Mungkin sudah pada tahu tipe MBTI kamu apa, tapi tahu tidak kelebihan tes ini?

Tes kepribadian atau psikologi tentunya sudah tidak asing saat ini. Salah satu tes kepribadian yang lagi ngetren sekarang pastinya tes kepribadian MBTI (Myer-Briggs Type Indicator). Pernah dengar tentang MBTI kah, Jakmallers? Bagi yang belum tau, kalian bisa mengikuti tes psikologi ini secara online.

Banyak yang mengatakan bahwa tes kepribadian MBTI ini lebih akurat jika dibandingkan dengan tes-tes psikologi lainnya. Mau tau kelebihan lainnya? Simak lebih lanjut 5 kelebihan lain daripada tes kepribadian MBTI.

1. Tidak hanya kepribadian dasar introvert atau ekstrovert, tapi ada 8 sifat dasar.

5 Kelebihan Tes Kepribadian MBTI | Source Image: 16personalities.com

Ketika ikut tes kepribadian pertanyaan yang paling diperhatikan adalah “Ini gue banget nggak ya?”. Nah, tes kepribadian MBTI membagi manusia menjadi 16 kombinasi tipe kepribadian berdasarkan 8 sifat dasar. Dengan sistem ini, tentunya hasil yang didapatkan akan lebih fokus atau spesifik sehingga pasti lebih akurat.

Dengan mengikuti tes MBTI, kamu bisa tau apa sifat-sifat dasar kamu seperti misalkan, kepribadian INFP yang memiliki sifat-sifat Introverted (I), Intuitive (N), Feeling (F), dan Perceiving (P). Jika keseluruhan, dapat dikatakan bahwa INFP adalah seseorang yang pendiam, idealis, kreatif, dan memiliki prinsip yang kuat.

2. Tes MBTI dapat diakses secara online dan tidak dikenakan biaya!

5 Kelebihan Tes Kepribadian MBTI | Source Image: serialstartups.co

Tes kepribadian MBTI dapat dengan mudah diakses dengan hanya bermodalkan gadget dan internet saja. Tes MBTI versi Indonesia bisa diakses melalui situs web 16personalities.com/id. Kamu tinggal mengisi pertanyaan-pertanyaan dengan memilih setuju, tidak setuju, atau netral. Supaya hasilnya lebih akurat, usahakan untuk tidak mengisi pertanyaan dengan pilihan netral.

3. Bingung mikirin masa depan? Tes kepribadian MBTI juga bisa nunjukin minat dan pekerjaan yang cocok buat kamu

5 Kelebihan Tes Kepribadian MBTI | Source Image: verywellmind.com

Selain semakin mengenal dirimu sendiri, tes MBTI juga dapat membantu kamu dalam mengetahui minat dan karir yang sesuai denganmu. Dapat kita lihat dari contoh tipe kepribadian MBTI yang paling langka, INTJ.

Seorang INTJ suka menyempurnakan detail-detail kehidupan, menuangkan kreativitas, dan rasionalitas dalam kegiatannya. Dengan karakteristik-karakteristik ini, tipe INTJ cocok dengan pekerjaan seperti manajer proyek, system analysts, dan marketing strategist.

Perlu sepatu kerja formal untuk pergi ke kantor? Buruan beli di Jakmall.com #PastiUntung

4. Ketahui tipe MBTI yang cocok menjadi teman dan pendamping hidupmu

5 Kelebihan Tes Kepribadian MBTI | Source Image: medium.com

Mencari teman dan pasangan hidup yang klop banget sama kamu bukanlah hal yang mudah. Tetapi, dengan tes MBTI ini, kamu juga bisa mengetahui tipe-tipe MBTI apa aja yang serasi dengan tipemu sendiri loh.

Yuk kita ambil contoh tipe ENFP. Tipe ini sangat cocok untuk berteman dengan tipe INFP, INFJ, dan ESFP. Ketiga tipe juga memiliki karakteristik yang saling melengkapi dengan tipe ENFP sehingga sangat berpeluang menjadi pasangan hidupnya

5. Salah satu kelebihan tes kepribadian MBTI adalah menunjukkan kelebihan dan kelemahan dirimu.

5 Kelebihan Tes Kepribadian MBTI | Source Image: medium.com

Tes yang dirancang oleh Myer & Briggs ini ternyata bisa juga digunakan untuk lebih mengenal kelebihan dan kekuranganmu, Jakmallers. Contohnya dapat diambil dari sifat dasar pada tes ini, yaitu ekstrovert dan introvert.

Banyak yang mengatakan ekstrovert itu lebih baik dibandingkan introvert. Sebenarnya tidak, karena masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Dalam dunia kerja, kepribadian ekstrovert lebih cenderung berani dan percaya diri namun dapat terkesan impulsif. Sedangkan, introvert lebih cenderung menyendiri tetapi dapat menjadi pengamat dan pendengar yang baik.

Nah, itulah kelebihan-kelebihan dari tes kepribadian MBTI. Ayo temukan tipe MBTI-mu dan kenali dirimu lebih dalam lagi, Jakmallers.


Ingin tampil lebih pede seperti tipe ekstrovert? Yuk cek koleksi Women’s Fashion di Jakmall.com.

Yuk baca artikel lifestyle lainnya di sini.

Baca juga: Apakah Insecure Berbahaya? 7 Cara Mengatasi Insecure pada Diri Sendiri