Salam Pramuka!

Praja Muda Karana atau yang biasa disingkat Pramuka memang sudah tak asing lagi di telinga kita. Pramuka identik dengan seragam coklat, tongkat bambu, bet regu bunga, dan kegiatan jelajah alam yang sering dipraktikkan pada saat masa sekolah.

Hari Pramuka Nasional pertama kali diperingati pada 14 Agustus  1961. Secara Internasional, Pramuka disebut dengan Scoutin. Hari Pramuka Sedunia atau World Scout Day diperingati setiap tanggal 22 Februari di setiap tahunnya.

1. Bagaimana Sejarah Hari Pramuka Nasional?

Sejarah & Makna Peringatan Hari Pramuka Bagi Pelajar | Sumber Gambar: Buku Kenangan Lukisan Perjuangan Rakyat Indonesia

Bermula dari berdirinya organisasi Nederlandsche Padvinders Organisatie (NPO) yang dibentuk oleh Belanda. Lalu pada tahun 1916 NPO berubah menjadi Nederlands-Indische Padviders Vereeniging (NIPV). Tepat di tahun itu juga, S.P. Mangkunegara VII membentuk organisasi kepemudaan Indonesia bernama Javaansche Padviders Organisatie.

Sayangnya, Belanda merasa keberatan dengan penggunaan Padvinders. KH Agus Salim mencetuskan ide untuk mengganti Padvenders dengan nama Pandu atau Kepanduan. Setelah momen Sumpah Pemuda, banyak bermunculan organisasi-organisasi sejenis.

Pada tanggal 28 Desember 1945 dibentuklah organisasi Pandu Rakyat Indonesia. Organisasi ini mendapat keputusan resmi dari Menteri Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan Nomor 93/Bhg.A tanggal 1 Februari 1947. Pada tahun 1950 hingga 196o, semakin banyak bermunculan gerakan Kepanduan. Oleh sebab itu, Presiden Sukarno berniat menyatukan seluruh gerakan Kepanduan di Indonesia.

Pada tanggal 14 Agustus, Pramuka mulai dicetuskan sebagai sebutan dari Gerakan Kepanduan. Dilansir dari tirto.id, nama Pramuka disarankan oleh Sri Sultan Hamengkubuwana IX. Sebutan Pramuka diambil dari kata Poromuko yang artinya pasukan terdepan dalam perang. Selanjutnya, Pramuka berubah menjadi Praja Muda Karana yang berarti “Jiwa Muda yang Gemar Berkarya”.

Yuk cek koleksi alat kamping praktis Diskon Hingga 77%!

2. Apa sih makna Hari Pramuka bagi para pelajar?

Sejarah & Makna Peringatan Hari Pramuka Bagi Pelajar | Sumber Gambar: Film 5 Elang

Dilansir dari Wikipedia, tujuan didirikannya Pramuka salah satunya untuk membentuk kepribadian yang lebih mandiri. Serta bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa dan negara. Selain itu, diharapkan setiap anggotanya memiliki kepedulian terhadap makhluk hidup dan juga lingkungan.

Sebagai pelajar dan generasi muda, perayaan Hari Pramuka Nasional memiliki makna tersendiri. Karena, pendidikan karakter tak hanya dipelajari dari dalam kelas saja. Melainkan bisa didukung oleh berbagai kegiatan menyenangkan yang erat dengan rasa kebersamaan. Seperti mengikuti kegiatan berkemah dan mencari jejak.

Salah satu makna Hari Pramuka bagi pelajar adalah memahami nilai yang ditanamkan pada kegiatan pramuka seperti kedisiplinan, keterampilan, rasa tanggung jawab, dan kebersamaan. Tentunya dapat mengamalkan nilai tersebut ke dalam kehidupan bersosial baik di sekolah atau di lingkungan masyarakat. Lewat peringatan Hari Pramuka kita bisa ikut serta meneruskan cita-cita untuk membangun bangsa dengan keterampilan dan kreatifitas.  

Itu dia sejarah Hari Pramuka Nasional dan makna Hari Pramuka Nasional bagi pelajar. Selamat Hari Pramuka 2020 ya Jakmallers!


Beli perlengkapan camping di sini Mulai dari Rp1.500!

Jangan lupa baca Jakmall Blog untuk informasi seputar pengetahuan lainnya!

Baca Juga: Makna Teks Sumpah Pemuda yang Wajib Diketahui