4 Cara Meningkatkan Percaya Diri yang Mudah dan Simpel

Beberapa cara meningkatkan percaya diri yang mudah dan simpel ini dijamin bisa bikin kamu makin semangat menjalani hari. Simak caranya di sini!

4 Cara Meningkatkan Percaya Diri yang Mudah dan Simpel
Image Source: Freepik
"Udah percaya diri aja!" Kata teman dan orang-orang terdekat, sambil melihat kamu yang gugup gemetar.

Kamu pasti pernah berada dalam situasi tersebut. Situasi ini biasanya muncul saat rasa percaya diri sedang anjlok, tapi kamu harus mengerjakan sesuatu.

Bagi banyak orang kata percaya diri memang sangat mudah diucapkan, tapi sungguh sulit untuk diterapkan. Perasaan minder atau ragu sering kali lebih domimnan sehingga kamu takut untuk bertindak atau mengambil keputusan.

Nyatanya, rasa percaya diri sendiri memang seperti kekuatan super.

Namun, tidak seperti Spiderman yang harus digigit laba-laba untuk mengeluarkan jaring dari tangannya, kamu dapat melatih rasa percaya diri ini sedikit demi sedikit.

Ada beberapa cara meningkatkan percaya diri yang mudah dan simpel sehingga bisa kamu lakukan sendiri di rumah

Cara Meningkatkan Percaya Diri

Cara Meningkatkan Percaya Diri
Image Source: freepik

Rasa percaya diri biasanya digambarkan sebagai keyakinan dan rasa nyaman akan diri sendiri. Jika kamu sudah mengenali kelebihan dan kekurangan diri, rasa percaya diri dapat dioperasikan seperti sakelar lampu yang dinyalakan dan dimatikan secara otomatis.

Tapi sayangnya, banyak orang yang belum sampai pada tahap ini. Padahal, jika kamu bisa mendapatkan rasa percaya diri ini, kemampuan dan potensi diri yang dimiliki bisa kamu maksimalkan.

Berikut beberapa cara mengingkatkan percayaan diri yang sudah Jakmall.com rangkum, khusus untuk kamu!

1. Asah Kemampuan

Mempelajari hal atau bidang kita geluti setiap hari memang membutuhkan niat sekuat baja. Apalagi untuk kamu yang sudah merasa kelelahan setelah seharian bekerja atau melakukan kesibukan lain.

Namun, aktivitas ini dapat memperluas wawasan dan meningkatkan kemampuan kamu untuk mengerjakan sesuatu. Awalnya mungkin terasa susah dan membosankan, tapi lama-kelamaan kamu akan terbiasa.

Pada akhirnya, kamu akan memperoleh rasa percaya diri di dibidang yang kamu tekuni, dan keberanian untuk mengulik hal-hal baru.

Nggak lagi deh jadi orang yang selalu nolak buat mengasah kemampuan.

2. Mencoba Berbagai Hobi

Selain menekuni bidang yang sudah dikuasai, tak ada salahnya untuk mempertimbangkan mencoba berbagai hobi.

Kamu bisa mulai mencoba dari hal-hal yang ada di sekitar kamu seperti belajar membuat kue, melukis, atau merajut. Selain bermanfaat untuk merilekskan pikiran, mencoba banyak hobi juga membuat kamu dapat lebih mengenal diri sendiri.

Jual WESEEKART Set Kuas Lukis Cat Air Minyak Nylon Paint Brush
Alat Tulis Kantor WESEEKART Set Kuas Lukis Cat Air Minyak Nylon Paint Brush 24 PCS - MSA-214 harga Rp 104.900 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Kamu bisa tahu jenis aktivitas apa yang paling cocok untuk dilakukan di waktu senggang. Tidak hanya itu, kamu juga bisa bertemu dan bertukar pikiran dengan orang-orang baru.

Tertarik mencoba cara meningkatkan percaya diri ini?

3. Lakukan Komunikasi Positif pada Diri Sendiri

Isi dalam kepala memang cuma kamu yang tahu. Cara komunikasi pada diri sendiri lah, yang membentuk diri kamu.

Ada pepatah yang mengatakan kalau kamu adalah orang yang paling mengenal diri sendiri. Maka, penting untuk memperharikan bagaimana kamu menyusun kata-kata dan intonasi di dalam kepala.

Seringkali rasa ragu muncul dari suara-suara yang ada di dalam diri sendiri. Coba pikirkan, berapa banyak kesempatan dan pengalaman yang kita tolak hanya karena mendengarkan ucapan negatif diri sendiri.

Penting untuk bersikap baik pada diri sendiri. Mulailah dari melatih suara-suara yang ada di kepala. Luangkan waktu untuk menyelami isi pikiran dan memperkuat diri bahwa kamu adalah orang keren yang selalu berani mencoba.

4. Berolahraga Secara Rutin

Tahu banget deh, kalau olahraga selalu jadi hal yang dianjurkan untuk mengatasi berbagai masalah. Mulai dari meningkatkan mood, mengatasi rasa sedih dan depresi, hingga banyak masalah kesehatan lainnya.

Hal ini karena memang, dengan berolahraga, tingkat kepercayaan diri kamu akan meningkat. Langkah-langkah kecil yang diambil saat mulai berlari, gesekan sepatu pada aspal, dan setiap lompatan dibuat dapat membantu pikiran serta tubuh kamu bergerak.

Jual Kingsmith WalkingPad Treadmill Alloy Version - WPC1F
Yoga & Fitness Kingsmith WalkingPad Treadmill Alloy Version - WPC1F (Global Version) harga Rp 3.599.900 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Mungkin selama ini pikiran dan tubuh masih tertinggal pada kenangan beberapa tahun silem yang membuat kita terasa 'berhenti' di tempat. Berolahraga dapat membantu kamu kembali ke masa sekarang.

Selain itu, dengan berolahraga, tubuh kamu akan menjadi lebih sehat dan membuat postur tubuh yang lebih baik.

Tindakan sederhanana seperti berdiri tegak, dan membuat gerakan tangan yang terbuka dapat menstimulasi pikiran untuk lebih percaya diri.

Ingat bahwa pahlawan super pun memiliki musuh dan mungkin musuh yang harus kamu takhlukan adalah diri sendiri. Menyukai semua yang ada pada diri sendiri bisa menjadi langkah awal untuk membangun rasa percaya diri.

Jangan biarkan ketakutan dan keraguan yang ada di kepala memenuhi dan mengendalikan pikiran kamu.

Sadari bahwa setiap masalah dan tantangan yang muncul akan membuat kamu jadi lebih kuat dan tersenyum lebar, sama seperti serial kartun yang sering kamu tonton di sore hari ketika kecil.

Bahkan ketika kamu gagal pun, akan selalu ada hal yang dapat dipelajari dan ditertawakan yang membuat hidup menjadi berharga untuk dijalani.