Ciptakan alunan musik menenangkan

Kalimba adalah alat musik perkusi yang berasal dari Afrika Selatan dan alat musik versi modern bernama mbira. Alat musik ini diperkenalkan ke seluruh dunia oleh Hugh Tracey yang akhirnya berhasil menyetel skala tangga nada Do-Re-Mi versi barat ke kalimba, hal ini sekaligus menjadi pembeda antara kalimba dan mbira.

Alat musik ini memiliki tuts yang terbuat dari logam. Kalimba dapat menghasilkan alunan musik menenangkan. Sehingga banyak orang tertarik untuk memainkannya. Jika kamu adalah salah satunya, yuk simak cara memainkan kalimba untuk pemula berikut!

1. Hal-hal yang perlu kamu ketahui sebelum membeli kalimba

Cara Memainkan Kalimba untuk Pemula | Source Image: aliexpress.com

Sama halnya dengan alat musik lain, kalimba mempunyai beberapa jenis dan model. Materialnya juga bermacam-macam. Mulai dari kayu hingga akrilik. Jika ingin lebih ringan dan simple, kamu bisa memilih kalimba kayu. Namun jika ingin mempunyai kalimba aesthetic dan elegan, bahan akrilik adalah pilihan tepat.

Kalimba memiliki tuts yang beraneka ragam. Biasanya sejumlah 8, 10, 11 hingga 21 tuts. Semakin banyak kunci maka range nadanya semakin luas. Kalimba dengan tuts banyak memungkinkan kamu untuk mengeksplorasi melodi lebih luas.

Cek harga kalimba murah di Jakmall yuk!

2. Kenali detail komponen yang terdapat pada kalimba

Cara Memainkan Kalimba untuk Pemula | Source Image: airbnb.com

Sebelum memainkan kalimba, kenali terlebih dahulu komponen apa saja yang terdapat pada kalimba. Misalnya jumlah kunci, cara memegang kalimba yang baik, hingga teknik-teknik dasar yang terdapat pada permainan kalimba.

3. Ini dia cara memainkan kalimba untuk pemula

Saat bermain kalimba kamu harus menekan ujung tuts dengan ujung kuku jempol tangan. Pada tuts telah terdapat not angka agar kamu lebih mudah memainkannya. Selain itu, sebelum menggunakannya disarankan untuk melakukan tuning atau stem. Ini merupakan proses penyelarasan agar nada yang dihasilkan tepat dan dapat membuat harmonisasi melodi yang baik.

Buat lebih lengkapnya, yuk simak tutorial berikut ini:

Cara Memainkan Kalimba untuk Pemula | Source Image: Kelas Musik Channel

Nah, itu dia beberapa informasi mengenai alat musik kalimba beserta cara memanikan kalimba. Semoga bermanfaat ya Jakmallers!


Beli alat musik dan aksesorisnya di sini yuk, ada diskon hingga 52%!

Baca Jakmall Blog untuk dapatkan tips menarik lainnya.

Baca Juga: Cara Membuat Spotifart, Trend Biar Instagram Stories Makin Ciamik