Bangun Karir Live Streaming dengan Peralatan Penting Ini

Siapkan berbagai perangkat untuk mengantisipasi masalah yang biasa terjadi saat live streaming.

Bangun Karir Live Streaming dengan Peralatan Penting Ini
Image Source: Unsplash

Bagi kamu yang ingin menjajaki karir di bidang live streaming, kamu harus tau dulu perlengkapan apa saja yang dibutuhkan sebelum melakukan live streaming. Beragam peralatan ini nantinya akan membantu kamu agar proses live streaming berjalan dengan lancar.

Masalah yang biasa terjadi saat live streaming mulai dari suara yang berisik, kualitas gambar yang buruk, hingga koneksi yang tersendat dapat kamu antisipasi dengan mempersiapkan perangkat yang tepat. Berikut ragam perangkat yang wajib kamu siapkan sebelum live streaming.

1. Mikrofon yang Jernih

Image Source: Jakmall

Mikrofon merupakan salah satu perangkat yang wajib kamu persiapkan sebelum melakukan streaming. Pasalnya, tanpa mikrofon yang baik, suara yang dihasilkan bisa jadi buruk dan tidak nyaman di telinga hingga membuat para penonton streamer kamu jadi minggat dan pindah ke channel lain.

Sebelum melakukan live streaming, pastikan dulu mikrofon yang akan kamu gunakan dapat berfungsi dengan baik. Jika tidak berfungsi, segera ganti dengan mikrofon lainnya. Beragam mikrofon untuk keperluan streaming dapat kamu temukan di Jakmall.com.

2. Koneksi yang Stabil

Image Source: wilsonamplifiers.com

Selain mikrofon, faktor koneksi juga harus diperhatikan. Koneksi yang tidak stabil menyebabkan video menjadi lag atau terjeda. Belum lagi kualitas video dan audio yang menurun sehingga mengganggu pengalaman menonton. Kamu tidak mau kan ditinggal penonton setia gara-gara permasalahan koneksi.

Untuk mengantisipasi masalah koneksi, kamu harus mempersiapkan koneksi cadangan. Jadi saat koneksi di dalam rumah tiba-tiba bermasalah, kamu bisa menggantinya dengan koneksi cadangan, misalnya yang ada pada ponsel. Koneksi tidak stabil biasanya dipengaruhi oleh kondisi cuaca yang buruk. Oleh karena itu, kamu juga harus memperhatikan kondisi cuaca terkini sebelum melakukan live streaming untuk mengantisipasi masalah koneksi.

3. Tata Pencahayaan

Image Source: Jakmall

Pencahayaan juga merupakan perangkat yang wajib kamu siapkan sebelum melakukan streaming. Lampu yang ada di plafon rumah tidak cukup untuk kebutuhan live streaming. Meski lampu rumah terlihat terang, belum tentu kualitas tampilan gambar saat live streaming sama terangnya dengan yang kamu lihat.

Kamu butuh pencahayaan tambahan untuk menghasilkan tampilan gambar yang jelas dan terang saat live streaming. Ring light adalah salah satu perangkat yang bisa kamu andalkan. Dengan bantuan pencahayaan dari ring light, kualitas tampilan gambar yang dilihat oleh penonton akan semakin baik. Ragam ring light untuk kebutuh live streaming bisa kamu dapatkan di sini.

4. Kamera yang Mumpuni

Image Source: Klikandklik

Hal terpenting yang tidak boleh dilewatkan saat ingin melakukan streaming adalah sebuah kamera. Spesifikasi kamera akan sangat menentukan kualitas gambar yang dihasilkan saat live streaming.

Bagi kamu yang memiliki budget terbatas, jangan khawatir karena kamu tidak perlu membeli kamera dengan harga yang mahal. Kini dengan kamera smartphone, kamu sudah bisa menggunakannya untuk keperluan live streaming. Kamera-kamera smartphone saat ini kebanyakan sudah mendukung kualitas gambar HD hingga full HD yang sudah sangat baik kualitasnya.

***
Itulah perlengkapan yang wajib kamu siapkan saat hendak melakukan live streaming. Dengan perlengkapan tersebut, kualitas gambar akan terlihat baik saat melakukan streaming sehingga penonton dapat lebih nyaman saat menonton live streamingmu.