Tips Memilih Kepala Charger yang Wajib Anda Ketahui

Mempertimbangkan beberapa aspek selain harga saat membeli kepala charger akan membuat penggunaannya semakin optimal.

Tips Memilih Kepala Charger yang Wajib Anda Ketahui
Image Source: Unsplash

Kepala charger atau adapter charger merupakan salah satu komponen penting untuk mengisi daya smartphone. Namun, keputusan untuk membeli sebuah kepala charger tidak bisa dilakukan semata-mata karena harganya yang murah.

Agar tidak salah dalam membeli, berikut tips-tips yang dapat Anda perhatikan agar kepala charger yang Anda beli dapat digunakan untuk mengisi daya smartphone Anda dengan aman dan cepat.

1. Perhatikan Proteksi Kelistrikan

Image Source: Jakmall

Poin yang satu ini wajib Anda perhatikan saat ingin membeli kepala charger. Pastikan kepala charger yang Anda ingin beli memiliki proteksi berlapis terhadap kelistrikan, seperti overcharge protection, overcurrent protection, undervoltage protection, short circuit protection dan lainnya.

Dengan hadirnya fitur proteksi ini, mengisi daya jadi lebih aman dari masalah konsleting yang tidak hanya menyebabkan kerusakan pada komponen smartphone di dalamnya, tetapi juga dapat memicu terjadinya percikan api yang dapat menyebabkan kebakaran.

2. Perhatikan Fitur Pengisian Cepat

Image Source: Jakmall

Mengisi daya smartphone berjam-jam lamanya tetapi tidak juga terisi penuh tentunya menjengkelkan. Oleh karena itu, pilih kepala charger yang dilengkapi dengan fitur pengisian cepat.

Biasanya, fitur pengisian cepat ditandai dengan simbol atau tulisan QC 3.0 alias quick charge yang berarti kepala charger ini mendukung pengisian cepat. Selain memperhatikan hal tersebut, Anda juga harus memperhatikan daya dan nilai arusnya. Semakin tinggi daya dan arusnya, maka semakin cepat pula proses suplai daya ke smartphone Anda.

Anda juga harus memperhatikan spesifikasi smartphone Anda. Apabila smartphone Anda tidak mendukung pengisian daya cepat, maka kepala charger dengan daya yang tinggi sekalipun tidak akan bisa mengisi baterai smartphone Anda dengan efisien.

3. Pilih Kompatibilitas yang Luas

Image Source: Jakmall

Apabila Anda memiliki 2 jenis smartphone atau kabel charger yang berbeda, ada baiknya untuk mempertimbangkan kepala charger yang memiliki 2 atau 3 jenis port. Hal ini tentunya dapat menghemat budget Anda karena tidak perlu lagi membeli kepala charger yang berbeda untuk setiap smartphone.

Salah satu kepala charger yang bisa andalkan yaitu kepala charger keluaran Mcdodo. Kepala charger ini memiliki 2 port berbeda, yakni USB dan USB type C. Dengan begitu, Anda bisa mengisi daya smartphone dengan memasang kabel pada port USB. Anda juga bisa menggunakan port type C jika plug input kabel charger Anda berjenis USB type C.

***
Itulah beberapa hal yang patut dipertimbangkan saat ingin membeli kepala charger. Yang paling utama saat memilih kepala charger adalah fitur proteksi berlapis agar kepala charger lebih aman untuk digunakan. Barulah setelah itu Anda bisa mempertimbangkan kepala charger dengan fitur pengisian cepat atau quick charge dan ketersediaan jenis portnya.