Masih Bingung? Ini Urutan Makeup untuk Remaja yang Benar!

Ikuti urutan makeup untuk remaja yang telah Jakartanotebook rangkum khusus untuk kamu. Dijamin mudah dan nggak menor!

Masih Bingung? Ini Urutan Makeup untuk Remaja yang Benar!
Image Source: Freepik/freepik

Saat menginjak usia remaja, banyak perempuan yang sudah mulai tertarik untuk merias diri. Banyaknya video tutorial yang ada di YouTube dan TikTok bisa memudahkan kamu mendapatkan refrensi untuk menciptakan riasan favorit.

Namun, nyatanya kamu masih saja bingung bagiamna langkah mengaplikasikan makeup yang tepat.

Tenang, kamu nggak sendirian.

Tampil cantik natural dengan sapuan makeup tentunya merupakan impian setiap orang, tidak terlepas dari kamu yang berada pada usia remaja.

Meskipun sumber informasi saat ini bisa dengan mudah didapatkan. Namun, terkadang kamu masih saja menemukan kesulitan untuk menggunakan teknik, jenis, dan urutan makeup yang benar.

Pada dasarnya, makeup untuk usia remaja menonjolkan keindahkan yang sudah ada pada diri kamu dan bertujuan untuk membuat kamu terlihat lebih segar.

Tentunya dalam hal ini, mengaplikasikan makeup secara berlebihan dapat membuat kamu kehilangan 'ciri khas' remaja dan akan membuat terlihat lebih tua. Untuk itu penting untuk kamu mengetahui apa saja yang harus diperhatikan.

Hal Penting dalam Makeup untuk Pemula

Image Source: Freepik/Lifestylememory

Terkadang perasaan takut menghalangi kamu untuk mendapatkan hasil riasan terbaik atau bahkan memulai untuk mengapikasikan makeup.

Jika kamu terjebak dalam kondisi ini, ingat bahwa waktu terbaik untuk memulai adalah sekarang dan selalu ada langkah pertama sebelum berproses.

Berikut beberapa penting dalam makeup yang harus kamu perhatikan sebagai pemula!

1. Ketahui Kondisi Kulit Kamu

Kenali kondisi, jenis, dan warna kulit yang kamu punya serta aktivitas yang biasa dilakukan sehari-hari. Setelah mengetahui ketiga hal ini, kamu bisa coba membeli makeup dengan kanduungan yang aman pada toko kosmetik atau online shop terpercaya.

Pastikan bahwa makeup tersebut sesuai dengan usia kamu, aturan riasan di sekolah, dan apakah makeup tersebut dapat bertahan selama kamu berkativitas agar bisa mendapatkan riasan terbaik.

2. Cari Referensi

Bagi yang masih awam memilih warna makeup yang sesuai, kamu bisa meminta rekomendasi dari petugas di toko kosmetik atau menonton video tutorial dari kreator yang memiliki jenis kulit dan warna yang sama.

Tidak ada cetakan biru bahwa produk A lebih baik daripada produk B atau teknik 1 lebih membuat hasil yang lebih baik dari teknik 2.

Selalu ingat bahwa setiap orang berbeda dan hal ini juga membuat makeup yang dibeli harus disesuaikan dengan jenis, kondisi, dan warna kulit sang pembeli.

3. Berani Memulai

Mulailah mengaplikasikan riasan dengan tipis. Kemudian seiring berjalannya waktu, tambahkan riasan lainnya secara bertahap.

Buat diri kamu memiki sikap terbuka dan nikmati proses untuk menemukan produk dan gaya makeup yang paling tepat. Tak perlu takut gagal karena sebagian besar kreator kecantikan juga tidak berhasil pada percobaan pertamanya.

Jual Xiaomi Mijia Jordan&Judy Cermin Makeup Mirror LED Light
Perlengkapan Make Up Xiaomi Mijia Jordan&Judy Cermin Makeup Mirror LED Light Recharge - NV026 harga Rp 84.600 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Trial and error akan selalu kamu lakukan, karena dengan cara ini perjalanan untuk menemukan makeup terbaik akan terus berlanjut hingga menemukan warna, gaya, dan tampilan yang paling nyaman.

4. Perhatikan Kesehatan Kulit

Hal penting yang tidak boleh kamu abaikan sebelum mulai menggunakan makeup adalah kesehatan kulit. Perhatikan setiap perubahan dan reaksi kulit yang muncul saat kamu menggunakan skincare atau kosmetik.

Bersihkan wajah secara menyeluruh sebelum dan sesudah menggunakan makeup serta sebelum tidur.

Hindari makeup dengan kandungan bahan yang keras. Produk yang keras dapat merusak kulit dan menyebabkan timbulnya jerawat. Ingat untuk mengganti kosmetik setiap 6 hingga 12 bulan untuk meminimalkan risiko kontaminasi.

Urutan Makeup untuk Remaja

Urutan Makeup untuk Remaja
Image Source: Freepik/freepik 

Jika sudah siap untuk mengaplikasikan riasan perdana, kamu bisa ikuti urutan makeup untuk remaja yang sudah dirangkum JakartaNotebook berikut. Letakkan makeup yang sudah disiapkan di meja rias dan lest's get started!

1. Persiapkan Kulit

Langkah pertama yang kamu lakukan adalah memastikan kulit dalam keadaan bersih terbebas dari debu, kotoran, dan minyak. Terlepas dari jenis yang dimiliki (kering, berminyak, normal, atau kombinasi), penting untuk menghidrasi kulit setiap pagi, malam, dan setelah membersihkan muka.

Kamu dapat melakukan skincare routine dengan produk perawatan yang sesuai dengan jenis kulit yang dimiliki. Hal ini tentunya berguna untuk mempersiapkan kulit dan memudahkan produk riasan menempel dengan sempurna.

Jangan sampai ketinggalan, akhiri langkah perawatan kamu dengan sunscreen.

2. Aplikasikan Primer

Persiapan sebelum makeup tentu tidak berhenti hanya di membersihkan wajah dan mengaplikasikan produk perawatan. Meskipun kamu nggak membutuhkan langkah ini setiap saat, tetapi mengalikasikan primer dapat sangat membantu menjaga riasan, loh!

Selain itu, primer akan mempengaruhi hasil akhir complexion yang kamu gunakan.

Penggunaan primer yang tepat berguna untuk membuat riasan terlihat rata pada seluruh wajah dan hilang atau terhapusnya makeup terutama pada area berminyak seperti T-zone.

Karena fungsinya yang penting, pastikan memilih produk primer dengan jenis, konsistesi, dan bahan terbaik yang sesuai dengan jenis kulitmu.

3. Aplikasikan Complexion yang Tepat

Sekarang saatnya kamu benar-benar mulai mengaplikasikan makeup. Kamu bisa menggunakan berbagia jenis complexion seperti foundation, cushion, concealer, atau bedak.

Langkah ini akan menentukan hasil dari tampilan riasan secara keseluruhan. Maka pastikan klaim yang diberikan produk sesuai dengan kebutuhanmu.

Jual FLD Set Brush Make Up Travel Eyeshadow Lip Blush On
Perlengkapan Make Up FLD Set Brush Make Up Travel Eyeshadow Lip Blush On Foundation 5 PCS - X028 harga Rp 16.300 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Mungkin kamu akan merasa kesulitan saat memilih jenis atau warna complexion yang tepat. Tak perlu khawatir karena ini merupakan hal yang wajar.

Kamu dapat mengaplikasikan produk complexion dengan jari, spons, atau kuas. Pemilihan alat ini bergantung pada kenyamanan dan hasil akhir yang paling kamu suka.

Ingat bahwa pengaplikasian concealer hanya fokus pada bekas jerawat dan kantung mata yang ingin disamarkan agar wajah terlihat lebih segar.

Setelah diaplikasikan, tunggu selama beberapa saat agar concealer dapat menempel sempurkan di kulit sebelum menggunakan jenis bedak apa pun di atasnya.

4. Buat Sesuai Alis Natural Kamu

Urutan makeup untuk remaja ini menjadi langkah yang terkadang membuat proses makeup menjadi lama. Nggak jarang banyak remaja yang terlambat datang ke sekolah atau suatu tempat karena menggambar alis.

Padahal, kamu nggak harus mengikuti tutorial alis sempurna yang ada di media sosial. Cukup ikuti alis natural untuk menonjolkan keunikan yang sudah ada di diri kamu.

Jual SUAKE Pensil Alis Microblading Eyebrow Tattoo Pen
Makeup Wajah SUAKE Pensil Alis Microblading Eyebrow Tattoo Pen Waterproof - Y004 harga Rp 4.500 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Pilih pensil alis dengan warna yang sesuai, kemudian aplikasikan dengan sedikit mengambang dan perlahan. Ingat bahwa alis kiri dan kanan setiap orang itu berbeda dan hal itu yang membuat setiap individu terlihat unik!

5. Berikan Warna pada Kulit Kamu

Pada urutan makeup untuk remaja ini, kamu bisa mulai menambahkan eyeshadow dan blush on dengan warna yang natural untuk menegaskan dimensi pada wajah.

Tidak lupa aplikasikan lipstick atau lip balm untuk membuat wajah terlihat segar. Kamu bisa mengikuti membuat tips membuat bibir ombre ala korea untuk mempermanis tampilan.

Terakhir, kamu kamu dapat mengaplikasikan setting spray untuk membuat makeup tahan seharian.

Setelah mengetahui hal-hal penting yang harus diperhatikan serta urutan makeup untuk remaja, kamu dapat memperkaya diri dengan banyak menonton tutorial. Namun, cara ini juga tidak menjamin kamu bisa langsung menemukan gaya makeup terbaik.

Hal ini karena memang tidak ada aturan pasti yang menetukan urutan paling benar untuk merias wajah. Topik ini juga dapat menjadi perdebatan tersendiri karena tiap orang tentunya punya rutinitas dan kebiasaan masing-masing.

Jadi, mulai kenali diri dan temukan cara yang paling nyaman untuk mengaplikasikan makeup kamu sendiri, ya. Selamat mencoba!