Tips Memilih USB Hub yang Tepat untuk Penggunaan Sehari-hari

Memilih USB hub yang tepat bukan hanya sekedar banyaknya jumlah port USB, tetapi juga perihal kecepatan transfer data.

Tips Memilih USB Hub yang Tepat untuk Penggunaan Sehari-hari
Image Source: Jakmall

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan USB hub, sebuah perangkat yang sangat berguna untuk mengatasi keterbatasan port USB pada laptop atau komputer. Namun, memilih USB hub yang tepat bisa menjadi sebuah tantangan tersendiri. Oleh karena itu, beberapa tips berikut bisa Anda lakukan sebelum membeli USB hub yang Anda butuhkan. Berikut tips memilih USB Hub yang tepat untuk penggunaan sehari-hari.

Tentukan Jumlah Port yang Dibutuhkan

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan saat membeli USB hub adalah mengenai berapa banyak port USB yang dibutuhkan. Apakah hanya satu atau dua port tambahan atau mungkin lebih dari itu?

Apabila Anda hanya membutuhkan 2 atau 3 port tambahan, pilihlah USB hub yang memiliki 3 hingga 4 port saja karena semakin banyak port yang tersedia pada sebuah USB hub, semakin mahal pula harganya. Dengan memilih jumlah port sesuai kebutuhan, Anda bisa memangkas biaya yang dikeluarkan.

Dust Plug Cover 

Plug bebas dari kotoran dan debu.

Temukan Produk Dust Plug Cover Disini

Port USB pada USB hub yang tidak terpakai bisa saja mengalami kerusakan meski tidak digunakan karena port USB yang tidak terpakai rentan kotor dan berdebu. Apabila Anda tetap ingin membeli USB hub dengan jumlah port yang banyak, pertimbangkan juga untuk menyediakan dust plug cover agar USB port yang tidak terpakai terlindungi dengan sempurna dari kotoran dan debu.

Pertimbangkan Kecepatan Transfer Data

Kecepatan transfer data merupakan salah satu hal yang penting untuk dipertimbangkan saat memilih USB hub. Saat ingin membeli sebuah USB hub, pilihlah yang memiliki kecepatan transfer data yang tinggi agar proses transfer data dapat selesai dengan cepat tanpa memakan banyak waktu.

Pilih lah USB hub yang sudah memiliki port USB 3.0 atau USB 3.1 karena kedua jenis port USB tersebut mendukung transfer data berkecepatan tinggi. Meskipun begitu, Anda harus mempertimbangkan juga budget yang Anda miliki karena USB hub dengan port 3.0 dan 3.1 ini memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan port USB 2.0.

Pilih Port USB Bervariasi

Jangan hanya mempertimbangkan jumlah port saja, perhatikan juga jenis port yang tersedia pada produk USB hub. Pilih USB hub dengan port tambahan yang dapat memenuhi kebutuhan Anda, seperti port HDMI, LAN, dan USB Type C.

Dengan beragam port yang ada pada USB hub, Anda bisa menggunakannya sebagai cadangan jika sewaktu-waktu port LAN atau HDMI laptop atau komputer Anda rusak dan tidak dapat digunakan kembali.

Desain dan ukuran

USB hub kini bukan hanya sebuah slot tambahan untuk memenuhi kebutuhan Anda saat berada di depan laptop, tetapi juga penunjang tampilan meja kerja. Bagi Anda yang menginginkan sebuah USB hub dengan desain yang unik, Anda bisa melirik USB hub dari Baseus ini. Tidak seperti USB Hub pada umumnya yang memiliki bentuk memanjang, USB hub ini memiliki bentuk bulat sehingga tampak modern dan minimalis.

Jual Baseus USB Hub USB Type C to 3 x USB 2.0 + 1 x USB 3.0 -
USB Charger Baseus USB Hub USB Type C to 3 x USB 2.0 + 1 x USB 3.0 - CAHUB-G01 harga Rp 98.900 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Nah, itu dia beberapa tips untuk membeli USB hub yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memilih USB hub yang tepat. Penggunaan USB hub yang tepat dapat membuat pekerjaan Anda semakin efisien dan ringkas.