Aluminium dan Besi, Kenali Perbedaan Keduanya

Mengetahui perbedaan antara besi dan aluminium menjadi faktor penting saat Anda membeli suatu barang.

Aluminium dan Besi, Kenali Perbedaan Keduanya
Image Source: Unsplash

Ada kalanya kita keliru membedakan material dari suatu benda. Material yang cukup sulit dibedakan jika hanya dilihat sekilas adalah aluminium dan besi. Kedua material tersebut memang memiliki kemiripan dari segi fisik. Untuk mengidentifikasi suatu barang tersebut menggunakan material alumunium atau besi, Anda bisa mempertimbangkan beberapa faktor berikut ini.

1. Berat

Cara paling mudah untuk membedakan apakah suatu benda menggunakan material alumunium atau besi adalah dengan memeriksa bobotnya. Aluminium memiliki berat yang lebih ringan jika dibanding besi. Hal ini membuat barang yang menggunakan material aluminium cenderung mudah diangkat dan dipindahkan ketimbang barang-barang dengan material besi.

2. Kekuatan

Apabila Anda ingin membangun sebuah bangunan yang kokoh, aluminium bukanlah material yang tepat. Material aluminium tidak cocok untuk menopang beban yang kuat seperti membangun rumah, jadi pilihan tepat untuk membangun rumah adalah dengan material besi. Dari sini terlihat bahwa besi memiliki kekuatan yang lebih tinggi ketimbang aluminium.

3. Harga

Secara harga Anda juga bisa mengenali perbedaan antara besi dan aluminium. Barang dengan harga yang lebih murah biasanya menggunakan material alumunium, sementara barang yang memiliki harga lebih mahal biasanya menggunakan material besi.

4. Karakteristik

Antara alumunium dan besi memiliki karakteristik yang berbeda. Alumunium memiliki sifat tahan karat saat terkena air, sementara besi lebih rentan berkarat ketika tidak dibersihkan secara rutin dari kotoran yang menempel.

Oleh karena itu, dari segi perawatan, material besi cenderung lebih kompleks perawatannya dibanding material aluminium karena besi harus selalu dipastikan terhindar dari kotoran dan debu agar tidak mudah berkarat.

***
Itulah cara membedakan besi atau aluminium yang bisa Anda lakukan. Dengan mengetahui perbedaannya, Anda dapat mengetahui apakah barang tersebut benar-benar menggunakan material besi atau menggunakan aluminium.