4 Game PC Jadul yang Fenomenal di Masanya

Meski tidak bisa bermain co-op atau bermain bersama teman, game-game dahulu memiliki keunikan tersendiri yang tidak bisa dibandingkan dengan game-game saat ini.

4 Game PC Jadul yang Fenomenal di Masanya
Image Source: Freepik

Bagi Anda yang lahir di era tahun 90-an, Anda pasti tidak mengenal game-game komputer berikut. Meski tidak sekompleks dan kompetitif game mobile saat ini, game-game komputer ini bikin Anda betah berlama-lama di depan komputer. Beberapa dari Anda mungkin sering dimarahi orangtua karena terlalu fokus bermain game ini dan melupakan PR atau tugas sekolah lainnya. Berikut game jadul yang bikin Anda ketagihan memainkannya.

1. Minesweeper

Image Source: minesweeper online

Minesweeper adalah salah satu game bawaan yang secara gratis Anda dapatkan saat PC Anda terinstal dengan windows 98. Game ini memiliki keasyikan tersendiri dengan model puzzle atau teka-teki yang harus Anda pecahkan. Dalam game ini, Anda harus menebak kotak yang benar untuk menyelesaikan permainan.

Jika tebakan Anda salah, Anda akan menemukan ranjau (mines) dan permainan berakhir atau game over. Jika Anda berhasil menyelesaikan pertandingan, maka Anda akan melaju ke stage selanjutnya dengan field atau kolom yang lebih besar. Yang menarik dari game ranjau klasik ini adalah adanya kode-kode unik dalam bentuk nomor 1 hingga 3 yang dapat memberitahu Anda dimana letak atau posisi ranjau berada.

2. Ski Free

Image Source: Skifree online

Ski free jadi salah satu game yang pernah sangat familiar. Game ini mengharuskan Anda untuk berselancar sejauh mungkin dan melewati berbagai rintangan saat seperti pohon, papan, batu dan lainnya.

Satu hal yang menarik dan membuat kesal yaitu kedatangan monster yang tiba-tiba mendekat dan melahap karakter yang Anda mainkan. Hal ini terus-menerus berlanjut bahkan setelah Anda mengulangi permainan. Meski Anda berpindah rute jalan yang dilalui, monster tersebut tetap menghampiri Anda. Belum diketahui pasti bagaimana cara untuk menghindari sergapan monster tersebut.

3. Solitaire

Image Source: solitaired.com

Solitaire adalah game kartu yang sangat populer dan menyenangkan untuk menghabiskan waktu santai. Tidak seperti kedua game sebelumnya, game ini tidak akan membuat kesal karena Anda hanya perlu mencocokkan kartu dan merapikan semua kartu yang teracak sebelumnya. Meski gamenya tergolong game yang mudah, tetapi Anda tidak boleh asal saat memposisikan kartu.

4. Rattle Race

Image Source: retrolorian.com

Siapa sih yang tidak tau dengan game ular? Di era 90-an, game genre ular ini sangat sering dimainkan anak-anak kala itu. Tidak hanya memainkannya di komputer, tetapi juga dimainkan di ponsel. Jika game ponsel dikenal dengan game Snake, di komputer lebih dikenal dengan game Rattle Race.

Seperti game ular pada umumnya, game mengharuskan Anda untuk memakan buah yang ada di bidang permainan. Semakin banyak buah yang dimakan, semakin panjang pula ukuran ular. Panjangnya ukuran ular akan menjadi penilaian pada tabel top score saat mencapai poin tertinggi.

***
Itulah 4 game jadul yang sangat seru dimainkan di era 90-an. Meski tidak bisa bermain co-op atau bermain bersama teman, game-game dahulu memiliki keunikan tersendiri yang tidak bisa dibandingkan dengan game-game saat ini.