6 Tema Karnaval 17 Agustus yang Unik dan Menarik

Bingung mencari ide untuk tema karnaval 17 Agustus? Tak perlu bingung lagi karena kamu bisa menemukan idenya lewat artikel berikut

6 Tema Karnaval 17 Agustus yang Unik dan Menarik
Image Source: 99.co

Peringatan hari kemerdekaan setiap 17 Agustus merupakan momen yang paling dinanti oleh seluruh masyarakat Indonesia. Salah satu alasannya adalah banyak kegiatan, seperti upacara bendera, lomba, hingga karnaval yang seru untuk diikuti.

Setiap tahunnya, terdapat banyak tema karnaval 17 Agustus yang bisa digunakan untuk memeriahkan perayaan hari penting ini. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, semua golongan masyarakat antusias untuk menunjukkan kreasi terbaiknya di hari karnaval.

Ide Tema Karnaval 17 Agustus yang Unik dan Menarik

Tema karnaval ini tentunya tidak jauh dari hal-hal yang menjadi identitas bangsa Indonesia. Berikut beberapa tema karnaval 17 Agustus yang bisa kamu gunakan sebagai inspirasi untuk memeriahkan perayaan kemerdekaan di sekolah, kampung, atau instansi.

1. Semangat Kemerdekaan Merah Putih

Semangat Kemerdekaan Merah Putih
Image Source: Wonderful Indonesia

Untuk ide kostum atau dekorasi tema karnaval 17 agustus yang satu ini, peserta diwajibkan untuk menggunakan kostum, aksesoris, atau dekorasi lainnya dengan paduan warna merah dan putih.

Peserta dibolehkan menggunakan berbagai kostum yang unik dan menarik asalkan mengandung warna merah dan putih. Peserta bahkan dibolehkan untuk menggunakan aksesoris lainnya agar tampil lebih menarik, mulai dari selendang, topeng, hiasan rambut, hingga properti lainnya.

Peserta dengan ide kostum yang paling unik dan menarik akan menjadi pemenangnya.

2. Mengenang Jasa Pahlawan

Mengenang Jasa Pahlawan
Image Source: InfoPublik

Tema karnaval 17 Agustus yang satu ini mengajak para peserta untuk menggunakan kostum pahlawan Indonesia.

Ada banyak pahlawan yang berjuang untuk kemerdekaan Indonesia. Pemilihan tema ini dilakukan untuk mengenang jasa para pahlawan serta menumbuhkan semangat juang untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

Jual Karsah Setrika Uap Mini Steamer Ironing Handheld 50ml -
Setrika Karsah Setrika Uap Mini Steamer Ironing Handheld 50ml - HX-6168 harga Rp 75.500 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Peserta bisa menggunakan kostum pahlawan dari daerah mereka masing-masing atau menggunakan kostum pahlawan idola mereka. Tema ini juga dapat membantu anak-anak untuk lebih mengenal pahlawan Indonesia.

3. Bhineka Tunggal Ika

Bhineka Tunggal Ika
Image Source: Dinas Kominfo Jateng

'Bhineka Tunggal Ika' merupakan semboyan yang menggambarkan keberagaman budaya, suku, agama, dan ras yang menyatu dalam satu kesatuan bangsa Indonesia.

Ingin menggambarkan indahnya perbedaan di Indonesia, peserta karnaval akan menggunakan baju daerah masing-masing yang mewakili keberagaman budaya.

Peserta juga bisa menambahkan berbagai aksesoris atau properti yang meriah agar terlihat semakin unik dan tidak monoton.

4. Pendekar Legenda Indonesia

Pendekar Legenda Indonesia
Image Source: Detik

Salah satu tema unik yang bida dijadikan inspirasi saat mengadakan karnaval 17 Agustus adalah pendekar pada legenda Indonesia. Pendekar yang dimaksud biasanya merupakan salah satu karakter yang ada dalam cerita legenda pada masa kerajaan Indonesia dahulu kala.

Jual RADYSA Set Alat Jahit RANDOM
Alat Jahit RADYSA Set Alat Jahit RANDOM harga Rp 29.000 dikirim dari Tangerang, Banten. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Peserta bisa menggunakan kostum pendelar dari berbagai cerita atau sejarah, mulai dari Prabu Siliwangi, Sultan Agung, Gajah Mada, Gatotkaca, Arjuna, hingga Si Pitung.

5. Ragam Profesi

Ragam Profesi
Image Source: About Malang

Tema karnaval 17 Agustus selanjutnya adalah ragam profesi di mana peserta akan menggunakan kostum berbagai profesi yang ada di Indonesia seperti guru, polisi, pilot, TNI, dokter, petani, penambang, dan profesi lainnya.

Tema ini menunjukkan keberagaman profesi yang ada di Indonesia dan menghargai jasa-jasa yang dilakukan setiap profesi untuk membantu Indonesia lebih maju dan berkembang.

6. Daur Ulang Selamatkan Lingkungan

Daur Ulang Selamatkan Lingkungan
Image Source: Berita Bwi

Tema yang satu ini jadi kesempatan yang luar biasa untuk mengedukasi dan mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.

Tema 'Daur Ulang Selamatkan Lingkungan' juga dapat menjadi platform untuk mengajak orang-orang untuk berpartisipasi aktif dalam mengurangi limbah dan mendaur ulang barang-barang yang dapat diperbaharui.

Jual Joybos Pompa Tas Vakum Penyimpanan Pakaian Vacuum Bag Pump
Travel Organizer Joybos Pompa Tas Vakum Penyimpanan Pakaian Vacuum Bag Pump - JB70 harga Rp 6.900 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Peserta karnaval bisa mengenakan kostum-kostum yang terbuat dari bahan-bahan daur ulang seperti kertas bekas, plastik, kain bekas, dan lain-lain. Kostum-kostum ini dapat mencerminkan karakter-karakter ramah lingkungan seperti pohon, binatang, dan benda-benda daur ulang lainnya.

Peserta juga bisa membuat float atau kendaraan hias yang mengangkat tema daur ulang dan perlindungan lingkungan. Gunakan bahan-bahan daur ulang dan tampilkan pesan-pesan yang mengajak orang-orang untuk lebih peduli terhadap kebersihan dan kesehatan lingkungan.

Itu dia beragam tema karnaval 17 Agustus yang bisa menjadi ide untuk menyelenggarakan karnaval di sekolah, lingkungan rumah, atau instansi.

Melalui konsep yang kreatif dan inovatif, karnaval menjadi sarana yang luar biasa untuk menyampaikan pesan-pesan penting, mendidik, dan menghibur masyarakat.