Yuk perhatikan mulai sekarang!

Saat kita buang air besar atau kecil di toilet umum maupun pribadi, biasanya kita membutuhkan tisu untuk keperluan kebersihan. Sebagian orang tidak terlalu memperhatikan bagaimana cara menggunakan tisu toilet yang benar.

Sebenarnya ada beberapa informasi tentang penggunaan tisu toilet yang sesuai anjuran. Berikut ini Jakmall Blog telah merangkum tips dan cara menggunakan tisu toilet yang perlu kamu ketahui.

1. Sebaiknya menggunakan tisu yang tidak mengandung parfum

Cara Menggunakan Tisu Toilet yang Benar| Source Image: Kumparan

Tisu toilet yang bagus ialah tisu yang berbahan lembut, ramah lingkungan, dan tidak mengandung parfum maupun pemutih. Bahan kimia pada tisu beraroma dapat mengganggu pH normal area kewanitaan. Hal tersebut bisa memicu pertumbuhan bakteri yang menyebabkan infeksi atau iritasi. Agar lebih higienis, jangan lupa gunakan dispenser tissue roll.

Mau beli dispenser tissue roll? Klik untuk dapat diskon menarik!

2. Pastikan membasuh dengan arah yang benar ya!

Cara Menggunakan Tisu Toilet yang Benar| Source Image: ajr_images

Saat membersihkan organ intim menggunakan tisu, sebaiknya membasuhnya dari arah depan ke belakang. Karena jika arahnya dari belakang ke depan, memungkinkan pemindahan kotoran ke area uretra yang bisa menyebabkan infeksi.

3. Menggosok dengan cepat dengan tekanan tinggi tidaklah diperlukan

Cara Menggunakan Tisu Toilet yang Benar | Source Image: diadona.id

Dr. Joel Krachman, MD, Kepala Gastroenterologi Atlanticare Regional Medical Center menjelaskan, saat mengusap tisu ke area dubur, sebaiknya cukup dilakukan perlahan dan tidak perlu menggosoknya secara cepat dengan tekanan tinggi. Hal ini dilakukan untuk menghindari iritasi kulit.

4. Bagaimana ketika hanya ada tisu toilet saat hendak buang air besar?

Cara Menggunakan Tisu Toilet yang Benar | Source Image: Unsplash/@kellysikkema

Orang Indonesia sudah terbiasa membersihkan diri dengan air dan sabun. Namun, ada kalanya kita tidak menemukan sumber air. Sebaiknya, selalu menyediakan tisu basah saat bepergian. Jika tidak membawanya, kamu bisa menuangkan beberapa tetes hand sanitizer ke tisu toilet sebelum menggunakannya. Pastikan hand sanitizer tidak mengandung alkohol atau pewangi kimia ya.

5. Gunakan tisu secukupnya dan buang ke tempat yang telah disediakan

Cara Menggunakan Tisu Toilet yang Benar | Source Image: iStock

Ada beberapa jenis tisu toilet yang beredar di pasaran. Jika ingin lebih hemat, kamu bisa memilih tisu toilet jenis 1 ply atau yang hanya memiliki satu lapisan saja. Jangan lupa gunakan tisu secukupnya ya. Walaupun cukup tipis, sifat kertas tisu tidak mudah larut akan menyebabkan toilet mampet dan tersumbat. Jadi, pastikan kamu membuang tisu toilet pada tempatnya ya.

6. Selalu cuci tangan dengan sabun dan air setelah menggunakan tisu toilet

Cara Menggunakan Tisu Toilet yang Benar | Source Image: theconversation.com

Toilet merupakan salah satu tempat di mana bakteri berkumpul. Oleh sebab itu, pastikan kamu mencuci tangan setelah menggunakan toilet. Bersihkan tangan menggunakan sabun dan air mengalir selama 15 detik.

Nah, itulah 6 tips dan cara menggunakan tisu toilet yang sebaiknya diketahui. Walaupun terdengar sepele, penggunaan tisu yang kurang tepat dapat mempengaruhi kesehatanmu.


Belanja di Jakmall makin hemat dengan promo Gratis Ongkir ke seluruh Indonesia!

Jangan lupa baca terus Jakmall Blog untuk tips menarik lainnya!

Baca juga: 6 Robot Vacuum Cleaner Murah dan Bagus di Bawah 500 Ribu