8 Cara Membuat Podcast Menarik Agar Banyak Didengar

8 Cara Membuat Podcast Menarik Agar Banyak Didengar

Good content will be shareable!

Eits, pasti kamu lagi bingung kan tentang gimana cara membuat podcast menarik? Gak usah pusing! Podcast akhir-akhir ini emang sudah menjadi tempat paling seru buat dapetin informasi yang menarik setelah YouTube. Makanya, banyak orang yang kemudian rame-rame nyobain cara membuat podcast sendiri.

Nah kalau sebelumnya kamu udah pernah coba bikin podcast tapi gak banyak yang dengar, berarti ada yang salah dari cara membuat podcast kamu. Mungkin ada hal yang bisa kamu perbaiki supaya podcast jadi lebih unik. Berikut ini 8 cara membuat podcast menarik dan mudah yang bisa kamu lakukan. Simak baik-baik ya biar podcast yang udah kamu bikin gak sia-sia.

1. Intro yang Catchy dengan Iringan Musik Menarik Adalah Pembuka Terbaik

8 Cara Membuat Podcast Menarik Agar Banyak Didengar | Image Source: Listen Notes

Sebagai pembuka, kamu perlu memerhatikan betapa pentingnya intro bagi para pendengar. Kamu bisa menyapa mereka dengan jargon khas yang sudah kamu siapkan. Iringan musik juga dapat kamu tambahkan supaya pendengar lebih mudah terbawa suasana. Selalu ingat bahwa detik-detik pertama adalah momen emas bagimu untuk meraih minat mereka agar terus mendengarkan.

Kamu juga bisa mencoba gaya dari tayangan televisi yang sering menampilkan bloopers ataupun potongan isi podcast sebagai pembuka. Intro yang kamu siapkan itu nantinya dapat terus kamu pakai sebagai bentuk branding agar podcast milikmu diingat oleh pendengar. Mulailah berpikir untuk mendapatkan pendengar tetap ya!

2. Mau Pendengar Terus Kembali Mendengarkanmu? Cobalah Buat Menjadi Serial Podcast

Ketika sedang mikirin apa yang mau dibahas, kadang banyak banget tuh topik yang muncul di kepala kita. Nah biar cara membuat podcast menarik kamu berhasil, cobalah untuk membuatnya menjadi serial podcast. Kamu bisa membagi satu topik menjadi beberapa episode. Ini biar pendengar jadi penasaran dan nungguin kelanjutan podcast kamu. Dengan begitu, kamu jadi bisa memikirkan isi podcast setiap episodenya biar makin lengkap.

3. Gunakan Peralatan Untuk Membuat Podcast yang Layak, Mikrofon Misalnya!

8 Cara Membuat Podcast Menarik Agar Banyak Didengar | Image Source: The Verge

Jika kamu ingin mendapatkan pendengar yang setia, setidaknya kamu perlu serius saat menerapkan cara membuat podcast. Serius di sini artinya kamu perlu mempersiapkan peralatan untuk membuat podcast yang layak. Kalau kamu cuma mengandalkan headset atau rekaman HP, apa bedanya dengan voice note yang biasa kamu kirimkan lewat WA? *eh becanda yaa..

Tapi beneran loh! Inget gak sama peribahasa "apa yang kamu tanam itulah yang kamu petik"? Jadi kalo kamu mau memetik hasil yang bagus, tak ada salahnya untuk mempersiapkan peralatan untuk membuat podcast profesional. Ini semua perlu dilakukan biar kualitas suara yang kamu buat lebih maksimal.

Klik sekarang untuk dapatkan Koleksi Mikrofon Podcast Murah!

4. Biar Podcast Terasa Lebih 'Hidup', Kamu Bisa Sambil Melakukan Aktivitas Lain Ketika Merekamnya

8 Cara Membuat Podcast Menarik Agar Banyak Didengar | Image Source: Rode

Percayalah kalo berbicara cuma dalam kondisi duduk itu membosankan banget loh. Kamu bisa kok kalo mau merekam podcast sambil melakukan aktivitas yang lain. Misalnya kayak lagi main gitar, minum kopi, atau naik mobil.

Cara ini ampuh banget buat diterapin sebagai cara membuat podcast untuk pemula. Karena, kamu tubuhmu harus rileks saat sedang merekam podcast biar cerita yang kamu sampaikan lebih mengalir tanpa beban. Biar suaranya tetap jernih, kamu bisa miliki Pop Filter Mikrofon di Jakmall. Cuma Rp22rb-an loh!

5. Dengan Mengedit Sendiri, Kamu Dapat Turun Tangan Langsung Menentukan Kualitas Kontenmu

8 Cara Membuat Podcast Menarik Agar Banyak Didengar | Image Source: Seattle Podcast Company

Setelah melewati proses rekaman, sebaiknya kamu melakukan editing atas hasil rekamanmu. Jangan pernah takut untuk memotong bagian tertentu dari pembicaraanmu kalo diperlukan. Apa yang kamu sampaikan jauh lebih penting daripada durasi podcast-mu. Oleh karenanya, pastikan setiap pesan yang ada di dalam rekaman tidak terlalu bertele-tele.

Selalu ingat konsep "sekali dengar langsung paham" agar kamu tidak terlalu keluar jalur dari script yang dibuat. Nah pas kamu ngedit nanti, kamu bakalan butuh Headphone Full Size Berkualitas supaya gak ada noise yang ketinggalan. Sehingga, kamu bisa fokus menyimak mana aja bagian yang perlu dihilangkan.

6. Format Video Adalah Cara Membuat Podcast Menarik yang Mulai Ramai Dilakukan

8 Cara Membuat Podcast Menarik Agar Banyak Didengar | Image Source: PremiumBeat

Kalo kamu sering nonton video berdurasi panjang di YouTube, itu adalah format video dari podcast saat ini. Cara membuat podcast di Spotify bukan cuma satu-satunya jalan. Tetapi kalau ingin mulai membuat format ini, kamu perlu mempertimbangkan studio rekaman, peralatan membuat podcast, sampai mengundang bintang tamu yang asik. Yup! Cara membuat podcast sendiri ini sudah masuk ke tahap profesional dan memerlukan effort yang lebih saat membuatnya.

Butuh Kamera DSLR untuk rekam video? Ada Diskon Hingga 40% nih!

7. Buatlah Cover Image yang Lucu atau Eye-Catching Sebagai Daya Tarik Podcast Kamu

8 Cara Membuat Podcast Menarik Agar Banyak Didengar | Image Source: OSSA Collective

Rekaman udah, musik udah, sekarang waktunya untuk desain cover podcast kamu. Ini adalah cara membuat podcast menarik yang penting kalau kamu mau menggaet perhatian orang yang lagi iseng scrolling podcast di browser. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi pembuat desain gratis di internet. Atau coba cari referensi terlebih dahulu seperti apa cover podcast yang terkenal.

8. Keep Everything Simple! Jangan Hamburkan Uangmu Terlalu Banyak Tanpa Perhitungan yang Matang

8 Cara Membuat Podcast Menarik Agar Banyak Didengar | Image Source: Lifewire

Don't be too rushed with this. Membeli peralatan untuk membuat podcast memang penting, tapi tetaplah fokus pada konten yang ingin kamu buat. Jangan sampai kamu sudah menghabiskan banyak uang untuk menyiapkan studio rekaman, padahal podcast pertama kamu saja belum tayang. Banyak kok aplikasi membuat podcast yang bisa kamu gunakan untuk memotong pengeluaran. Tinggal cari tahu cara membuat podcast di HP kalau mau lebih hemat.

Itu tadi 8 cara membuat podcast menarik yang bisa kamu coba terapkan. Jika kamu sudah mencobanya, lama-kelamaan kamu akan terbiasa dengan flow yang kamu pakai. Kualitas podcast terbaik ditentukan dari langkah awal yang kamu lakukan. Selamat mencoba ya, Jakmallers!


Beli peralatan podcast di Jakmall bisa kredit terus dapat Diskon 25%, langsung aja cek sekarang!

Temukan tips menarik lainnya di sini!