Ragam Olahraga yang Bisa Anda Lakukan di dalam Rumah, Hemat Biaya Tanpa Budget Besar

Sekarang tidak ada alasan untuk tidak berolahraga. Yuk, jaga tubuh dengan bugar tanpa perlu keluar rumah!

Ragam Olahraga yang Bisa Anda Lakukan di dalam Rumah, Hemat Biaya Tanpa Budget Besar
Photo by Samantha Gades / Unsplash

Bagi sebagian orang, olahraga mungkin sangat sulit dilakukan. Entah karena berbagai macam halangan, seperti masalah waktu, fisik yang tidak fit dan rasa mager yang menghantui. Padahal, olahraga memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan tubuh. Orang yang rutin melakukan olahraga cenderung terhindar dari berbagai penyakit sehingga kalangan dokter sangat menyarankan untuk meluangkan waktu untuk berolahraga.

Alasan lain yang sering membuat banyak orang malas berolahraga adalah karena tidak ingin menguras dompet ke tempat gym. Sebagian orang bahkan tidak nyaman berolahraga di luar rumah. Sebenarnya, banyak ragam olahraga yang bisa Anda lakukan. Berikut jenis olahraga yang bisa Anda lakukan saat berada di dalam rumah tanpa mengeluarkan budget ekstra.

1. Senam Yoga

Image Source: Jakmall

Senam yoga kini merupakan salah satu tren olahraga yang banyak digemari baik bagi kawula muda ataupun tua karena gerakan yoga yang cenderung dapat dilakukan oleh seluruh kalangan. Berbagai macam gerakan yoga bisa Anda lakukan di dalam rumah seperti plank, tadasana dan lainnya. Tanpa alat tambahan pun Anda bisa melakukan yoga di mana saja bahkan di dalam kamar.

Meski demikian, Anda bisa menambahkan matras saat ingin melakukan yoga. Dengan matras yang lembut, pijakan kaki jadi lebih nyaman. Saat dalam posisi duduk, matras akan memberikan kenyamanan lebih dibandingkan tidak beralas sama sekali atau langsung menginjak lantai. Matras yoga berbagai ukuran tersedia di Jakmall.com. Anda bisa memilih warna dan ukuran yang pas untuk kamar ataupun ruangan Anda di rumah.

2. Sit Up/Push Up

Image Source: Jakmall

Olahraga kedua ini sudah tidak asing lagi didengar. Sit up dan push up merupakan gerakan dasar yang sudah diajarkan bahkan di sekolah dasar. Meski begitu, masih banyak dari kita yang sulit untuk melakukannya. Bukan karena gerakannya yang sulit, tetapi karena diri sendiri yang belum mau melakukannya.

Padahal, melakukan sit up dan push up secara rutin memiliki banyak manfaat seperti menjaga kesehatan jantung, meregangkan otot, membentuk postur tubuh yang ideal termasuk bagian perut. Sama seperti senam yoga, sit up dan push up juga dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Anda juga dapat menghemat pengeluaran karena gerakan ini umumnya bisa dilakukan tanpa alat tambahan.

3. Pull up

Image Source: Unsplash

Apabila Anda ingin mencari jenis olahraga bisa dilakukan setiap hari tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan, latihan pull up ini bisa Anda lakukan. Gerakan pull up dapat melatih otot tangan, punggung dan bahu. Meski demkian, olahraga yang satu ini mungkin akan sulit dilakukan karena membutuhkan tenaga yang cukup ekstra untuk dapat menahan berat badan. Tapi, apa salahnya Anda mencobanya di rumah karena olahraga ini akan membuat Anda semakin sehat.

Apabila Anda ingin melakukan pull up tetapi tidak ada tumpuan yang pas di dalam rumah, Anda bisa menggunakan alat bantu tumpuan yang tersedia di Jakmall.com. Harganya sangat terjangkau, tidak lebih dari biaya uang makan Anda selama seminggu tentunya.

Jual TaffSPORT Tiang Latihan Pull Up Pintu Solid Grip 62-100cm -
Yoga & Fitness TaffSPORT Tiang Latihan Pull Up Pintu Solid Grip 62-100cm - HW139501 harga Rp 52.100 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

4. Angkat Beban

Image Source: Unsplash

Solusi mengencangkan otot tangan dengan cara yang tidak rumit dapat dilakukan melalui gerakan angkat beban. Tidak perlu pergi ke gym untuk melakukan aktivitas yang satu ini. Anda hanya perlu mengangkat beban secara rutin dengan bantuan barbel. Barbel sendiri terdiri dengan berbagai varian bobot yang berbeda.

Apabila Anda ingin memulainya, Anda bisa memulai mengangkat barbel dengan berat yang ringan terlebih dahulu, misalnya di kisaran beban 1-2 kg. Anda juga bisa membuat barbel handmade sendiri dengan material coran semen dan tumpuannya berbahan besi atau baja.

***
Itulah ragam olahraga yang bisa Anda lakukan di rumah tanpa biaya yang menguras kantong. Dengan olahraga teratur, dijamin tubuh akan selalu dalam keadaan yang fresh dan jauh dari berbagai penyakit. Oleh karena itu, lakukanlah olahraga secara rutin di dalam rumah mulai dari sekarang!