7 Cara Mengatasi Kulit Kering di Musim Kemarau

Suhu udara yang semakin panas membuat kulit jadi lebih kering dan mudah bersisik. Yuk,simak beberapa cara cara mengatasi kulit kering berikut!

7 Cara Mengatasi Kulit Kering di Musim Kemarau
Image Source: Pexels

Memiliki kulit yang sehat dan bercahaya memang jadi impian semua orang. Namun di musim kemarau suhu udara semakin meningkat yang membuat kadar air dalam tubuh menguap. Akibatnya kulit menjadi semakin kering dan bersisik.

Tidak hanya membuatnya rentan terkena iritasi, kulit yang super kering juga lebih mudah terluka akibat gesekan. Hal ini tentu tidak hanya membuat kamu tidak nyaman, tapi juga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Tak perlu khawatir karena kamu bisa menggunakan beberapa cara mengatasi kulit berikut, untuk menjaga kulit tetap sehat di musim kemarau. Namun sebelum itu, yuk, kita kenali beberapa penyebab kulit kering terlebih dahulu.

Penyebab Kulit Kering

Kulit kering adalah kondisi dimana kulit terasa lebih kasar, bersisik, dan mudah mengelupas. Kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak hal mulai dari lingkungan, aktivitas sehari-hari dan banyak lainnya.

Penyebab kulit kering pada dasarnya berasal dari ketidakmampuan kulit untuk menjaga kandungan air di dalamnya. Biasanya hal ini disebabkan karena penuaan, penggunaan bahan kimia, konsumsi obat, dan paparan sinar matahari pada musim kemarau.

Selain itu, kondisi ini juga bisa berasal dari beberapa penyakit, seperti eksim, psoriasis, dermatitis seboroik, dan ruam popok.

Cara Mengatasi Kulit Kering yang Mudah & Efektif

Setelah mengetahui penyebabnya, mungkin kamu penasaran bagaimana cara mengatasi kondisi ini. Berikut Jakmall.com sudah siapkan beberapa cara mengatasi kulit kering yang mudah dan efektif.

1. Gunakan Pelembap Khusus

Gunakan Pelembap Khusus
Image Source: Pexels

Cara mengatasi kulit kering yang pertama adalah dengan menggunakan pelembab untuk kulit kering. Berbeda dari pelembap biasa, produk ini biasanya diformulasikan khusus dengan bahan aktif yang bisa menjaga kadar air dalam kulit.

Beberapa bahan aktif seperti hyaluronic acid, ceramide, glycerin, dan panthenol bekerja dengan menarik molekul air dan menahannya agar tidak menguap. Pastikan kamu menggunakan pelembap segera setelah mencuci muka.

Selain itu, untuk kulit badan, kamu bisa menggunakan body lotion untuk kulit kering dengan tekstur yang lebih tebal, tapi tetap mudah untuk diserap tubuh. Bisanya bagian kemasan produk ini diberi label khusus dengan tulisan ‘For Dry Skin’.

Aplikasikan kedua pelembap ini pada kulit secara merata dan tunggu hingga meresap sempurna sebelum beraktivitas kembali.

2. Hindari Handuk yang Kasar

Hindari Handuk yang Kasar
Image Source: Pexels

Benda yang kita gunakan sehari-hari juga bisa jadi penyebab kulit kering, handuk yang kasar contohnya. Handuk dengan kualitas buruk dapat merusak kondisi kulit. Selain itu gerakan menggosok yang dilakukan mengikis bagian terluar kulit sehingga semakin tipis dan mudah terkena infeksi.

Untuk mengatasi masalah ini, hindari membeli handuk dengan kualitas buruk dan serat yang kasar. Tak ada salahnya merogoh kocek sedikit lebih banyak agar bisa membeli handuk mandi berkualitas yang terbuat dari bahan katun.

Jual Naturehike Handuk Quick Dry Portable Ultralight Bath Towel
Kecantikan & Perawatan Lainnya Naturehike Handuk Quick Dry Portable Ultralight Bath Towel - MJ01/02 harga Rp 48.300 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Perhatikan pula cara kamu menggunakan handuk. Ubah kebiasaan menggosokkan handuk ke tubuh menjadi menepuk-nepuk secara perlahan. Cara ini tidak hanya efektif untuk mengeringkan tubuh, tapi juga menjaga kulit tetap lembap.

3. Minum Air 8 Gelas Per Hari

Minum Air 8 Gelas Per Hari
Image Source: Pexels

Seperti yang kita tahu, cairan merupakan elemen penyusun tubuh manusia terbesar. Inilah yang membuat konsumsi air sangat berpengaruh pada kesehatan, termasuk kondisi kulit. Cara mengatasi kulit kering selanjutnya adalah dengan minum 8 gelas air per hari.

Setiap harinya manusia memiliki batas asupan air sebanyak 8 gelas atau 2 liter. Jika tidak terpenuhi, hal ini dapat menyebabkan dehidrasi dan membuat tubuh menarik pasokan air dari seluruh bagian tubuh seperti kulit.

Konsumsi air yang cukup juga membantu proses produksi sel pada kulit sehingga tampak sehat dan bercahaya.

Jual AODMUKI Botol Minum Tumbler Double Storage Stainless Steel
Perlengkapan Dapur & Alat Masak AODMUKI Botol Minum Tumbler Double Storage Stainless Steel 600ml - AOM611 harga Rp 49.400 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

4. Mandi dengan Air Dingin

Mandi dengan Air Dingin
Image Source: Pexels

Tahukah kamu, meski membuat tubuh rileks dan dapat menghilangkan stres, mandi dengan air panas ternyata kurang bagus untuk kesehatan kulit. Air yang terlalu panas dapat menghilangkan lapisan minyak alami pada kulit sehingga menyebabkan kulit semakin kering.

Mandi dengan air dingin jadi cara mengatasi kulit kering yang bisa kamu lakukan di rumah. Air dingin dapat membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada kulit tanpa menghilangkan minyak alami yang diproduksi oleh kulit.

Namun, jika merasa sangat ini mandi dengan air panas, kamu bisa menggantinya dengan air hangat. Pastikan tidak mandi lebih dari 10 menit agar lapisan minyak alami kulit tetap terjaga.

5. Pertimbangkan Penggunaan Humidifier

Pertimbangkan Penggunaan Humidifier
Image Source: Pexels

Humidifier berfungsi untuk menjaga kelembapan dalam ruangan. Alat ini tentu bisa jadi solusi terbaik untuk menghindari kulit kering. Saat suhu udara semakin tinggi, tentu banyak orang yang menggunakan AC agar bebas dari rasa gerah dan panas.

Penggunaan AC yang terlalu lama dapat membuat kadar air dalam kulit berkurang. Untuk mengatasi hal ini kamu bisa meletakkan humidifier di meja kerja atau di samping tempat tidur selama menggunakan pendingin ruangan ini.

6. Pilih Sabun Mandi dari Bahan Lembut

Pilih Sabun Mandi dari Bahan Lembut
Image Source: Pexels

Jika kamu memiliki kulit kering, sabun dengan kandungan bahan kimia yang terlalu keras dapat membuatnya semakin parah. Pasalnya kandungan ini tidak hanya menyapu bersih lapisan minyak alami, tapi juga bisa menimbulkan iritasi.

Cara mengatasi kulit kering selanjutnya adalah dengan memilih sabun mandi dari bahan lembut. Hindari memilih sabun dengan kandungan alkohol, antiseptik, pewangi buatan, dan sodium lauryl sulfate.

Jual MeyJig Rak Tempat Sabun Kamar Mandi Serbaguna Soap Drain
Dekorasi MeyJig Rak Tempat Sabun Kamar Mandi Serbaguna Soap Drain Holder - Q-J742 harga Rp 6.300 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Sebagai gantinya kamu bisa memilih sabun dengan bahan utama minyak alami atau produk dengan label moisturizing atau mild soap. Kandungan dalam sabun ini tidak hanya berfungsi untuk membersihkan kulit, tapi juga memberikan kelembapan tambahan.

7. Konsumsi Makanan Kaya Nutrisi

Konsumsi Makanan Kaya Nutrisi
Image Source: Pexels

Selain dirawat dari luar dengan aneka produk perawatan, kulit kering juga harus dirawat dari dalam. Cara mengatasi kulit kering terakhir adalah mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi.

Pilih makanan yang memiliki kandungan antioksidan, omega-3, dan vitamin E tinggi, seperti tomat, ikan salmon, kacang almond, dan banyak lainnya.

Antioksidan berfungsi untuk melindungi kulit dari radikal bebas, omega-3 dapat menjaga kelembapan kulit, daan vitamin E bermanfaat untuk mencegah penuaan dini.

Kulit kering memang jadi masalah yang dihadapi banyak orang. Meski begitu bukan berarti kamu tidak bisa bebas dari masalah ini. Semoga artikel ini dapat membantu kamu menemukan cara mengatasi kulit kering yang tepat.

Selain itu, jangan lupa untuk gunakan sunscreen setiap beraktivitas di luar rumah, ya!


Sumber

American Academy of Dermatology Association. Dry Skin: Who Gets and Causes. https://www.aad.org/public/diseases/a-z/dry-skin-causes

Mayo Clinic. Dry Skin. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dry-skin/diagnosis-treatment/drc-20353891 Harvard Health Publishing. 9 Ways to Banish Dry Skin. https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/9-ways-to-banish-dry-skin