Smartwatch: Jam Tangan Pintar Serba Bisa untuk Beragam Kegiatan Olahraga

Smartwatch terkini menghadirkan segudang fitur olahraga, seperti stopwatch hingga merekam data berbagai aktivitas olahraga Anda.

Smartwatch: Jam Tangan Pintar Serba Bisa untuk Beragam Kegiatan Olahraga
Image Source Unsplash

Smartwatch kini menjadi sebuah aksesoris yang trend di kalangan banyak orang. Tidak hanya sebagai fashion semata, jam tangan ini memiliki berbagai fitur menarik yang dapat menunjang kegiatan olahraga. Smartwatch terkini menghadirkan segudang fitur olahraga, seperti stopwatch hingga merekam data berbagai aktivitas olahraga Anda. Apa saja fitur-fitur yang ditawarkan oleh smartwatch? Berikut penjelasannya.

Merekam Kegiatan Olahraga Secara Real Time

Anda tentu ingin tau kan berapa banyak langkah kaki yang sudah dilakukan? Berapa jarak yang sudah ditempuh? Atau berapa banyak kalori yang terbakar saat berlari? Semua data yang ingin Anda ketahui tersebut terekam dengan baik pada jam tangan pintar yang Anda gunakan.

Dengan data-data tersebut Anda bisa menetapkan target-target capaian yang Anda ingin raih. Misalnya, Anda dapat membuat target 10.000 langkah dalam seminggu. Apabila telah mencapai target tersebut, smartwatch akan memberi notifikasi terhadap capaian Anda.

Image Source: Jakmall

Dengan adanya target yang dicapai, maka Anda bisa lebih bersemangat saat berolahraga. Tidak hanya berlari saja, aktivitas olahraga lainnya seperti bermain basket, sepak bola, bersepeda juga mampu dihadirkan datanya dengan sangat baik menggunakan smartwatch.

Hampir semua smartwatch memiliki fitur sinkronisasi terhadap smartphone sehingga beragam data terkait aktivitas olahraga dapat diakses di smartphone dengan data yang lebih detail. Bagi Anda yang ingin memulai langkah awal untuk berolahraga rutin, memiliki smartwatch adalah pilihan yang tepat.

Menganalisa Pola Tidur

Image Source: nosleeplessnights.com

Berolahraga pada hakikatnya bertujuan agar tubuh dapat terjaga kesehatannya, terhindar dari berbagai penyakit, serta selalu dalam kondisi segar dan fit. Agar tujuan tersebut tercapai, olahraga juga harus diimbangi dengan makan makanan yang sehat serta mengatur pola tidur yang teratur.

Smartwatch terkini sebagian besar sudah dilengkapi dengan fitur sleep tracker. Fitur ini akan memungkinkan smartwatch untuk menganalisa waktu tidur Anda. Sebagai catatan, smartwatch harus tetap digunakan selama waktu tidur. Tampilan sleep tracker di setiap smartwatch bisa saja berbeda, tetapi pada dasarnya memiliki fungsi yang sama untuk menganalisa tidur Anda.

Mengukur Oksigen dalam Darah/Blood Oxygen

Image Source: Jakmall

Oksigen dalam darah juga merupakan salah satu parameter penting untuk memeriksa kesehatan tubuh Anda, terlebih saat pandemi Covid-19 melanda. Saat oksigen dalam darah menunjukkan angka di bawah 95%, berarti ada masalah yang terjadi pada kesehatan Anda, segeralah menuju dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Fitur blood oxygen pada smartwatch juga dapat Anda gunakan untuk mengukur secara rutin oksigen dalam darah Anda. Meski tidak bisa dijadikan acuan medis, fitur blood oxygen ini bisa Anda gunakan baik sebelum maupun setelah berolahraga untuk memeriksa rutin kadar oksigen dalam darah.

Tekanan Darah/Blood Pressure

Image Source: Jakmall

Merasa pusing karena terlalu banyak makan makanan berkolesterol? Bisa jadi karena Anda sedang mengalami tekanan darah tinggi. Smartwatch juga memiliki fitur blood pressure untuk mengukur tekanan darah tinggi Anda dengan cepat. Meski tidak seakurat tensimeter yang biasa digunakan oleh dokter di rumah sakit, fitur ini bisa andalkan untuk pengecekan dini saat Anda mengalami gejala tekanan tinggi.

Olahraga menjadi aktivitas penting agar Anda terhindar dari berbagai penyakit, termasuk tekanan tinggi. Dengan olahraga secara rutin serta menjaga pola asupan makanan yang baik, niscaya kesehatan akan selalu Anda peroleh setiap hari. Gunakan smartwatch tidak hanya untuk pengecekan tekanan darah semata, melainkan agar Anda dapat giat berolahraga.

Denyut Jantung/Heart Rate

Image Source: Jakmall

Fitur yang satu ini melengkapi fitur olahraga yang terdapat pada smartwatch. Dengan fitur heart rate, Anda bisa memeriksa denyut jantung secara berkala. Tentunya fitur ini sangat berguna karena denyut jantung sebelum atau sesudah berolahraga pasti memiliki angka yang berbeda dan bisa dijadikan acuan untuk mengatur pola olahraga yang baik sesuai kondisi tubuh Anda.

Notifikasi

Image Source: Jakmall

Yang tak kalah hebatnya, smartwatch memiliki fitur sinkronisasi. Dengan ini, Anda dapat menghubungkan fitur notifikasi smartwatch ke smartphone Anda. Nantinya, notifikasi yang masuk ke smartphone juga dapat Anda akses melalui layar smartwatch, termasuk notifikasi panggilan masuk telepon. Beberapa smartwatch juga mendukung pemutaran lagu via smartwatch sehingga Anda tidak perlu lagi mengeluarkan smartphone saat ingin mengganti playlist musik.

Demikian beragam fitur yang dimiliki oleh smartwatch agar Anda dapat lebih semangat untuk berolahraga. Dengan berolahraga rutin, tidak hanya kesehatan saja yang Anda dapatkan, lekuk tubuh yang ideal juga bisa Anda peroleh untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda.