Setiap manusia setara

Hari Difabel Internasional adalah hari besar diperingati setiap tanggal 3 November. Hari besar sedunia ini telah dirayakan selama 28 tahun, tepatnya pertama kali di tahun 1992. Biasanya momen ini digunakan untuk meningkatkan kepedulian bahwa komunitas difabel juga memiliki hak dan kewajiban yang setara dengan orang lainnya.

Apa kamu juga ingin belajar menghargai para komunitas difabel? Lakukanlah 4 cara ini supaya kamu dapat secara nyata menghargai para rekan difabel. Tidak hanya pada hari difabel internasional, tetapi juga setiap waktu dan kesempatan.

1. Hindari stigma negatif tentang komunitas difabel

Hari difabel internasional | Source image: medium.com

Para komunitas difabel biasanya harus berusaha lebih keras dibanding non-difabel dalam dunia kerja, pendidikan, dan lainnya. Tetapi, walaupun memiliki keterbatasan, banyak teman-teman difabel yang sebenarnya memiliki kemampuan yang tidak kalah dengan non-difabel. Oleh karena itu, kita harus meninggalkan pandangan bahwa kaum difabel lebih rendah dari orang lain.

Saat ini, kesempatan bagi komunitas difabel dalam lapangan kerja juga sudah terbuka lebar. Kegiatan-kegiatan mulai dari pelatihan hingga workshop khusus sering dilakukan pemerintah dan organisasi lainnya. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk membantu teman-teman difabel meraih karir yang mereka idamkan.

2. Jangan memandang sebelah mata atau mengabaikan para rekan difabel

Hari difabel internasional | Source image: yonah.org

Keterbatasan tidaklah menjadi penghalang bagi komunitas difabel untuk mengasah potensi diri mereka. Banyak dari para komunitas ini justru memiliki keinginan dan potensi yang kuat untuk dapat bekerja. Maka dari itu, kamu bisa membantu dengan memberdayakan para rekan difabel sebagai tenaga kerja.

Saat berada dalam sebuah bisnis pun, kamu harus melihat rekan difabel sebagai konsumen yang sama dengan konsumen lainnya. Mereka sebenarnya bisa menjadi pelanggan yang menguntungkan lho. Jadi, para komunitas difabel juga layak mendapatkan pelayanan sesuai keinginan dan kebutuhan mereka.

3. Bantulah para komunitas difabel jika mereka memerlukan pertolongan

Hari difabel internasional | Source image: sinarpidie.co

Cara paling mudah untuk menghargai para komunitas difabel adalah membantu mereka dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, kamu tidak ragu untuk membantu rekan difabel ketika melihat mereka hendak menaiki transportasi umum. Tetapi, tetap bertanyalah terlebih dahulu apakah ia memerlukan bantuan. Hal yang serupa juga bisa dilakukan ketika ada rekan difabel yang ingin menyebrang jalan.

Bantu turunkan angka penularan dengan masker antivirus termurah di sini!

4. Hari Difabel Internasional mengingatkan kita bahwa keberagaman harus diajarkan sejak dini

Hari difabel internasional | Source image: sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id

Ada baiknya kita mengajarkan perbedaan sejak dini kepada anak kita. Apalagi persepsi terhadap para teman kita yang menyandang difabel. Kita dapat mengajarkan bahwa ada beberapa rekan yang memiliki perbedaan kemampuan dan fisik. Tetapi, bukan berarti mereka tidak setara dibandingkan dengan orang lain.

Seandainya kita berhasil mengajarkan hal ini, si kecil akan memiliki rasa simpati dan empati ketika bertemu dengan rekan difabel. Ia pun akan tumbuh untuk menghargai perbedaan dan memiliki toleransi serta empati yang tinggi.

Itu dia beberapa cara menghargai teman-teman difabel yang dapat dilakukan. Semoga kita dapat selalu ingat untuk selalu menghargai para rekan difabel dengan adanya Hari Difabel Internasional ke-28 ini.


Cek kesehatanmu secara berkala dengan alat medis terlengkap dan termurah di Jakmall.com!

Klik di sini untuk dapatkan informasi seputar hari besar lainnya!

Baca juga: Sambut Hari Guru Nasional 2020, Ini 5 Cara Merayakannya Saat Pandemi