6 Makanan yang Aman Dikonsumsi Saat Radang Tenggorokan

Makanan bertekstur lembut dan lunak adalah jenis makanan yang baik untuk radang tenggorokan karena dapat mempercepat proses penyembuhan.

6 Makanan yang Aman Dikonsumsi Saat Radang Tenggorokan
Image source: Pexels/Gustavo Fring

Salah satu penyakit yang sering muncul di musim kemarau atau pancaroba adalah sakit radang tenggorokan. Radang tenggorokan muncul dengan gejala seperti sakit tenggorokan, pembengkakan, dan kesulitan menelan. Tenggorokan yang terasa sakit, panas, dan terkadang gatal membuat penderitanya serba salah saat makan dan minum.

Aktivitas menelan terasa lebih sulit dan berujung malas untuk makan dan minum. Sementara, tubuh tetap harus mendapat asupan nutrisi agar dapat mempercepat proses pemulihan.

Lalu bagaimana solusinya? Agar tubuh tetap mendapat asupan dan bisa makan atau minum dengan nyaman, kamu disarankan untuk mengonsumsi makanan bertekstur lunak atau lembut, dingin, atau hangat.

Rekomendasi Makanan untuk Radang Tenggorokan

Pemilihan makanan yang tepat dapat membantu meredakan rasa tidak nyaman pada tenggorokan dan mempercepat proses penyembuhan. Berikut rekomendasi beberapa makanan yang aman dikonsumsi saat kamu mengalami radang tenggorokan.

1. Sup Kaldu Ayam

Sup kaldu ayam yang disajikan dalam kondisi hangat menjadi rekomendasi pertama untuk sakit radang tenggorokan. Sup yang tersaji dalam tekstur lembut dan lunak akan lebih mudah ditelan. Kaldu ayam yang mengandung nutrisi penting dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jual One Two Cups Panci Kaca Glass Cooking Pot Borosilicate
Perlengkapan Dapur & Alat Masak One Two Cups Panci Kaca Glass Cooking Pot Borosilicate Tahan Panas - YWJ-1265 harga Rp 56.100 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

2. Es Krim atau Es Loli

Image Source: Pexels/Alex Green

Makanan atau minuman dingin termasuk es krim atau es loli direkomendasikan untuk penderita sakit tenggorokan. Es loli dinilai dapat menurunkan temperatur pada ujung saraf dalam tenggorokan sehingga dapat mengurangi rasa nyeri.

Es krim merupakan salah satu makanan yang tidak menyebabkan iritasi dan meringankan nyeri pada tenggorokan untuk sementara. Selain itu, makanan ini juga bisa menjadi sumber kalori tambahan ketika kamu sulit mengonsumsi protein dari makanan lain. Pilihlah es krim yang tidak terdapat tambahan kacang atau terlalu manis.

3. Yogurt

Yogurt yang berasal dari susu dikenal memiliki tekstur lembut sehingga lebih mudah untuk ditelan. Yogurt dingin mengandung probiotik yang dapat membantu meredakan peradangan tenggorokan sekaligus memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk mempercepat penyembuhan.

Jual SJ Cetakan Es Krim Silikon 8 Hole with 20 Popsicle Stick -
Perlengkapan Dapur & Alat Masak SJ Cetakan Es Krim Silikon 8 Hole with 20 Popsicle Stick - SJ820 harga Rp 16.900 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

4. Sereal Oat

Sereal Oat
Image Source: Pexels/Engin Akyurt

Oatmeal dingin atau hangat mengandung serat yang dapat membantu melapisi tenggorokan. Makanan dengan tekstur lembut ini lebih mudah ditelan. Oatmeal yang mengandung banyak nutrisi seperti antioksidan dan magnesium dapat mencegah iritasi pada tenggorokan.

Kelebihan lain dari oatmeal adalah mudah dicerna usus karena kaya akan serat dan bahan yang membantu menghilangkan racun pada tubuh.

5. Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang memiliki tekstur lembut dan mudah dicerna. Mengandung banyak nutrisi, vitamin, dan mineral yang bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh menjadikan buah ini masuk ke rekomendasi makanan yang bisa dikonsumsi saat radang tenggorokan.

Kamu bisa mencampur pisang dengan oatmeal dan diberi sedikit madu sebagai menu makanan utama.

Jual One Two Cups Botol Minum Tumbler Panas Dingin Stainless
Perlengkapan Dapur & Alat Masak One Two Cups Botol Minum Tumbler Panas Dingin Stainless Steel 200ml - JQ059 harga Rp 46.700 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

6. Puding atau Agar-Agar

Puding atau Agar-Agar
Image Source: Freepik/Jcomp

Rekomendasi terakhir adalah puding atau agar-agar. Makanan bertekstur kenyal ini mudah untuk ditelan dan bisa memberikan sensasi dingin pada tenggorokan.

Mengandung sumber protein yang baik, puding atau agar-agar akan membuat tenggorokan terasa lebih nyaman. Namun, pastikan untuk memilih puding atau agar-agar dengan kandungan gula yang tidak terlalu banyak dan jangan tambahkan pemanis buatan.

Itulah berbagai makanan yang direkomendasikan untuk kamu yang sedang radang tenggorokan. Selain makanan, jangan lupa untuk tetap menghidrasi tubuh dengan minum banyak air mineral. Hindari makanan pedas, asam, berminyak, atau bertekstur keras ya, karena dapat memperburuk iritasi tenggorokan.