Bangun pagi ciptakan tubuh yang sehat

Bangun pagi merupakan salah satu kebiasaan yang sulit dilakukan oleh banyak orang, apalagi para pengidap insomnia atau susah tidur. Selain itu, dengan adanya tuntutan seperti kerja dan sekolah, berbagai tips untuk bangun pagi selalu dicari. Apakah kamu sendiri kesusahan untuk bangun pagi, Jakmallers?

Jika jawabanmu iya, maka simak rangkuman tips bangun pagi ala Jakmall Blog di bawah ini! Dengan melakukan cara-cara ini, dijamin kamu bisa menjadi morning person yang segar bugar ketika bangun pagi!

1. Cari dorongan atau motivasi agar ingin bangung pagi

Tips bangun pagi biar lebih segar bugar | Source image: pinterest.com

Tips bangun pagi yang terpenting ketika berusaha untuk bangun lebih awal adalah mencari dorongan atau motivasi. Jika kamu tidak memiliki alasan kuat untuk bangun pagi, pasti tidak akan ada komitmen mencobanya. Oleh karena itu, carilah motivasi yang bisa membuatmu terdorong untuk bangun lebih awal. Seperti, ingin berolahraga sebelum pergi kerja, ingin melakukan pekerjaan agar cepat selesai atau mungkin tidak ingin terlambat sarapan.

2. Tidur lebih awal merupakan tips bangun pagi tanpa ngantuk di keesokan hari

Tips bangun pagi biar lebih segar bugar | Source image: lifesavvy.com

Cara ampuh lainnya untuk bangun pagi dengan segar tentunya adalah mencoba tidur lebih awal. Mula-mula, kamu dapat memulai untuk tidur 15-30 menit lebih cepat dari biasanya. Setelah itu, kamu percepat lagi waktu tidurmu setiap dua hari atau per minggu. Dengan cara ini, kamu sedang membiasakan tubuhmu untuk tidur lebih cepat.

Dalam tubuh manusia, ada sebuah jam biologis yang mengatur waktu tidur yang dinamakan circadian rhythm. Biasanya, kita akan mulai merasa ngantuk pada jam 11 ke atas sehingga kita sudah dapat tidur. Tetapi jam ini bisa terganggu jika kita memiliki kebiasaan seperti begadang. Oleh karena itu, jika ingin circadian rhythm-mu kembali seperti semula, kamu harus mulai untuk tidur lebih awal!

Dapatkan jam weker nyaring dengan diskon terbesar di Jakmall.com

3. Lakukan usaha bangun lebih awal secara perlahan tetapi bertahap

Tips bangun pagi biar lebih segar bugar | Source image: pronamel.us

Untuk dapat bangun tidur lebih pagi kamu perlu membuatnya menjadi sebuah kebiasaan terlebih dahulu. Dengan begitu, circadian rhythm-mu akan secara perlahan diperbaiki. Cara ini terbukti lebih efektif dibanding kamu mencoba untuk memaksakan diri bangun secara paksa.

Jika kamu biasanya bangun jam 7 dan ingin misalkan bangun jam 6, kamu bisa mulai menyetel alarm lebih cepat 15 menit dari biasanya. Jadi, hari pertama kamu bangun jam 6.45. Hari kedua jam 6.30 dan seterusnya. hingga kamu mencapai targetmu.

4. Hindari makanan dan minuman pedas, berlemak, atau mengandung kafein sebelum tidur

Tips bangun pagi biar lebih segar bugar | Source image: thehealthy.com

Tahukah kamu? Mengkonsumsi makanan dan minuman sebelum tidur sangat berpengaruh pada mood saat bangun. Oleh karena itu, kita tidak dianjurkan untuk makan atau minum air selain air putih sebelum tidur. Jenis minuman yang harus dijauhi sebelum tidur adalah kopi dan teh. Kenapa? karena kopi dan teh mengandung Kafein yang  merangsang kinerja otak sehingga membuat kamu tetap waspada dan tidak kelelahan.

Selain itu, makanan yang harus dihindari adalah makanan yang berlemak dan pedas. Kedua makanan ini akan membuat perutmu tidak nyaman pada saat tidur dan bangun nanti. Hal ini terjadi karena makanan tersebut akan membuat asam lambung naik sehingga dapat perutmu tidak terasa enak.

5. Buat suasana kamar yang nyaman untuk tidur, tips bangun pagi supaya mood lebih bagus

Tips bangun pagi biar lebih segar bugar | Source image: sbkliving.com

Kondisi kamar dan tempat tidur juga sangat berpengaruh pada mood kamu saat bangun. Kamar tidur yang optimal adalah kamar yang memiliki cahaya redup saat malam, tetapi tetap mendapat sinar matahari saat pagi. Agar bisa mendapatkan kedua hal ini, kamu bisa menggunakan lampu tidur dan tirai putih di jendela. Ada baiknya juga kamu tidak menatap layar smartphone sebelum tidur karena cahaya tersebut akan mencegah kamu untuk tidur.

Di sisi lain, tempat tidur yang digunakan juga harus nyaman. Kasur tidur yang baik adalah kasur yang empuk sehingga dapat menopang tulang punggungmu. Kamu juga bisa gunakan bantal yang tidak terlalu tinggi maupun rendah sehingga lehermu akan terasa lebih nyaman.

Cek perlengkapan tidur yang nyaman terbaik dan termurah di sini

6. Setel alarm yang keras dan taruh di tempat yang jauh

Tips bangun pagi biar lebih segar bugar | Source image: businessinsider.com

Tidak ada yang lebih menyebalkan daripada bunyi alarm di pagi hari bukan? Tetapi, kebanyakan akan menaruh alarm tersebut pasti dekat dengan tempat tidur. Pada tips bangun pagi ini, kamu harus mencoba menahan rasa kesalmu dengan meletakkan alat tersebut jauh dari tempat tidur. Dengan begitu, kamu akan terlatih untuk terpaksa bangun dan bergerak untuk mematikannya. Tetapi, perlu diingat bahwa alarm harus terdengar jelas walaupun jauh.

7. Lakukan aktivitas ringan seperti membaca, yoga, dan meditasi sebelum terlelap

Tips bangun pagi biar lebih segar bugar | Source image: runnersworld.com

Melakukan aktivitas ringan dapat membuat tubuhmu lebih rileks sebelum tidur. Olahraga ringan seperti yoga terbukti dapat meningkatkan kualitas tidurmu. Jika kamu ingin mandi setelah olahraga yogamu, gunakanlah air hangat. Selain itu, kegiatan membaca atau meditasi juga bisa meringankan tubuh sehingga kamu akan lebih mudah tertidur. Lakukanlah aktivitas ringan ini dengan teratur tiap malam dan rasakan perbedaannya!

Itulah 7 tips bangun pagi ala Jakmall Blog supaya kamu dapat bangun dengan tubuh segar dan mood yang baik. Ingat selalu bahwa kebiasaan tersebut hanya dapat diubah mulai dari dirimu sendiri. Good luck!


Perlu alat yoga supaya tidur lebih nyenyak? Cek segala keperluan yoga dan fitness di sini

Cari artikel informatif lainnya? Cek di sini

Baca juga: Ini 4 Cara Menghadapi Penderita Alzheimer yang Sesuai Anjuran