Simak 9 Tips Mudik Naik Kereta Api untuk Perjalanan yang Nyaman

Untuk meningkatkan kenyamanan selama mudik, ikuti tips mudik naik kereta api berikut ini, yuk!

Simak 9 Tips Mudik Naik Kereta Api untuk Perjalanan yang Nyaman
Image Source: Pexels/veerasak Piyawatanakul

Hari Raya Idul Fitri semakin dekat! Mendekati Hari Raya Idul Fitri, biasanya masyarakat Indonesia melakukan tradisi tahunan menjelang hari raya yaitu mudik. Tradisi mudik merupakan bagian penting dari budaya masyarakat Indonesia, di mana orang-orang akan melakukan perjalanan jauh untuk bertemu dengan keluarga dan kerabat serta merayakan momen Idul Fitri bersama.

Mudik biasanya dilakukan menggunakan berbagai moda transportasi mulai dari mobil, motor, kapal, pesawat, hingga kereta. Nah, buat kamu yang ingin mudik menggunakan moda transportasi kereta api, ada beberapa tips mudik naik kereta api yang bisa kamu ikuti.

7 Tips Mudik Naik Kereta Api

Untuk memaksimalkan perjalanan mudik kamu menggunakan kereta, yuk ikuti tips mudik naik kereta api di bawah ini!

1. Pesan Tiket Mudik Secepatnya

Pesan Tiket Mudik Secepatnya
Image Source: Pexels/Samson Katt

Tips mudik naik kereta api yang pertama adalah membeli tiket dari jauh-jauh hari sebelum jadwal keberangkatan. Hal ini dilakukan untuk agar kamu tidak kehabisan tiket dan bisa membeli tiket sesuai dengan jadwal keberangkatan yang kamu rencanakan.

Tiket kereta api akan sulit didapatkan ketika mendekati Hari Raya Idul Fitri karena kereta merupakan salah satu moda transportasi yang banyak dipilih untuk mudik. Jadi, jika kamu ingin pergi mudik menggunaka kereta api, pastikan untuk membeli tiket secepatnya ya.

2. Datang ke Stasiun Lebih Awal

Datang ke Stasiun Lebih Awal
Image Source: Leslie Toh

Jika tiket sudah kamu dapatkan dan sudah tiba hari keberangkatan, tips mudik naik kereta api selanjutnya adalah datang ke stasiun lebih awal. Hal ini untuk menghindari kamu untuk ketinggalan kereta karena macet, tiket bermasalah, urusan administrasi, dan lainnya. Disarankan untuk datang ke stasiun 2 jam sebelum jadwal keberangkatan. Lebih baik menunggu lama di stasiun daripada tergesa-gesa dan ketinggalan kereta.

Jual QEHIIE Tas Duffel Jinjing Wanita Travel Bag Size Large -
Tas Selempang & Pinggang QEHIIE Tas Duffel Jinjing Wanita Travel Bag Size Large - LG10 harga Rp 17.300 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

3. Jangan Membawa Barang Terlalu Banyak

Jangan Membawa Barang Terlalu Banyak
Image Source: Pexels/Gustavo Fring

Ketika berangkat mudik, disarankan untuk tidak membawa terlalu banyak tas atau banyak barang. Membawa barang yang terlalu banyak saat mudik menggunakan kereta akan merepotkan kamu, karena kamu akan kesulitan membawanya dan menyimpannya di bagasi kereta.

Dianjurkan untuk membawa baju dan perlengkapan secukupnya dengan tas travel kapasitas besar sehingga kamu hanya perlu membawa satu tas saja.

4. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Gunakan Pakaian yang Nyaman
Image Source: Pexels/Tim Douglas

Salah satu tips mudik naik kereta api yang sering dilupakan adalah menggunakan pakaian yang nyaman. Jika kamu melakukan perjalanan dengan durasi yang panjang, dianjurkan untuk menggunakan pakaian yang nyaman. Pastikan untuk menggunakan pakaian yang agak longgar dan sesuai dengan cuaca hari keberangkatan Anda.

Jual FIMUSE Tas Travel Organizer Pouch Multifunctional Storage
Travel Organizer FIMUSE Tas Travel Organizer Pouch Multifunctional Storage Bag - F15 harga Rp 19.700 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Pakaian yang terlalu ketat atau tidak sesuai dengan cuaca dapat membuat Anda merasa tidak nyaman dan sulit bergerak dan menimbulkan ketidaknyamanan selama perjalanan. Pastinya kamu ingin selalu nyaman hingga tiba di tujuan, bukan?

5. Bawa Makanan Sendiri

Bawa Makanan Sendiri
Image Source: Pexels/Antoni Shkraba

Jika kamu ingin lebih hemat selama perjalanan, dianjurkan untuk membawa makanan sendiri dari rumah, entah itu makanan berat atau makanan ringan. Sebenarnya kamu bisa membelinya karena pihak kereta memiliki berbagai pilihan makanan untuk menemani perjalananmu, namun harganya terbilang cukup mahal.

Sebelum berangkat, siapkan saja makanan di kotak makan mulai dari makanan berat, buah-buahan, hingga snack ringan. Jangan lupa juga untuk membawa minuman sendiri menggunakan botol minum yang kamu punya.

6. Sedia Bantal Leher

Sedia Bantal Leher
Image Source: NBC News

Jika kamu ingin memaksimalkan kenyamanan selama perjalanan, kamu bisa mencoba menggunakan bantal leher. Bantal leher akan memberikan dukungan di kepala dan leher dan dapat mencegah nyeri leher dan kepala yang sering terjadi selama perjalanan panjang.

Dengan memberikan dukungan tambahan pada leher, bantal leher dapat membantu menjaga postur tubuh kamy agar tetap dalam posisi yang baik selama perjalanan. Dengan demikian, menggunakan bantal leher dapat membantu membuat perjalanan menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

7. Sedia Pengusir Bosan

Sedia Pengusir Bosan
Image Source: Pexels/Keira Burton

Agar perjalanan mudik yang jauh tidak terasa, disarankan untuk membawa barang yang membuat kamu tidak gampang bosan kereta. Kamu bisa membawa buku untuk dibaca selama perjalanan, konsol game, atau earphone untuk mendengarkan musik.

Untuk merasakan perjalanan mudik yang nyaman, kamu bisa mengikuti beberapa tips mudik naik kereta api di atas. Semoga dengan mengikuti tips-tips tersebut perjalanan mudik kamu menjadi lebih nyaman dan aman sampai ke kota tujuan.