Ragam Mouse dari Masa ke Masa

Mouse yang ada saat ini telah mengalami banyak perkembangan baik dari segi desain, ukuran, bahkan teknologi.

Ragam Mouse dari Masa ke Masa
Image Source: Jakmall

Mouse merupakan salah satu tools yang wajib dimiliki bagi Anda pengguna komputer atau laptop. Ini dikarenakan mouse merupakan alat utama untuk mengontrol penuh seluruh perintah kerja di komputer ataupun laptop. Membuka folder, menjalankan aplikasi, scrolling layar adalah sebagian dari beragam fungsi yang dapat dilakukan oleh mouse.

Mouse saat ini telah mengalami banyak perkembangan baik dari segi desain, ukuran, bahkan teknologi. Yuk, kita kulik perkembangan mouse dari masa ke masa di dalam artikel ini.

1. Mouse Trackball

Di era 90-an, Anda tidak akan menemukan mouse dengan model infrared, apalagi dengan lampu RGB ala mouse gaming. Mouse era jadul ini masih menggunakan trackball untuk menggerakan kursor yang ada di komputer. Ukurannya juga terbilang lebih besar daripada mouse yang ada saat ini, sehingga genggamannya pun bisa dibilang kurang ergonomis.

Sisi baiknya, mouse ini terbilang mudah diperbaiki, mengingat bagian trackballnya yang sering bermasalah. Trackballnya sendiri sangat mudah dibuka dan dipasang sehingga saat rusak, trackballnya bisa Anda ganti sendiri tanpa perlu membawanya ke tempat servis.

2. Mouse Optik

Mouse optik menjadi pengganti dari mouse trackball yang memiliki banyak kelemahan dari segi desain dan juga teknologinya. Mouse dengan model trackball dinilai kurang cocok digunakan untuk kebutuhan gaming kompetitif seperti game Counter Strike. Dengan perkembangan teknologi yang semakin meningkat, akhirnya trackball diganti menjadi sensor optik.

Sensor optik memberikan kenyamanan tersendiri karena lebih ringan dan enteng ketimbang mouse trackball. Sensor optik sendiri juga dinilai lebih awet dan tahan lama. Permasalahan pada bagian sensor optik sendiri jarang ditemukan. Mouse dengan model sensor optik ini lebih sering mengalami masalah pada bagian tombol, seperti double klik, tombol macet dan lainnya.

3. Mouse Wireless

Seiring berkembangnya teknologi di era digital, mouse juga mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Mouse mulai mengadopsi teknologi wireless yang mengandalkan gelombang frekuensi radio saat menghubungkannya pada komputer ataupun laptop. Dengan memasangkan dongle pada port USB, mouse wireless sudah bisa digunakan.

Anda tidak lagi direpotkan dengan masalah kabel yang melilit saat menggunakan mouse wireless ini. Sangat praktis dan mudah dibawa sehingga cocok untuk kebutuhan kantor ataupun bermain game. Karena mengandalkan dongle USB, Anda harus menyimpannya dengan hati-hati jangan sampai dongle tersebut hilang karena mouse tidak akan berfungsi saat dongle mouse tidak terpasang pada laptop ataupun komputer.

***
Itulah ragam mouse dari masa ke masa. Mulai dari menggunakan trackball hingga mouse tanpa kabel. Seiring berkembangnya zaman, bisa jadi kedepannya mouse akan hadir dengan teknologi yang lebih mumpuni. Mari kita nantikan bersama!