12 Cemilan & Makanan Musim Hujan Khas Indonesia!

12 Cemilan & Makanan Musim Hujan Khas Indonesia!

Dingin-dingin emang enak cari yang hangat 😋

Cemilan saat musim hujan kayaknya cocok banget buat dinikmati di cuaca dingin seperti ini. Apalagi kalau kamu gak sempat beli makanan ringan musim hujan dari tempat jualan di luar. Tapi masih banyak kok cara buat kamu memanjakan diri di musim hujan. Bisa dengan kamu memesannya via ojek online atau membuat sendiri di rumah. Seru juga kan kalau kamu bisa rame-rame bikinnya bareng keluarga.

Ada beberapa cemilan saat musim hujan di Indonesia yang merupakan ciri khas dan sudah banyak dikenal sebagai teman di cuaca dingin. Terutama makanan musim hujan adalah caramu untuk menghangatkan diri bukan? Nah, berikut ini 12 cemilan dan makanan musim hujan khas Indonesia yang bisa jadi referensi kamu.

1. Mendoan Panas Asal Banyumas Jadi Teman Saat Nonton TV Bareng Keluarga

12 Cemilan & Makanan Musim Hujan Khas Indonesia! | Image Source: Selerasa

Kalau kamu mencari makanan yang cocok untuk musim hujan bersama keluarga adalah mendoan. Cemilan saat musim hujan asal daerah Banyumas ini juga termasuk mudah untuk dibuat. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya pun mudah sekali dicari. Kamu pun cuma tinggal menggorengnya di minyak panas. Perlu diingat kalau mendoan lebih enak buat dimakan saat masih hangat.

Butuh Wajan baru untuk goreng mendoan? Klik aja, Diskon Hingga 50%

2. Cari yang Hangat-hangat di Musim Hujan? Kembang Tahu Asal Jawa Barat Cocok Banget

12 Cemilan & Makanan Musim Hujan Khas Indonesia! | Image Source: Phinemo

Di Bandung biasanya ada salah satu jajanan musim hujan yang sering dicari. Kembang tahu merupakan makanan di musim hujan untuk menghangatkan tubuh sekaligus menyamankan perutmu. Sari pati tahu yang disiram dengan kuah jahe dan gula aren, wuihhh bayangkanlah betapa nikmatnya cemilan musim hujan ini.

3. Coba Aja Tunggu Abang-abang yang Jualan Bajigur Keliling di Depan Rumahmu

12 Cemilan & Makanan Musim Hujan Khas Indonesia! | Image Source: Pinterest

Masih banyak minuman hangat yang cocok untuk musim dingin, seperti bajigur. Terbuat dari campuran santan, manis gula jawa, dan berwarna kecoklatan merupakan ciri khas dari minuman asal Jawa Barat ini. Biasa dijual dengan gerobak, kamu bisa menikmatinya sambil ditemani dengan cemilan musim hujan yang lain. Yuk cari tahu resep cemilan saat musim hujan lainnya!

Pakai Payung Cantik ini untuk beli bajigur pas abangnya keliling!

4. Olahan Jagung Rebus atau Jagung Bakar Adalah Cemilan Musim Hujan Paling Tepat!

12 Cemilan & Makanan Musim Hujan Khas Indonesia! | Image Source: Delik Kalbar

Nonton TV atau streaming film di musim hujan paling tepat kayaknya kalau ditemani sama jagung bakar. Mungkin kalau jagung bakar terlalu ribet dibuat, kamu bisa mengolahnya dengan langsung merebus saja. Kandungan karbo pada jagung dapat menjadi pengganti nasi jikalau kamu sedang tidak nafsu makan.

TV sering kesemutan saat hujan? Yuk Beli Antena TV baru di Jakmall!

5. Kacang Rebus, Makanan Ringan Musim Hujan yang Gampang Ditemukan di Pinggir Jalan

12 Cemilan & Makanan Musim Hujan Khas Indonesia! | Image Source: Kompasiana

Kamu lagi terjebak macet di jalan? Daripada kamu kelamaan sampai rumah dan kelaperan, kacang rebus bisa menjadi penyelamatmu. Ditambah lagi, banyak banget yang jualan usaha makanan musim hujan ini bahkan di pinggir jalan sekalipun. Kacang rebus juga merupakan cemilan musim hujan yang pas kalau dimakan saat lagi nonton bola bersama teman-temanmu.

6. Keluar Rumah Lalu Cari Abang Tukang Bakso, Musim Hujan Jadi Terasa Hangat

12 Cemilan & Makanan Musim Hujan Khas Indonesia! | Image Source: ResepKoki

Menyeruput kuah bakso sambil berteduh dari derasnya hujan pasti jadi momen paling kamu idamkan. Hangatnya kuah tersebut bisa menghilangkan rasa kesal dari hujan yang tidak berhenti-henti. Resep makanan saat musim hujan ini juga bisa kamu coba dengan mudah di rumah. Tapi kalo mager, yaudah tinggal keluar rumah terus cari abang tukang bakso deh. Makanan musim hujan yang paling cihuy kan?

Beli bakso keluar saat hujan, jangan lupa pakai Jas Hujan Tebal ini!

7. Pisang Goreng, Teman Semua Orang Saat Butuh Cemilan di Cuaca Hujan

12 Cemilan & Makanan Musim Hujan Khas Indonesia! | Image Source: HappyFresh

Kalau ada yang bertanya, "ujan gini enaknya ngemil apa ya?", jawaban yang paling tepat adalah pisang goreng. Kumpul bareng keluarga di ruang tengah sambil bersenda gurau di sore hari adalah kehangatan yang tidak akan tergantikan. Semua orang pun bisa mencoba resep cemilan saat musim hujan ini. Cara memasaknya yang gampang tidak akan menyulitkanmu ketika ingin membuatnya.

8. Siapa yang Tidak Tahu Wedang Ronde? Minuman Sekaligus Cemilan yang Ampuh Hilangkan Suasana Dingin

12 Cemilan & Makanan Musim Hujan Khas Indonesia! | Image Source: Travelingyuk

Wedang ronde banyak dijual di pinggir-pinggir jalan. Lantaran minuman sekaligus cemilan saat musim hujan ini sangat pas untuk menemani cuaca yang dingin. Berisikan tepung ketan berbentuk bulat, kacang tanah, kolang-kaling, dan air jahe yang hangat. Cocok disandingkan saat sedang menikmati pisang goreng yang barusan kamu buat tadi tuh. Perlu diketahui, wedang ronde sendiri merupakan usaha makanan musim hujan yang paling sering dicari.

9. Pempek Palembang Wong Kito Galo Lengkap dengan Cukanya yang Nikmat

12 Cemilan & Makanan Musim Hujan Khas Indonesia! | Image Source: Lagi Makan

Sebenarnya kalau orang Palembang sendiri tidak harus menunggu momen musim hujan untuk menikmati pempek. Kamu bisa kapan saja memakan pempek sebagai teman kumpul bareng keluarga di rumah. Tapi rasanya akan jadi lebih nikmat kalau bisa menyantapnya saat di musim hujan begini. Kalau kamu penasaran gimana cara membuatnya, pastikan kamu bertanya ke temanmu yang asli orang Palembang tentang resep makanan di musim hujan ini ya.

10. Makanan Musim Hujan Khas Jawa Timur Ini Bisa Sekalian Menjadi Lauk

12 Cemilan & Makanan Musim Hujan Khas Indonesia! | Image Source: Inibaru

Rawon adalah makanan sering kali disajikan di restoran atau rumah makan. Hidangan berkuah hitam dari Jawa Timur ini cocok dinikmati dengan nasi. Kuahnya yang hangat dapat menjadi lauk makan paling ideal ketika musim hujan. Coba minta mama atau istri di rumah untuk memasak menu musim hujan ini. Siapa tahu selera makanmu jadi lebih baik kan? Maklum musim hujan begini biasanya jadi agak kurang nafsu makan.

11. Kalau Mau Lebih Mudah Lagi Memasaknya, Sop Ayam Makin Sederhana untuk Dibuat Sendiri

12 Cemilan & Makanan Musim Hujan Khas Indonesia! | Image Source: Kumpulan Resep Masakan

Makanan yang cocok untuk musim hujan paling simple dan mudah dibuat adalah sop ayam. Kamu bahkan bisa mencari resep makanan di musim hujan ini di internet. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun terhitung mudah didapatkan. Sop ayam juga cocok banget untuk kamu konsumsi kalau sedang sakit di musim hujan. Hanya sekedar menyeruput kuahnya dijamin bikin badan kamu lebih membaik.

Kalaumau lebih gampang, yuk beli Cemilan Musim Hujan di Jakmall!

12. Last and Only, Mie Rebus Sebagai Makanan Musim Hujan Favorit Semua Orang!!!

12 Cemilan & Makanan Musim Hujan Khas Indonesia! | Image Source: OpenRice Indonesia

Mie rebus + telur ceplok + irisan cabe rawit dan dinikmati sambil nonton TV atau streaming film adalah surga yang diinginkan oleh semua orang ketika musim hujan. Cara membuat mie rebus sebagai makanan musim hujan pun sangatlah mudah bukan? Ehh..tapi lebih gampang lagi kalau minta buatkan sama temanmu hahaha. Ya, pokoknya mie rebus adalah yang paling juara deh. Tidak tergantikan!

Berbagai makanan dan cemilan musim hujan di atas tadi bisa kamu coba sendiri untuk membuatnya. Atau kalau agak mager (hihihi), kamu tinggal beli saja. Yang jelas, asupan kamu selama musim hujan seperti ini juga dapat mempengaruhi kesehatanmu loh. So, pastikan kamu tetap menjaga suhu tubuhmu!


Musim hujan mager keluar? Belanja aja di Jakmall, bisa dapat Gratis Ongkir!

Cek tips & info menarik lainnya di sini!