungan serta membantu populasi keberagaman ikan tetap terjaga dan berkembang. Langkah ini dapat memastikan kegiatan memancing tetap menyenangkan bagi generasi pemancing di masa depan.

Nah, jika kamu baru mulai memancing, Jakmall punya koleksi peralatan pancing seperti rompi memancing, gulungan reel, jaring, dan peralatan memancing terlengkap lainnya dengan kualitas dan harga terbaik yang bisa kamu dapatkan.