Ini Alasan Mengapa Banyak Orang Menyukai Kucing sebagai Peliharaan

Berinteraksi dengan kucing dapat menghilangkan stress sehingga kamu bisa beraktivitas dengan lebih produktif setiap harinya.

Ini Alasan Mengapa Banyak Orang Menyukai Kucing sebagai Peliharaan
Image Source: Freepik

Kucing merupakan hewan mamalia berbulu berkaki empat yang menggemaskan. Dengan tingkahnya yang kadang unik dan lucu, tidak heran jika kucing menjadi hewan peliharaan favorit. Namun tidak hanya kelakuannya saja, ternyata ada beberapa kelakuan dan dampak positif yang bisa diberikan kucing loh. Inilah beberapa alasan kenapa kucing disukai oleh banyak orang.

Pelepas Stress

Image Source: Freepik

Siapa yang menyangka bahwa kucing dapat membantu melepaskan stress? Ternyata, saat kamu mengelus kucing dengan tulus, ada hormon-hormon penenang yang dilepaskan otak sehingga muncul rasa nyaman dan tenang. Kontak fisik ini juga dapat membantu kucing agar merasa aman dan nyaman untuk terus berada di dekatmu.

Suara purring atau dengkuran kucing juga ternyata memiliki frekuensi yang tergolong therapeutic atau memiliki sedikit efek terapi. Namun, suara ini tidak bisa keluar secara sembarangan. Seekor kucing harus merasa nyaman dulu dengan lingkungan dan orang di sekitarnya, barulah suara tersebut bisa dikeluarkannya.

Suhu tubuh kucing secara umum cenderung lebih hangat. Kehangatan ini mampu memberikan rasa nyaman saat kamu memeluk kucing. Bulu-bulunya yang halus juga dapat membantumu merasa lebih tenang setelah seharian beraktivitas.

Tergolong Bersih

Image Source: Freepik

Meskipun kotoran dan air seni kucing memiliki bau yang kurang menyenangkan, namun ternyata kucing jauh lebih bersih dibandingkan dengan hewan peliharaan berbulu lainnya loh. Kucing memiliki mekanisme bersih-bersih sendiri, yaitu dengan ‘mandi’ ala kucing atau menjilati tubuhnya.

Saat menjilati tubuh, bulu-bulu yang sudah rusak beserta kotoran akan terangkat. Beberapa kucing akan menelan bulu ini. Itulah kenapa terkadang mereka akan melakukan reaksi seperti muntah untuk mengeluarkan bulu-bulu yang tertelan.

Selain sering mandi, kucing juga tau di mana tempat dia biasa membuang kotoran. Cukup letakkan bak pasir, lalu biasakan kucing untuk buang air di sana. Jika dibandingkan dengan anjing, kucing jauh lebih mudah untuk dilatih buang air. Ketika kucing di rumahmu sudah terbiasa buang air di bak pasir, maka kotoran kucing akan lebih mudah dibersihkan.

Meskipun sering menjilati badan sendiri, kamu tetap harus melakukan grooming atau perawatan ya, apalagi jika kucingmu merupakan kucing ras berbulu panjang. Sisir bulunya agar tidak kusut dan potong kukunya dengan gunting kuku hewan. Kuku yang terlalu tajam dapat melukai orang lain dan kucing itu sendiri saat sedang menggaruk tubuhnya.

Lebih Banyak Diam

Image Source: Freepik

Pada hakikatnya, kucing termasuk hewan nokturnal atau malam hari. Jadi, kucing akan lebih sering tidur atau chill di sudut rumahmu saat siang hari. Karena lebih banyak diam, kamu tidak perlu khawatir jika kucingmu akan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Namun, tidak semua kucing terus diam di rumah. Saat menginjak usia remaja, kucing bisa sangat aktif. Untuk memfasilitasi fase tersebut, kamu bisa menggunakan mainan kucing atau melakukan lebih banyak interaksi.

Saat kucing sedang beristirahat, kamu bisa menggunakan rumah kucing ataupun menyediakan satu sudut khusus sebagai tempat langganan si kucing untuk sekedar rebahan atau tidur. Dengan memberikan tempat istirahat khusus, kucingmu akan semakin nyaman di dalam rumah dan tidak akan mudah kabur.

Independen dan Mudah Diajak Komunikasi

Image Source: Freepik

Kucing juga merupakan hewan yang cukup independen sehingga tidak perlu perhatian terus-menerus seperti anjing. Kamu bisa membiarkan kucing keluar sebentar karena besar kemungkinannya kucingmu akan kembali ke rumah untuk makan atau buang air.

Saat berada di dekat pemilik atau manusia lain, kucing cenderung memiliki cara-cara tersendiri untuk menarik perhatian seperti mengeong, mengusapkan kepala ke kaki, atau berjalan di dekat manusia secara terus-menerus. Gerakan-gerakan ini menunjukkan bahwa kucing ramah terhadap manusia dan ingin berkomunikasi.

***
Karakteristiknya yang cenderung menggemaskan dan sering bertingkah lucu membuat kucing bisa menjadi peliharaan yang tepat untuk menemanimu di rumah atau kosan. Berinteraksi dengan kucing dapat menghilangkan stress sehingga kamu bisa beraktivitas dengan lebih produktif setiap harinya.