Cari Tahu Alternatif Mie Sehat, Supaya Ga Mie Instan Melulu!

Mie instan memang nikmat, namun konsumsi berlebihan bisa membahayakan tubuh. Cari tahu alternatif mie instan yang lebih sehat disini.

Cari Tahu Alternatif Mie Sehat, Supaya Ga Mie Instan Melulu!
Source: Freepik

Siapa disini yang tidak suka mie instan? Rasanya yang nikmat tentu membuatnya menjadi makanan favorit banyak orang. Namun sangat disayangkan, kandungan gizi pada mie instan tergolong kurang sehat, apalagi jika dikonsumsi secara rutin. Jika kamu memiliki budget lebih, kamu bisa beralih ke mie alternatif yang lebih menyehatkan dan aman dikonsumsi secara rutin. Berikut rekomendasinya!

Mie Shirataki

Source: Healthline

Mie jenis ini menggunakan bahan baku konyaku atau konjac. Bahan ini memiliki kandungan yang jauh lebih menyehatkan dibandingkan mie biasa yang terbuat dari tepung. Saat memakan mie biasa, mulut dan tenggorokan akan terasa kering. Berbeda dengan mie shirataki, konyaku memiliki kandungan air sekitar 90-an persen terkandung dari brandnya. Dengan begitu, kamu tidak akan terasa haus setelah memakan mie ini.

Selain kandungan air yang tinggi, mie shirataki memiliki kandungan gizi lain yang menyehatkan seperti serat tinggi. Serat ini dapat membantu proses pencernaan dan metabolisme tubuh secara keseluruhan. Dalam 100 gram mie shirataki, ada sekitar 3 gram serat. Asupan serat yang cukup membuatmu dapat merasa kenyang lebih lama sehingga mie ini cocok dinikmati saat diet atau berpuasa. Selain berserat tinggi, mie ini pun memiliki kadar lemak 0. Jadi, kamu bisa makan mie shirataki lebih sering dibandingkan mie biasa atau mie instan.

🍲

Mie/Pasta Gandum Utuh

Source: Livestrong

Memiliki variasi bentuk yang mirip dengan mie, pasta gandum bisa menjadi alternatif agar kamu tidak makan mie instan melulu. Kandungan serat dan protein pada pasta gandum utuh dapat membantumu untuk kenyang lebih lama sehingga metabolisme tubuh juga lebih terjaga.

Dilansir dari Weight Loss Resources, 100 gram pasta gandum utuh memiliki jumlah kalori sekitar 326 kalori. Kandungan lain pada 100 gram pasta utuh meliputi karbohidrat 62.2 gram, protein 13.5 gram, lemak 2.6 gram, dan serat sekitar 8 gram.

Kandungan gizi pada pasta gandum utuh membuatnya jauh lebih sehat dibandingkan dengan mie tepung biasa yang digunakan pada mie instan. Kandungan protein yang lebih tinggi dari telur, serta jumlah serat yang banyak membuat mie gandum utuh menjadi alternatif yang tepat untuk kamu yang ingin lebih sehat.

Mie Soba

Source: Freepik

Salah satu jenis mie yang aman dikonsumsi setiap hari adalah mie soba. Mie ini terbuat dari buckwheat atau gandum hitam. Bahan makanan ini tidak mengandung gluten. Jadi, mie soba aman dikonsumsi untuk kamu yang alergi gluten atau terkena penyakit celiac.

Dari segi kandungan, mie soba sendiri dilansir dari Very Well Fit memiliki kandungan 21 gram karbohidrat, 5.1 gram protein, 99 kalori, dan 0.1 gram lemak. Kandungan gizi dalam 100 gram mie soba jelas lebih sehat dibandingkan dengan mie biasa. Karena itu, mie ini sangat aman untuk konsumsi harian.

Pasta Putih

Source: Freepik

Pasta putih bisa menjadi opsi jika kamu ingin mengkonsumsi makanan sejenis mie namun lebih sehat. Makanan ini biasanya terbuat dari tepung semolina serta ditambahkan vitamin dan mineral ke dalamnya. Satu porsi pasta putih sebanyak 100 gram memiliki kandungan protein 7 gram, serat 3 gram, dan karbohidrat 42 gram. Kamu bisa membuat hidangan pasta lebih bergizi dengan pilihan lauk dan sayur yang tepat.

🍲

Empat jenis mie dan pasta di atas bisa menjadi alternatif yang tepat untuk kamu yang menginginkan mie yang lebih sehat. Tentu keempat mie tersebut memiliki harga yang sedikit lebih mahal dari mie biasa. Namun biaya tersebut akan sepadan dengan manfaat kesehatan yang kamu dapatkan di kemudian hari.