Selamat hari pendidikan :)

Hari Pendidikan Nasional diperingati setiap tanggal 2 Mei yang merupakan hari kelahiran Ki Hajar Dewantara. Dilansir dari Wikipedia, sejarah Hari pendidikan Nasional bermula untuk menghormati Ki Hajar Dewantara yang berani menentang kebijakan pendidikan pemerintah Hindia Belanda pada masa itu. Di mana hanya memperbolehkan anak-anak kelahiran Belanda atau orang kaya yang bisa mengenyam bangku pendidikan.

Sebagai pelajar, sebaiknya kita tak hanya sekedar memperingati Hari Pendidikan Nasional saja. Kita juga perlu  mengetahui apa makna di balik peringatan tersebut. Sudahkah kamu tahu apa makna dari Hari Pendidikan Nasional? Berikut ini Jakmall.com telah merangkum makna Hari Pendidikan Nasional bagi pelajar.

1. Mendorong kesadaran pelajar untuk terus belajar tak sekedar lewat pendidikan formal

Makna Hari Pendidikan Nasional Bagi pelajar | Sumber Gambar: okezone.com

Salah satu gagasan Ki Hajar Dewantara adalah Tri Sentra Pendidikan (Tiga Pusat Pendidikan). Menerangkan bahwa pendidikan berlangsung di tiga lingkungan di antaranya keluarga, sekolah, dan masyarakat. Oleh karena itu, sudah semestinya pelajar tak hanya menerapkan pendidikan saat sedang di sekolah saja. Sebagai pelajar kita juga bisa berinisiatif mencari pendidikan informal di kehidupan keluarga dan bermasyarakat.

Butuh vitamin biar tambah semangat belajar? Beli di sini, Diskon Hingga 50%!

2. Mencontoh semangat Ki Hajar Dewantara dalam mececerdaskan bangsa

Makna Hari Pendidikan Nasional Bagi pelajar | Sumber Gambar: galeribukujakarta.com

Ki Hajar Dewantara punya peran penting dalam memperjuangkan pendidikan generasi muda pada masanya. Sebagai pelajar hendaknya kita memaknai Hari Pendidikan dengan menghormati jasa beliau dengan terus bersemangat saat belajar dan ikut serta berkembang agar kualitas pendidikan yang kita punya semakin baik.

3. Belajar tak hanya sekedar mendapatkan nilai bagus

Makna Hari Pendidikan Nasional Bagi pelajar | Sumber Gambar: webhozz.com

Nilai bagus sering kali menjadi target utama para pelajar. Sebaiknya kita tak hanya berfokus hanya sekedar mendapat nilai yang bagus saja ya! Pendidikan bisa menjadi landasan kita untuk bersikap agar terhindar dari sifat-sifat yang menyimpang.


4. Memanfaatkan kesempatan belajar semaksimal mungkin

Makna Hari Pendidikan Nasional Bagi pelajar | Sumber Gambar: posbali.co.id

Para pahlawan punya peran penting dalam memajukan pendidikan di Indonesia. Sehingga saat ini kita bisa mengenyam pendidikan yang layak. Nah sebagai pelajar, sebaiknya kita memaknai Hari Pendidikan Nasional dengan menghormati jasa para pahlawan yang telah berjuang. Salah satunya memanfaatkan kesempatan belajar yang telah diberikan semaksimal mungkin.

Nah itu dia makna Hari Pendidikan bagi pelajar. Semoga kita terus bisa meneruskan perjuangan para pahlawan dengan ikut berkontribusi dalam mendukung kemajuan pendidikan di Indonesia.


Biar gak telat  ikut kelas online, yuk beli jam weker unik, Mulai Rp24 Rb-an!

Baca terus Blog Jakmall untuk informasi menarik lainnya!