6 Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju untuk Pemula

6 Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju untuk Pemula

Solusi biar bajumu laris!

Berbisnis online tengah banyak digemari oleh berbagai kalangan, mulai dari remaja hingga dewasa. Selain sebagai penghasilan tambahan, tak jarang yang menjadikannya sumber pendapatan utama. Berbagai hal bisa dilakukan untuk mempersiapkan bisnis online shop agar dapat berkembang dengan baik.

Beragam jenis produk online shop bisa tawarkan sesuai hobi dan kebutuhan masyarakat luas. Dari sekian produk di berbagai kategori, bisnis pakaian atau baju memiliki banyak peminat sehingga dapat membuka peluang menjanjikan. Berikut ini 6 cara memulai bisnis online shop baju yang sebaiknya tidak terlewatkan.

1. Modal usaha online shop baju

Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju | Image Source: Visual Stories

Keuntungan membangun bisnis online adalah modal yang dikeluarkan jauh lebih sedikit dibandingkan membuka bisnis offline. Soalnya kita nggak perlu lagi menyewa toko atau membayar penjaga toko. Walaupun demikian, kamu harus menghitung biaya penunjang bisnis online lainnya, seperti kuota internet, gadget, packing, dan biaya promosi agar online shop bajumu nanti bisa dikenal lebih luas lagi.

2. Mencari produsen atau supplier yang terpercaya

Cara Memulai Online Shop Baju | Image Source: Keagan Henman

Carilah produsen baju atau supplier yang menawarkan harga paling terjangkau namun dengan kualitas baik. Oleh sebab itu, relasi atau riset sangat berperan di sini. Cara mencari supplier untuk jualan online bisa dari internet atau mencarinya secara langsung agar bisa melihat kualitas dari produk baju yang akan kamu jual nantinya. Nah, biar untungnya makin banyak, bisa juga mencari supplier tangan pertama dengan mendatangi langsung ke pabriknya. Sekarang sudah banyak lho karya anak bangsa yang diakui internasional, termasuk baju lokal dengan kualitas jempolan. Jadi, gak usah ragu untuk menjadi reseller-nya.

3. Bikin media sosial tokomu dan percantik dengan konsep unik

Cara Memulai Online Shop Baju | Image Source: New York Post

Kalau lebih tertarik menjualnya di media sosial, ada banyak yang bisa kamu pilih, seperti Instagram, Twitter, dan juga Facebook. Setelah membuat akun tokomu, jangan lupa tampilkan logo dan feed eye-catching biar nantinya pelanggan semakin tertarik untuk melirik produk di tokomu. Jika belum punya modal besar, tetep bisa kok bikin akunmu makin keren, gunakan saja aplikasi seperti Canva atau Logo Maker.

4. Tentukan tempat berjualan sesuai dengan target pasar

Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju | Image Source: filigreecommunications.com

Sekarang ini sudah banyak marketplace yang menjamur dengan berbagai kelebihannya masing-masing. Berbelanja di marketplace dinilai lebih mudah dan hemat. Apalagi sudah banyak bekerja sama dengan ekspedisi untuk ongkos kirim yang lebih murah.

Selain marketplace, cobalah untuk memanfaatkan berbagai forum atau komunitas jual beli yang disesuaikan oleh jenis atau model baju. Misalnya jika menjual baju dan perlengkapan bayi, kamu bisa masuk ke forum ibu-ibu muda. Sedangkan jika menjual baju batik, kamu dapat menawarkannya pada komunitas pecinta batik.

5. Foto produk yang bagus bisa menarik pelanggan lebih banyak

Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju | Image Source: stylebookapptips

Saat menjual pakaian pilihlah foto atau gambar menarik dan sesuai dengan apa yang ditawarkan. Hal tersebut akan membantu membangun kredibilitas toko semakin baik dan dipercaya oleh calon konsumen. Kamu bisa menggunakan background dengan pilihan warna dan model untuk membantu tampilan produk semakin menarik.

Perlengkapan fotografi Mulai Rp900,- ada di sini

6. Pelajari strategi word of mouth

Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju | Image Source: Paper.id

Di dunia perdagangan ada banyak sekali strategi yang bisa dijalankan. Salah satunya adalah word of mouth. Menurut George Silverman pada bukunya berjudul The Secret of WOM Marketing, komunikasi WOM bisa berupa percakapan atau testimonial seperti mengobrol langsung, telepon, atau sarana komunikasi lain. Hal yang menguntungkan dari strategi ini adalah tidak membutuhkan banyak biaya dan dapat meningkatkan kepercayaan calon konsumen terhadap produk baju yang nantinya akan kamu tawarkan.

Itu dia 6 cara memulai bisnis online shop baju yang bisa dilakukan. Selamat mencoba Jakmallers!


Modal ratusan ribu bisa dapat omset ratusan juta? Klik buat cari tahu caranya!

Baca terus Jakmall Blog untuk informasi seputar peluang usaha menarik!