Kepala dan rambut sehat tanpa masalah

Selain wajah, sebaiknya juga kita memperhatikan kesehatan rambut dan kulit kepala. Sayangnya, kebanyakan orang terkadang malah menyepelekan kesehatan pada bagian tersebut. Padahal, ada berbagai masalah yang dapat timbul jika kamu tidak menjaga kulit kepala dan rambutmu dengan baik. Beberapa dari masalah tersebut adalah rambut berketombe dan kulit berminyak.

Apakah kamu ingin tahu bagaimana cara merawat kulit kepala dan rambutmu dengan baik? Berikut adalah 6 tips menjaga kulit kepala dan rambutmu supaya tetap sehat dan tanpa masalah versi Jakmall Blog.

1. Pola hidup sehat merupakan kunci penting menjaga kesehatan kulit kepala

Tips menjaga kulit kepala dan rambut agar sehat & berkilau | Source image: blog.mapmyrun.com

Tips menjaga kulit kepala agar tetap sehat pertama adalah melakukan pola hidup sehat. Pola yang dimaksud adalah memakan makanan bergizi, rajin berolahraga, dan tidur yang cukup. Jika kamu melakukan ketiga hal ini, kamu tidak hanya akan merasakan dampaknya pada kesehatan kepala saja. Tetapi, juga pada tubuhmu secara keseluruhan lho.

2. Pastikan kamu keramas dengan bersih dan teratur

Tips menjaga kulit kepala dan rambut agar sehat & berkilau | Source image: fashionfreak.blogspot.com

Jika kamu ingin sehat, tentunya kamu juga harus bersih terlebih dahulu. Oleh karena itu, kamu harus mencuci kepala dan rambutmu secara teratur. Biasanya, keramas satu hari sekali sudah cukup untuk menghilangkan minyak berlebih. Tetapi, jika kamu memiliki masalah seperti ketombe, kamu dapat berkeramas dua kali sehari.

Kamu juga patut memperhatikan jenis sampo yang akan digunakan. Seandainya kamu memiliki kulit kepala yang sensitif, disarankan kamu tidak menggunakan sampo dengan bahan alkohol atau sulfat. Bahan-bahan seperti ini dapat menyebabkan kulit kepalamu menjadi kering.

3. Tips menjaga kulit kepala dan rambut yang sering dihiraukan: Perawatan pra-keramas

Tips menjaga kulit kepala dan rambut agar sehat & berkilau | Source image: byrdie.com

Pra-keramas atau pre poo adalah perawatan yang dilakukan sebelum kamu keramas. Tujuannya adalah untuk mengontrol produksi minyak kulit kepala dan memberi perlindungan pada rambut dari bahan kimia. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir dengan penumpukan minyak dan kotoran, ketombe serta rambut rusak.

Tips menjaga kulit kepala ini biasanya menggunakan produk seperti sari cuka apel, perasan lemon yang dicampur air, dan produk scalp exfoliation scrub. Cara melakukannya juga cukup sederhana. Kamu hanya perlu memijat salah satu produk di kepalamu dan membiarkannya selama 10-15 menit sebelum keramas.

4. Gunakan produk alami seperti lidah buaya atau berbagai minyak alami

Tips menjaga kulit kepala dan rambut agar sehat & berkilau | Source image: faktualnew.co

Selain produk pra-keramas, ada beberapa bahan alami untuk merawat kulit kepala dan rambut setelah beraktivitas seharian. Bahan-bahan tersebut seperti minyak kelapa, minyak zaitun, dan lidah buaya yang sangat baik untuk kulit kepalamu. Setiap bahan ini juga bisa kamu dapatkan dengan mudah di pasaran.

Cara mengaplikasikannya bahan-bahan ini di kepalamu juga mudah. Cukup tuang beberapa tetes minyak di tanganmu dan pijat pada kepalamu dengan lembut. Dengan begitu, minyak tersebut akan meresap dengan baik.

5. Jangan menggunakan hair dryer atau pengering rambut dengan tenaga penuh

Tips menjaga kulit kepala dan rambut agar sehat & berkilau | Source image: popsugar.com

Menggunakan hair dryer atau blower yang terlalu panas juga tidak baik bagi kesehatan kulit kepala dan rambutmu. Penggunaan hair dryer yang panas dalam waktu lama dapat menyebabkan kerusakan rambut hingga efek overheating pada kepala. Oleh karena itu, gunakanlah hair dryer dalam tenaga kecil atau dengan angin yang hangat saja.

Lagi cari hair dryer murah? Cek saja di Jakmall.com, gratis ongkir lho!

6. Memberikan nutrisi pada rambut dengan menggunakan hair tonic

Tips menjaga kulit kepala dan rambut agar sehat & berkilau | Source image: br.pinterest.com

Hair tonic juga merupakan produk yang bisa digunakan untuk menjaga kulit kepala. Sama hal dengan perawatan kulit muka, hair tonic juga dapat digunakan sebelum tidur. Selain bermanfaat untuk rambut, produk ini juga menjaga kulit kepala agar tetap ideal untuk pertumbuhan rambut. Pemakaian hair tonic cukup dilakukan dua hingga tiga kali sehari setelah mencuci rambut.  

Inilah beberapa tips menjaga kulit kepala dan rambut kamu agar selalu sehat. Selalu ingat bahwa kesehatan kulit kepala dan rambut juga sama pentingnya dengan wajah dan bagian tubuh lainnya.  Semoga bermanfaat!


Perawatan rambut termurah hanya ada di Jakmall.com. Buruan beli di sini #PastiUntung

Artikel tips menarik lainnya ada di sini

Baca juga: Simak 7 Tips Bangun Pagi Biar Lebih Segar Bugar Sepanjang Hari