Tips Memilih Monitor agar Tidak Salah Membeli, Pertimbangkan Hal-Hal Ini

Memilih monitor yang pas sangat penting untuk memaksimalkan pengalaman visual Anda dalam menggunakan monitor sehari-hari, baik untuk kebutuhan kerja, menonton film, editing video, atau bahkan bermain game.

Tips Memilih Monitor agar Tidak Salah Membeli, Pertimbangkan Hal-Hal Ini
Image Source: Freepik

Monitor merupakan salah satu alat yang tidak terpisahkan dari sebuah komputer atau PC. Monitor tidak hanya digunakan untuk kebutuhan kerja semata, tetapi juga digunakan untuk kebutuhan bermain game ataupun melakukan editing video.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih monitor yang tepat sesuai kebutuhan Anda karena monitor untuk kebutuhan gaming atau editing memiliki jenis dan spesifikasi yang berbeda. Sebelum berniat untuk membeli sebuah monitor, ada baiknya Anda memperhatikan tips memilih monitor berikut ini.

Resolusi Layar

Hal pertama yang harus Anda perhatikan saat memilih sebuah monitor adalah dengan melihat spesifikasi resolusi layar. Resolusi layar akan sangat menentukan kualitas tampilan pada monitor.

Semakin tinggi resolusi layar, maka semakin tajam dan detail tampilan gambar pada monitor. Resolusi tampilan monitor yang dijual di pasaran saat ini memiliki ragam dan variasi mulai dari 720p, 1080p, 4K hingga 8K. Semakin tinggi resolusi pada sebuah monitor, semakin mahal pula harga yang ditawarkan.

Oleh karena itu, sesuaikan budget Anda saat ingin membeli sebuah monitor. Apabila budget yang Anda miliki terbatas, memilih monitor dengan resolusi 1080p saja sudah cukup baik untuk kebutuhan kerja sehari-hari, ataupun bermain game.

Refresh Rate

Bagi Anda seorang gamer yang ingin membeli monitor untuk kebutuhan bermain game, terutama game FPS (First-person shooter), Anda harus memperhatikan hal yang satu ini. Pasalnya, refresh rate akan sangat mempengaruhi kenyamanan Anda saat bermain.

Apabila Anda memilih monitor dengan refresh rate yang rendah, maka jangan kaget jika saat bermain Anda merasakan banyak masalah, seperti pergerakan yang tidak smooth dan memiliki delay. Oleh karena itu, memilih monitor dengan refresh rate yang tinggi adalah sebuah keharusan bagi Anda yang mengedepankan kenyamanan saat bermain.

Namun yang harus Anda perhatikan, refresh rate yang tinggi berbanding lurus dengan harga yang ditawarkan. Semakin tinggi refresh rate yang disematkan pada sebuah monitor, maka semakin mahal pula harga monitor yang ditawarkan.

Jenis Panel

Jenis panel yang digunakan pada monitor mempengaruhi kualitas gambar, kontras, dan kecepatan respons. Ada tiga jenis panel yang paling umum digunakan pada monitor, yakni panel TN, panel IPS, dan panel VA.

Panel TN biasanya lebih murah, memiliki kecepatan respons yang lebih cepat, tetapi memiliki sudut pandang yang lebih terbatas dan kurang akurat dalam warna. Panel VA memiliki kontras yang lebih tinggi dan warna yang lebih akurat dibandingkan dengan panel TN, tetapi kecepatan respons yang lebih lambat dan harga yang lebih mahal daripada panel TN.

Panel IPS memberikan warna yang lebih akurat dan sudut pandang yang lebih luas, tetapi memiliki kecepatan respons yang lebih lambat dan lebih mahal. Karena tampilan warnanya yang lebih akurat dibanding dengan panel lainnya, layar dengan panel IPS sering digunakan untuk kebutuhan editing video.

Jual Xiaomi Mi Curved Gaming Monitor 34 Inch Ultra Wide 144Hz
Monitor Xiaomi Mi Curved Gaming Monitor 34 Inch Ultra Wide 144Hz FreeSync WQHD harga Rp 4.699.000 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Itulah beberapa tips memilih sebuah monitor agar Anda tidak salah membeli dan menyesal di kemudian hari. Memilih monitor yang pas sangat penting untuk memaksimalkan pengalaman visual Anda dalam menggunakan monitor, baik untuk kebutuhan kerja, menonton film, editing video, atau bahkan bermain game. Dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut, maka Anda dapat memilih monitor yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.