Hayo siapa yang belum bisa bedain?

"Universal Serial Bus" atau yang sering disebut dengan USB memang nggak bisa dipisahkan dari smartphone yang sering kita gunakan sehari-hari. Sayangnya masih banyak yang belum mengetahui tentang type atau jenis kabel USB.

Padahal type USB nggak hanya satu lho Jakmallers. Berikut ini Jakmall Blog telah merangkum informasi mengenai type USB yang ternyata memiliki jenis dan bentuk yang berbeda-beda. Yuk kita pelajari bareng-bareng!

1. USB Type A paling banyak ditemukan pada berbagai perangkat

Ini Dia Bedanya USB Type A, B, dan C yang Sebaiknya Kamu Ketahui | Image Source: Amazone

USB type A sepertinya udah nggak asing lagi di mata Jakmallers, pasalnya banyak sekali perangkat dan alat yang menggunakan sambungan USB type A. Misalnya DVD, Xbox, PlayStation, personal komputer, mouse dan juga smartphone. Pada smartphone biasanya USB type A dikombinasikan pada micro USB.

2. USB Type B yang paling jarang ditemukan

Ini Dia Bedanya USB Type A, B, dan C yang Sebaiknya Kamu Ketahui | Image Source: perfectcircuit

USB type B memang yang paling jarang ditemui. Wajar aja sih, karena biasannya digunakan sebagai penyambung eksternal pada mesin printer (kabel USB printer) atau scanner. Walaupun jarang ditemukan, masih ada sebagian kecil smartphone yang menggunakan kabel jenis ini.  Kecepatan transfer pada USB Type B mencapai hingga 5 Gbps lho. Perbedaan  antara USB type B dengan  type C dan type A sangatlah mencolok. Karena bentuknya yang hampir seperti kubus dan lebih tebal dibandingkan type yang lain.

3. USB Type C yang bersifat reveresible

Ini Dia Bedanya USB Type A, B, dan C yang Sebaiknya Kamu Ketahui | Image Source: pinterkomputer.com

Smartphone dan gadget yang baru rilis rata-rata telah menggunakan USB Type C. Walaupun telah muncul semenjak tahun 2014, ternyata nggak semua smartphone menggunakan USB type ini.

USB Type C mampu menghantarkan tenaga sebesar 100 Watt. Menggunakan USB Type C memiliki banyak keuntungan salah satunya bersifat reveresible. Artinya kamu bisa menggunakan kedua belah sisi manapun, tanpa takut posisinya terbalik atau tidak tepat.

Gimana Jakmallers, sekarang udah tau kan di mana perbedaan jenis-jenis kabel USB? Semoga kamu nggak bingung lagi ya buat menentukan type USB mana yang cocok buat barang kesayanganmu.

Bingung mau belanja di mana? Yuk kepoin 'Smart Charging Cable' pusatnya USB murah terbaik!

Jangan lupa baca terus Jakmall Blog, untuk update perkembangan teknologi terkini :)