Makna Teks Sumpah Pemuda yang Wajib Diketahui

Makna Teks Sumpah Pemuda yang Wajib Diketahui

Selamat hari Sumpah Pemuda!

Sumpah pemuda memang jadi momen bersejarah yang punya peranan penting dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia saat itu. Tak heran jika banyak yang antusias memperingati hari Sumpah Pemuda di setiap tanggal 28 Oktober. Dibalik peringatan Sumpah Pemuda ada banyak makna yang terkandung.

Sebagai generasi muda penerus masa depan bangsa, tentunya kita wajib mengetahui tentang makna Sumpah Pemuda. Berikut ini Jakmall.com telah merangkum 5 makna Sumpah Pemuda yang sebaiknya kita sama-sama pahami.

1. Teks Sumpah Pemuda yang mengalami perubahan dalam penulisan

Berikut ini adalah gambar teks Sumpah Pemuda dengan ejaan yang belum diperbaharui:

Teks Sumpah Pemuda & Makna Sumpah Pemuda yang Wajib Diketahui | Image Source: Sijai.com

Seiring berjalannya waktu, teks Sumpah Pemuda ditulis dengan ejaan yang sudah disempurnakan sesuai bahasa Indonesia yang baik dan benar. Salah satu tujuannya adalah agar lebih mudah untuk diucapkan. Berikut ini adalah teks sumpah pemuda dengan ejaan yang telah disempurnakan.

Sumpah Pemuda

Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Kami Putra dan Putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.

Mau belajar tapi gaenak badan? Cek pakai Koleksi Alat Kesehatan ini, Terlengkap!

2. Arti dari Sumpah Pemuda yang harus kamu pahami

Teks Sumpah Pemuda & Makna Sumpah Pemuda yang Wajib Diketahui | Image Source: Kemendikbud

Dilansir dari Wikipedia, Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 merupakan tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini disebut sebagai kristalisasi semangat dalam menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

3. Makna Sumpah Pemuda alinea pertama

Pada alinea pertama terkandung kalimat "Bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia". Makna Sumpah Pemuda pada alinea pertama ini menggambarkan bahwa para pemuda dan pemudi Indonesia bersungguh-sungguh untuk memperjuangkan kemerdekaan hingga titik darah penghabisan.

Yuk nonton film Sumpah Pemuda dengan Koleksi Laptop Murah Kuat Streaming, Diskon Hingga 35%!

4. Makna Sumpah Pemuda alinea kedua

Teks Sumpah Pemuda & Makna Sumpah Pemuda yang Wajib Diketahui | Image Source:Berdikarionline.com

Di alinea atau butir kedua terdapat kalimat "Berbangsa yang satu, bangsa Indonesia". Nah makna Sumpah Pemuda alinea kedua ini menggambarkan walaupun kita berasal dari suku yang berbeda-beda, namun pemuda pemudi hanya mengakui satu bangsa yaitu Indonesia. Alinea ini menegaskan adanya rasa persatuan dan toleransi yang kokoh.

5. Makna Sumpah Pemuda alinea ketiga

Dalam alinea atau butir ketiga terkandung kalimat "Menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia". Kalimat ini menegaskan bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan yang menjadi identitas bangsa dan harus dijunjung tinggi.

Sebagai generasi yang hidup di masa sekarang, tentunya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk merealisasikan makna Sumpah Pemuda. Contoh makna Sumpah Pemuda bagi pelajar, misalnya dengan mengikuti upacara bendera untuk mengenang perjuangan pahlawan dan tidak membeda-bedakan latar belakang teman dari suku berbeda-beda.


Biar belajar di rumah tetap terjaga dari virus, yuk beli produk kesehatan dengan harga terjangkau!

Nah, itu dia makna teks Sumpah Pemuda beserta contohnya. Semoga kita dapat selalu menerapkan makna Sumpah Pemuda dalam keseharian kita ya Jakmallers!

Baca terus Jakmall Blog untuk informasi seputar pengetahuan lainnya!