Begini Cara Kerja Air Purifier Sang Pembersih Udara

Bagaimana air purifier yang dirancang untuk membersihkan udara dalam ruangan ini bekerja? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Begini Cara Kerja Air Purifier Sang Pembersih Udara
Image source: Freepik/freepik

Polusi udara masih menjadi topik yang hangat dibicarakan masyarakat Indonesia, khususnya warga Jakarta dan sekitarnya. Bahkan tagar polusi di berbagai jejaring sosial media selalu menjadi trending, karena hal ini pula muncul tagar air purifier sebagai sebuah solusi kecil guna membersihkan udara di dalam ruangan.

Melansir dari berbagai situs berita, polusi udara dan cuaca panas yang meningkat menimbulkan tingginya permintaan terhadap alat pembersih udara ini.

Air purifier dinilai bagus dan dibutuhkan mereka yang mengalami asma atau sesak pada pernapasan untuk mendapatkan udara yang bebas dari debu, kotoran, bakteri, virus, dan asap.

Lalu bagaimana sebenarnya penjernih udara yang dirancang untuk membersihkan udara dalam ruangan ini bekerja? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Kerja Air Purifier

Sesuai dengan namanya, air purifier memiliki fungsi utama yaitu menjernihkan udara. Cara kerja alat ini cukup sederhana, setelah alat menyala udara di dalam ruangan akan tersedot dengan bantuan kipas dan ditangkap oleh filter yang berada di bagian belakang air purifier.

Pada bagian filter inilah proses penyaringan udara terjadi. Udara yang telah disaring akan disalurkan kembali melalui penyalur yang berada di depan air purifier. Sehingga kamu akan merasa udara yang dikeluarkan oleh air purifier terasa lebih segar dan bebas polusi.

Selain menyaring udara dan kotoran seperti debu, kuman, bakteri, dan bulu hewan juga dapat disaring oleh alat ini.

Jual Replacement Filter for Ashtray Purifier BW201 - Filter
Air Purifier Replacement Filter for Ashtray Purifier BW201 - Filter Pengganti harga Rp 137.000 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Cara Membersihkan Filter Air Purifier

Air purifier yang digunakan secara terus-menerus perlu dirawat dan dibersihkan. Terlebih jika digunakan pada lingkungan dengan kondisi debu atau bau yang melekat.

Kamu wajib membersihkannya minimal sebulan sekali dan mengganti filter dalam enam bulan atau satu tahun sekali. Jika tidak dibersihkan dan dirawat secara teratur, performa air purifier akan menurun dan justru mengeluarkan udara yang tidak baik.

Untuk membersihkan filter, hal pertama yang kamu lakukan adalah melepasnya dari unit air purifier. Setelahnya, rendam di dalam air yang sudah dicampur dengan larutan peluruh kerak selama kurang lebih 30 menit. Apabila kamu menambahkan air perasan jeruk nipis ke dalam larutan peluruh kerak, maka rendam filter dalam waktu yang lebih lama.

Jual Xiaomi Filter Enhanced Version for Air Purifier
Air Purifier Xiaomi Filter Enhanced Version for Air Purifier 1/2/3/2S/Pro - M6R-FLP harga Rp 357.800 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Usai 30 menit, angkat dan bilas filter hingga bersih. Keringkan filter di bawah sinar matahari dan angin-anginkan hingga kering, kemudian pasang kembali ke air purifier.

Ada beberapa larutan pembersih yang bisa kamu gunakan untuk menghempaskan kerak pada filter, seperti bubuk sitrun dan juga jeruk nipis. Sebelum mencampur bahan-bahan tersebut, kamu harus memerhatikan takaran berikut:

  • Jika menggunakan asam sitrat, campur 3 sdt asam sitrat dan 2½ cangkir air.
  • Namun jika menggunakan air jeruk nipis, campur 3 cangkir air dan ¼ cangkir air jeruk nipis.

Saat membersihkan filter, pastikan kamu tidak menekannya terlalu kencang agar tidak menyebabkan kerusakan. Jangan gunakan pengisap debu untuk membersihkan bagian bawah filter.

Membersihkan dan mengganti filter akan membuat air purifier lebih tahan lama digunakan, udara terasa lebih bersih, segar, dan sehat.

Selain itu, pembersihan dan perawatan filter dapat menghemat biaya karena filter yang kotor akan membuat air purifier bekerja dengan energi yang lebih banyak sehingga tagihan listrik akan membengkak.

Itu dia cara kerja air purifier dan cara membersihkan filternya. Bebaskan ruanganmu dari polusi udara dan dapatkan udara bersih serta segar dengan memasang air purifier.

Jika sedang mencari alat kesehatan terbaik, tak ada salahnya mengintip koleksi terbaik dari Jakmall. Di sini kamu bisa mendapatkan air purifier, termometer digital, humidifier, dan banyak lainnya. Semakin hemat dengan adanya promo Super Sale 9.9 yang menawarkan produk terbaik mulai dari harga Rp 9-ribuan.